Teh merupakan minuman yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh, baik itu kesehatan maupun kecantikan. Teh juga memiliki peranan besar bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan karena teh memiliki senyawa tingkat tinggi yang membantu menyerap lemak. Berikut ulasan mengenai teh yang dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh.

1. Teh hijau sebagai penghambat bakteri

Teh hijau

Teh hijau via https://unsplash.com

Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli di dunia membuktikan bahwa teh hijau baik bagi kesehatan, termasuk saluran pencernaan. Hal ini terbukti karena teh hijau mampu menghambat aktivitas bakteri Salmonella typhi dan bakteri E. Coli (bakteri penyebab penyakit tipes dan diare).

2. Meningkatkan kekebalan tubuh dengan teh mawar

Bunga teh

Bunga teh via https://pexels.com

Advertisement

Teh yang satu ini memiliki beberapa efek menguntungkan bagi tubuh, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengobati sakit tenggorokan, dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya membuat kita harus membatasi konsumsi teh tersebut. Para ahli menyarankan agar meminum teh mawar tidak lebih dari 5 gelas per hari.

3. Kasiat dari teh bunga lawang

Bunga lawang

Bunga lawang via https://shutterstock.com

Bunga lawang merupakan rempah yang terlihat seperti bintang berkepala empat simetris. Para peneliti membuktikan bahwa bunga lawang mengandung berbagai komponen aktif (anti jamur, antimikroba, dan antioksidan).

4. Teh peppermint, bisa menekan nafsu makan

Aromantic cup

Aromantic cup via https://pexels.com

Peppermint dipercaya dapat membantu meringankan sembelit dan melancarkan pencernaan. Selain itu juga, teh peppermint memiliki aroma yang kuat sehingga menekan nafsu makan.

5. Teh oolong yang banyak mengandung polifenol flavonoid

Photo by NIKOLAY OSMACHKO from Pexels

Photo by NIKOLAY OSMACHKO from Pexels via https://www.pexels.com

Advertisement

Teh oolong banyak mengandung polifenol flavonoid. Polifenol adalah aktioksidan alami yang terkenal dapat memperbaiki kerusakan sel dan melindungi tubuh dari pemyakit serius. Uji aktivitas antidiabetes ekstrak teh yang dilakukan Universitas Jember menyimpulkan bahwa teh oolong memiliki kandungan total polifenol yang besar setelah teh hijau.

Selain minum teh herbal diatas, sempurnakan program pelangsingan tubuh dengan makan makanan sehat dan berolahraga.
Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya