Ketika menempuh pendidikan atau kerja di luar kota, kamu membutuhkan tempat tinggal sementara yang biasanya disebut rumah kos. “Anak kosan” itu adalah sebutan untukmu yang akan segera disandang kedepannya. Disadari atau tidak kalian sebagai anak kos akan memiliki beberapa macam keterampilan yang berkembang baik karena insting bawaan ataupun kondisi lingkungan sekitar. Inilah beberapa kemampuan dasar yang dimiliki anak kos.

1. Pengamat Harga

Mengamati harga

Mengamati harga via https://m.money.id

Bagi kamu yang termasuk anak kos, kemampuan pengamatan harga adalah yang paling sering digunakan untuk meminimalisir pengeluaran bulanan. Menurut ilmu ekonomi manusia akan mengeluarkan pengorbanan tertentu untuk mencapai kepuasan maksimal.

Advertisement

Orang umum mungkin akan mengamalkan ilmu yang satu ini, tapi jika dibandingkan dengan kamu sebagai anak kos, ilmu ini akan digunakan dalam kondisi apapun misalnya dalam membeli produk di supermarket. Jangankan selisih ratusan rupiah, puluhan rupiah pun akan menjadi pertimbanganmu.

Biasanya kamu juga hafal dengan tarif angkutan umum karena telah mencoba semua armada yang ada di kota tersebut. Armada yang paling disukai oleh kamu sebagai anak kos adalah 'nebeng temen'.

2. Eksperimen yang kreatif

Karena dituntut untuk serba irit biasanya kamu secara tidak sadar akan berpikir super hemat dan kreatif. Misalnya menggabungkan dua sabun batang (sisa sabun dengan sabun baru), mengisi botol sampo dengan air.

Advertisement

Selain peralatan mandi, kamu juga memakai beberapa kombinasi baju dan celana untuk mengirit cucian kamu. Misal kamu menyiapkan Baju A,B,C dengan celana bahan dan levis. Lalu kombinasikan baju A dengan celana bahan, besoknya baju B dengan celana levis, lusa baju C dengan celana bahan, dst. Minggu kedua mungkin tinggal ditambah satu baju dan satu celana cukup untuk menambah kombinasi selanjutnya.

Eksperimen lainnya adalah dengan menggunakan alat-alat tertentu diluar kelazimannya. Misalnya; setrika yang dibalik untuk merebus air, gantungan baju dari besi untuk memanggang sate,dll.

3. Jurus Ninja

Jika gerbang pintu rumah kos sudah dikunci, lalu telpon ke temanpun sudah tidak ada yang menjawab maka insting alami kamu mengarahkan untuk memanjat pagar rumah kos. Atau mungkin kamu memiliki kebiasaan pulang malam sehingga jendela kamar kos kamu sengaja tidak dikunci untuk jalan masuk kamu nanti.

Pernahkah kamu memiliki kemampuan untuk menghilang saat ibu kos akan menagih uang bulanan?

Dari beberapa penjabaran di atas, tampaknya kamu telah menguasai beberapa jurus ninja.

4. Perut Ular

Perut fleksibel seperti ular

Perut fleksibel seperti ular via https://faktualnews.co

Saat krisis ekonomi akhir bulan terjadi biasanya kamu sering menahan lapar karena harus menggunakan uang yang tersisa untuk hidupmu beberapa hari ke depan.

Lain waktu kamu harus bisa makan banyak di acara pernikahan temanmu, kalau bisa makan siang dirangkap dengan makan malam sehingga uang makan malam bisa ditunda pemakaiannya. So, perutmu secara tak langsung telah terlatih untuk fleksibel untuk menghadapi situasi apapun seperti perut ular.

Jangan panik, untuk jaga-jaga saat lapar tak terkendali, pastikan mi instanmu selalu ada. Atau jika tidak, siapkan obat maag untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

5. Ahli Diplomasi

Bagaikan seorang ahli diplomasi, anak kos yang sedang berada pada kondisi kepepet akan pintar untuk meminjam uang atau barang kepada teman. Rayuan atau pujian pun tak lupa dikatakan untuk mengiba secara wibawa.

Atau ketika bulan ini kamu belum bisa membayar uang kosan, kamu akan berdiplomasi dengan manis dengan pemilik kos. Bahkan kepada satpam kos yang kadang rese pun bisa jadi berubah baik dengan diplomasi anak kos. Jadi jangan ragu kepada kemampuan diplomasi anak kos yang telah terlatih secara matang ini.

6. Pencari harta karun

Harta karun

Harta karun via https://www.google.com

Biasanya di bulan-bulan akhir kamu akan rajin untuk memerika saku pakaian, celah tumpukan baju, bawah bantal dan kasur sampai kotak celengan. Berharap akan menemukan sisa uang receh untuk kehidupanmu hari itu.

Atau kamu akan rajin bertanya mengenai acara seminar yang menyediakan snack. Jika bertepatan dengan bulan Ramadhan kamu akan rajin pergi ke masjid-masjid saat berbuka puasa untuk berburu takjil.

7. The Flash

Kamu sudah nonton serial The Flash kan? Dimana Barry Allen mendapatkan kemampuan spesial dari sambaran petir yang tercipta dari ledakan Particle Accelerator. Hubungannya sama anak kos apa?

Anak kos juga memiliki kemampuan super cepat. Jika orang tua atau kekasih mau datang ke tempat kosanmu maka kekuatan super cepatmu untuk beres-beres kosan tercipta. Yang tadinya kaya kapal pecah berubah jadi rapi dengan sekejap.

Nah dari ketujuh kemampuan ini, mana nih yang paling kamu kuasai?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya