5 Kemampuan Utama yang Kamu Dapatkan Jika Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi. Nggak Cuma Modal Ngomong doang~

jurusan ilmu komunikasi

Kehidupan kita nggak akan bisa lepas dari yang namanya proses komunikasi. Komunikasi yang baik, merupakan soft skill yang harus dimiliki semua orang, termasuk kamu. Untuk kamu yang baru lulus SMA dan masih bingung ingin melanjutkan pendidikan ke mana atau jurusan apa, coba deh simak artikel berikut ini. Siapa tau kamu tertarik untuk menjadi 'generasi ilkom' selanjutnya. Karena selain menyenangkan, ilmu yang di dapat juga sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari kamu. Yuk, simak!

Advertisement

1. Berbicara di depan publik

Speaker are not born.

Speaker are not born. via https://images.pexels.com

Speaker are not born. Keterampilan yang didapat pembicara itu berdasarkan pengalaman dan juga latihan berulang-ulang. Public speaking tidak hanya sekedar berbicara di depan umum. Tanpa audiences yang tertarik dan memperhatikan kamu, itu hanya akan membuang waktu dan sia-sia.

Sebelum memulai orasi (berbicara di depan umum) semua speaker harus benar-benar paham dengan materi yang akan mereka sampaikan. Jangan sekali-kali kamu mau menerima script tanpa memahami isi di dalamnya terlebih dahulu, ya! 

Advertisement

2. Kemampuan menulis kreatif

Jadi, apa ide kamu hari ini?

Jadi, apa ide kamu hari ini? via https://images.pexels.com

Di era marketing masa kini, kamu harus mempunyai yang namanya creative writing skill. Keterampilan ini tidak lagi eksklusif untuk penulis, marketers juga perlu mempertajam keterampilan ini untuk bersaing dan tetap eksis di banyaknya brand yang launching produk baru setiap tahun-nya. Keberhasilan marketers sangat bergantung pada bagaimana team mengemas dan menjual kata-kata tentang brand (atau apapun) yang ingin dipromosikan

Memang, diperlukan seorang yang bisa berpikir kreatif di dalamnya. Namun bukan berarti kamu tidak bisa memulainya. Kamu pasti akan mendapatkan tips dan trik tersembunyi tersebut jika kamu masuk jurusan ilmu komunikasi. 

3. Sinematografi

Advertisement
Cinematography

Cinematography via https://images.pexels.com

Sinematografi merupakan satu dari sekian aspek perfilman. Sinematografer bertugas mengatur dan mendukung tampilan keseluruhan dari narasi visual suatu film. Setiap elemen visual yang muncul di layar, merupakan tanggung jawab Cinematograper.

Dilansir dari masterclass.com sinematografi adalah seni fotografi dan penceritaan visual dalam film atau acara televisi. Sinematografi terdiri dari semua elemen visual pada layar, dan kamu akan menguasai skill-skill di belakang layar tersebut jika mengambil konsentrasi perfilman nantinya.

Kamu akan mempelajari pencahayaan, pembingkaian, komposisi, gerakan kamera, sudut kamera, pemilihan film, pilihan lensa, kedalaman bidang, zoom, fokus, warna, eksposur, serta filtrasi.

4. Pemasaran

Berpikir out of the box adalah poin yang krusial

Berpikir out of the box adalah poin yang krusial via https://images.pexels.com

Ada banyak jenis marketing di dunia ini. Semuanya tentu memiliki peran dan tugas masing-masing, serta keterampilan yang berda-beda di setiap bidangnya. Ada marketers yang menangani survei pasar,ada juga yang memahami costumer experience. Dan yang paling banyak dipelajari akhir-akhir ini adalah marketing skill untuk menghandle semua keperluan media sosial. Seorang ahli marketing, nantinya akan dituntut untuk bisa menemukan ide baru yang menarik perhatian klien di banyak kesempatan. Kemampuan untuk bisa berpikir out of the box adalah poin yang krusial. Apa kamu termasuk?

5. Kepemimpinan

Soft skill seribu manfaat

Soft skill seribu manfaat via https://images.pexels.com

Leadership skill sangat penting dalam dunia pekerjaan. Karena mereka harus membangun dan memelihara tim individu yang kuat dan kolaboratif untuk mencapai visi dan misi yang sama. Dengan adanya event dan tugas project bersama saat pembelajaran berlangsung, mahasiswa ilmu komunikasi perlahan-lahan akan mengerti dan mendapatkan leadership skill itu dengan sendirinya. 

Itulah beberapa kemampuan utama yang akan kamu dapat jika kamu mengambil jurusan ilmu komunikasi. Jika ditelusuri lebih lanjut, masih banyak hal-hal berguna lainnya yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari kamu dipelajari di sana. Karena sarjana komunikasi tidak semestinya hanya berpikir bagaimana caranya menjadi bagian dari industri, tetapi bagaimana praktik berkomunikasi menjadi lebih bermutu bisa diciptakan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Undergraduate Communication Student

CLOSE