Bulan ramadhan sebentar lagi akan tiba. Pastinya kita mulai begegas mempersiapkan bahan persediaan makanan selama puasa, salah satunya dengan berburu promo-promo makanan yang tersedia di berbagai toko maupun supermarket. Namun sering kali kita terlupa bahwa kesehatan selama puasa harus tetap menjadi hal yang patut diperhatikan. Sayang banget kan kalo selama puasa eh malah lemes dan sakit. So agar selalu semangat beribadahnya, berikut 7 makanan sahur yang sebaiknya tersedia di rumah selama bulan puasa. 

 

1. Kurma

Selain terkenal sebagai makanan takjil berbuka puasa, kurma juga harus banget loh di santap saat sahur. Pasalnya kurma mengandung mineral dan gula alami, jadi meskipun berpuasa di siang bolong, kita bisa tetap berenergi guys. Oh ya, jangan lupa usahakan menyantapnya dengan jumlah ganjil ya, supaya dapat sunnah Rasul. Pahalanya nggak usah ditanya, di bulan Ramadan pasti dilipat ganda dong.

2. Pisang

Advertisement

Selama bulan puasa sering kali kita terlambat bangun sahur. Nah jangan  bingung guys, pisang ini adalah santapan sahur yang tepat, karena bisa dimakan dalam waktu singkat. Tinggal leep, manteep! Selain itu kandungan kalium yang tinggi pada pisang juga sangat bagus untuk sistem pencernaan kita. Buah ini mampu meminimalisasi peradangan yang berefek pada perut melilit. Nah buat kita yang punya penyakit maag, pisang ini harus banget deh buat santapan saat sahur

3. Oatmeal

Dibandingkan nasi, oatmeal bisa menjadi pilihan menu sahur yang lebih sehat. Makanan yang terbuat dari gandum ini mengandung karbohidrat dan serat yang cukup tinggi. Selain itu oatmeal juga mengandung gula yang rendah loh. So selain mempu menjadi sumber energi tubuh, oatmeal juga menyehatkan pastinya.

4. Telur

Kalau kehabisan ide dalam menentukan menu sahur, telur bisa menjadi solusinya. Selain ekonomis dan praktis, telur juga mudah diolah. Bisa di rebus, digoreng, atau di orak-arik pun tetap maknyuss. Para ahli gizi juga mengatakan bahwa telur merupakan sumber gizi dan makanan, terutama untuk otak. Wah nggak ragu lagi deh untuk sahur dengan telur.

5. Sayur-sayuran

Sayur-Sayuran

Sayur-Sayuran via https://www.parentcircle.com

Advertisement

Selain memperbanyak minum air putih, sayuran juga merupakan menu yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi loh selama sahur agar tubuh kita terhindar dari dehidrasi. Selain itu sayur-sayuran berdaun hijau juga mampu meningkatkan kekebalaan tubuh dan melancarkan pencernaan kita saat puasa.

Yuk mulai isi kulkas kita dengan sayur-sayuran!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya