Kamu adalah pembelajar bahasa asing yang sulit menghapal kosakata? Sudah belajar terus tapi masih lupa untuk menguasai?  Kamu tepat membaca artikel ini! Berikut adalah pembahasan ShortCut alias jalan tikus bagi kamu para Polyglot supaya lebih efektif belajar bahasa asing!

1. Podcast

Kamu pasti sudah tidak asing kan dengan digital audio ini? Di dalam Podcast ini, kamu bisa banyak menemukan audio-audio untuk pembelajaran bahasa asing, seperti Arabicpod101, Englishpod101

Advertisement

2. Situs Belajar Bahasa Asing

Bahasa Asing

Bahasa Asing via https://indbeasiswa.com

Kalau kamu tahu, sekarang banyak banget situs-situs gratis untuk belajar bahasa asing. Di dalam situs itu, terdapat banyak latihan, file audio, test kosakata, artikel mengenai kebudayaan negara yang kamu pelajari, sampai kamu bisa juga kenalan dengan orang asli penuturnya! Kamu bisa mulai untuk coba beberapa situs ini: Italki, The Mixxer, Palabea, Memrise, dan  Babbel.

3. Mengunduh Aplikasi Belajar Bahasa

Mengunduh Aplikasi

Mengunduh Aplikasi via http://nihongogogo.tumblr.com

Selain lewat website, kamu juga bisa mengunduh aplikasi di gawai kamu supaya lebih mudah. Di dalam aplikasi itu, kamu bisa bertemu dengan orang-orang penutur asli bahasa yang kamu pelajari.

Advertisement

Bentuknya seperti chatting biasa, bedanya, disana disediakan tools translasi dan pembetulan gramatikal! Berikut adalah aplikasi yang bisa kamu unduh di PlayStore atau AppStore: Tandem, HelloTalk.

4. Ikuti Komunitas di Daerahmu

Ikuti Komunitas

Ikuti Komunitas via http://www.aditriasmara.com

Selain online, kamu juga harus aktif secara offline. Bahasa harus digunakan pasif maupun aktif, keduanya harus imbang. Pasti banyak dong komunitas-komunitas bahasa di daerahmu? Yup coba ikut untuk mengasah kemampuan bicaramu dengan sesama pembelajar bahasa.

5. Buat Jadwal yang Konsisten

Buat Jadwal

Buat Jadwal via https://thewritelife.com

Nggak akan mungkin kalau hanya niat tapi kamu enggak mengeksekusi secara konsisten. Kekonsistenan itu penting banget untuk belajar bahasa. Sebab bahasa itu adalah sebuah kemampuan, dan sebuah kemampuan itu dapat bertahanatau bertambah bila selalu dibiasakan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya