Siapa sih yang ingin tampil prima, bergerak dengan lincah, dan percaya diri di hadapan banyak orang? Tentu semua dari kita inginkan seperti itu. Tapi, kadang ada-ada aja penghambatnya. Contohnya berat badan, membuat kita seringkali tak percaya diri untuk tampil di depan umum.

Memang masalah berat badan menjadi hal yang klise. Terutama untuk kaum Hawa, di mana mereka ingin selalu tampil menawan dan mempesona. Maka jika berat badan naik, pusingnya sudah hampir setengah mati. Selalu meributkan hal-hal yang kaitannya soal berat badan.

Nah, kalau sudah terlanjur punya berat badan berlebih, kira-kira bisa nggak ya diturunkan dengan cepat? Bukan nggak mungkin kok. Kamu bisa menerapkan tips-tips diet efektif untuk menurunkan berat badan berikut ini.

1. Cobalah untuk fokus pada lemak, bukan berat badan

Perbaiki mindsetmu dahulu! via https://www.pexels.com

Banyak binaragawan yang punya berat badan berlebih, tapi badannya tetap terlihat ideal. Hal ini karena berat badan terdiri atas dua aspek, yakni massa otot dan lemak. Maka, jangan fokus pada berat badan, tapi fokuslah pada lemak. Kalau berat badan biasa-biasa saja tapi lemak di perut menumpuk, itu justru bahaya. Dan harus segera menerapkan pola diet yang sehat.

2. Seimbangkan antara diet makanan dengan olahraga

Jangan sampai lemas di keseharian ya! via https://www.pexels.com

Cara paling ideal untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh ialah dengan mengurangi porsi makan. Hal ini cukup banyak diterapkan, tapi jangan terlalu terpaku dengan porsi makan. Kamu juga harus mengimbanginya dengan olahraga. Olahraga sendiri dibagi menjadi dua, yakni olahraga kardio seperti lari dan olahraga otot seperti workout/push up, dan lain-lain.

3. Jangan remehkan konsumsi minuman, perhatikan betul apa yang kamu minum secara teliti

Advertisement

Air gula kan juga berkalori! via http://www.weight-loss2.com

Seringkali kita sudah menerapkan pola diet yang ketat bahkan menyiksa, tapi lupa kalau minuman juga berpengaruh soal urusan berat badan. Minuman yang manis atau mengandung glukosa tinggi juga bakal menambah kadar lemak dalam tubuh. Minuman-minuman yang sebaiknya dihindari ialah bubble tea, susu, soda, sirup, dan lain-lain.

4. Harus bisa sabar dan tetap komitmen untuk diet

Jangan mudah tergoda ya! via https://www.pexels.com

Jangan berharap berat badan kamu turun 10 kg dalam sebulan, ini sangat-sangat menyiksa. Paling ideal ialah 2-3 kg dalam sebulan, dengan tetap mengedepankan kesehatan tubuh kamu. Dan, kamu juga harus sabar menahan lapar apabila mengurangi porsi makan dan sering berolahraga. Kamu pun wajib komitmen supaya bisa bertahan hingga akhir.

5. Jaga pola hidup sehat hingga menjadi kebiasaan

Ini menyenangkan! via http://www.weight-loss2.com

Kalau sudah berhasil turun, sekarang tugas kamu adalah dengan menjaganya. Menjaga pola hidup yang sudah dijalani saat melakukan diet sehat. Kalau pola hidupmu kembali ke masa-masa berat badan berlebih, ya siap-siap lagi senyum kecut kala melihat berat badan naik kembali. Intinya, pertahankan pola itu hingga menjadi kebiasaan yang kamu senangi.

Nah, itulah tadi sederet tips untuk menurunkan berat badan berlebih. Nggak sebatas untuk kaum hawa saja, tetapi tips-tips di atas juga bisa diterapkan untuk kaum lelaki. Karena bagaimana pun juga, tampil prima di depan umum ialah keinginan semua orang. Betul?