Selama ini, yogurt dikenal sebagai makanan favorit orang-orang yang sedang menjalankan program diet. Bagaimana tidak, menurut penelitian University of Tennessee, konsumsi yogurt secara rutin terbukti dapat menurunkan berat badan sekitar 22% dan menyingkirkan 81% lemak perut.

Namun, ternyata ada beberapa jenis yogurt yang tak hanya baik untuk proses diet, tapi juga bermanfaat untuk aktivitas pencernaan, kesehatan tulang, dan masih banyak lagi. Jadi, sebelum kamu mengonsumsi yogurt, ada baiknya perhatikan dulu zat-zat yang terkandung didalamnya agar sesuai dengan kebutuhan tubuhmu.

Nah, kalau kamu penasaran dengan berbagai jenis yogurt beserta kandungan dan manfaatnya, langsung saja simak infromasinya di bawah ini

1. Greek Yogurt

Greek Yogurt

Greek Yogurt via https://www.posbagus.com

Greek yogurt memiliki tekstur yang lebih kental dibandingkan yogurt jenis lain. Hal ini disebabkan proses penyaringannya yang dilakukan tiga kali, sedangkan yogurt lain hanya disaring dua kali.

Advertisement

Selain itu, sisa proses penyaringannya yang berupa cairan akan dibuang sehingga hanya menyisakan bagian kentalnya saja.

Nah, perkara manfaatnya tak perlu diragukan lagi karena tiap 8 ons greek yoghurt terkandung 20 gram protein. Jumlah ini hampir dua kali lebih banyak dibandingkan yoghurt biasa.

Protein yang tinggi dalam yogurt jenis ini membantu mengontrol rasa lapar. Jadi, tidaklah mengherankan rasanya jika banyak dokter yang merekomendasikan greek yogurt pada orang-orang yang sedang diet.

Advertisement

Di samping protein, kadar vitamin D dan kalsiumnya juga tinggi sehingga sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang.

Buat kamu yang khawatir dengan penyakit diabetes maupun obesitas, greek yogurt merupakan pilihan yang tepat karena kandungan karbohidratnya jauh lebih rendah dibanding yogurt lain.

2. Plain Yogurt

Plain Yogurt

Plain Yogurt via https://www.instagram.com

Plain yogurt merupakan jenis yogurt yang bisa ditemukan dengan mudah di toko kue maupun supermarket. Selain dikonsumsi langsung, yogurt jenis ini sering digunakan sebagai campuran kue maupun minuman.

Masalah rasa, mungkin plain yogurt yang tidak memiliki rasa dan tambahan gula kalah lezat dibandingkan yogurt jenis lain. Namun, perkara manfaatnya jangan diragukan lagi. Ketiadaan gula dalam plain yogurt justru mampu meningkatkan kalori pada tubuh.

Tak hanya itu, segudang manfaat lain juga bisa kamu dapatkan ketika mengonsumsi plain yogurt. Di antara, yaitu untuk menurunkan tekanan darah, menggantikan energi setelah berolahraga, melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan tulang, memperkuat sistem imun, dan membantu menurunkan berat badan.

3. Frozen Yogurt

Frozen Yogurt

Frozen Yogurt via https://www.kepogaul.com

Frozen yogurt atau yang sering disebut froyo bisa jadi pilihan untuk kamu yang menginginkan camilan sehat. Namun, kamu perlu memperhatikan label yang tertera pada kemasan sebelum memutuskan mengonsumsi froyo.

Pasalnya, frozen yogurt diproses rendah lemak sehingga beberapa produsen memutuskan menambahkan banyak gula sehingga produk mereka tetap terasa lezat. Oleh karena itu, pilihlah froyo yang rendah lemak dan rendah gula atau menggunakan pemanis rendah kalori.

Nah, selain rendah lemak dan gula, frozen yogurt yang sehat mengandung probiotik yang sangat bermanfaat untuk kelancaran proses pencernaan.

Di samping itu, kandungan laktosa froyo terbukti lebih mudah dicerna daripada laktosa susu yang menjadi bahan baku pembuatan es krim.

Bagi orang yang tidak tahan laktosa, susu bisa menyebabkan perut kembung dan diare sehingga froyo bisa jadi pengganti lezatnya es krim.

4. Yogurt Cair

Yogurt Cair

Yogurt Cair via https://www.instagram.com

Jika tiga jenis yogurt sebelumnya memiliki tekstur yang kental, sesuai namanya, yogurt jenis ini cair seperti susu. Saat ini, yogurt cair sudah banyak beredar di pasaran. Bahkan, beberapa di antaranya juga tersedia dalam aneka rasa.

Sebenarnya proses pembuatannya sama saja. Setelah dibubuhkan bakteri susu, maka susu akan mengental dan membentuk yogurt. Nah bedanya, setelah itu yogurt akan diencerkan dan dicampur dengan susu bubuk atau susu cair.

Meski berbentuk cair, bukan berarti yogurt cair kehilangan manfaatnya. Di antara sekian banyak manfaat yogurt cair bagi kesehatan, yaitu menjaga kesehatan tulang, melancarkan pencernaan, membantu proses pembakaran lemak, menurunkan resiko diabetes, mencegah penyakit otak, memperbaiki mood, menjaga kesehatan gigi, dan masih banyak lagi.

5. Non Dairy Yogurt

Non Dairy Yogurt

Non Dairy Yogurt via https://www.instagram.com

Non dairy yogurt adalah yogurt yang berbahan dasar tumbuhan. Jadi, buat kamu yang vegetarian atau alergi laktosa, jenis yogurt ini bisa menjadi pilihan.

Ada tiga jenis tumbuhan yang umumnya digunakan untuk membuat non dairy yogurt, yaitu kedelai, kelapa, dan kacang almon. Masing-masing jenis tentunya memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda untuk tubuh.

Yogurt kedelai atau yang sering disebut soyghurt ini sangat bermanfaat untuk tubuh karena kadar kolesterolnya rendah. Selain itu, soyghurt juga diyakini dapat mengontrol gula darah.
Selain susu kedelai, santan kelapa juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan yogurt. Meski rasanya berbeda dengan yogurt berbahan susu, manfaatnya kurang lebih sama dengan yogurt susu.

Terakhir, ada susu almon yang juga bisa dijadikan sebagai bahan dasar yogurt. Yogurt almon mengandung berbagai nutrisi seperti, antioksidan, protein, kalsium, vitamin, dan masih banyak lagi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya