Memang sih, pekerjaan menumpuk seakan menjadi hal yang nggak bisa dihindari. Apalagi kalau udah banyak deadline yang makin mepet dan omelan bos yang bikin panas telinga. Rasanya pengen keluar dari pekerjaan dan bersenang-senang untuk sementara.

Tapi mbok ya sabar, karena hidup ini penuh ujian dan fase naik turun. Karena itu, bukan apa-apa kalau kamu mencoba menyelesaikan setiap tugas yang diberikan kepadamu. Semisal, begadang menjadi solusinya, asalkan kamu tetap bisa menjaga tubuh tetap prima.

Artikel ini bakal nunjukkin kiat-kiat biar kita yang sering begadang tapi tetap sehat dan prima menjalani aktivitas di pagi harinya. Nggak perlu lama-lama, langsung aja kita simak ulasannya.

1. Sering-sering makan buah dan sayur

Buah itu menyehatkan via https://referensikesehatan.com

Satu hal yang paling berisiko saat kamu begadang ialah terganggunya metabolisme tubuh. Dan kalau sudah terganggu, bisa-bisa organ tubuh yang lain juga ikut terganggu. Nggak mungkin kan, kita yang masih muda mengharapkan kehadiran penyakit berat dalam tubuh kita?

Karena itulah, untuk menjaga metabolisme tubuh, salah satu alternatifnya ialah dengan sering-sering mengkonsumsi buah dan sayur, yang memiliki nutrisi cukup banyak untuk menormalkan metabolisme tubuh.

2. Sejenak berjemur di bawah sinar matahari pagi

Pasti lebih segar via https://www.pexels.com

Advertisement

Asupan lain yang tidak kalah penting ialah vitamin. Di mana sangat jarang kita memperhatikan kandungan dalam makanan, asal kenyang sih oke-oke saja. Hal ini tentu bakal memperparah kondisi kesehatan tubuh kita dalam jangka waktu yang panjang.

Salah satu alternatif untuk menambah asupan vitamin ialah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Kondisi matahari mulai dari pukul 6-9 pagi merupakan kondisi matahari paling ideal. Sangat cocok untuk mengembalikan energi dan menambah asupan vitamin D.

3. Sarapan selalu jadi yang terpenting

Biar nggak lemes! via https://www.pexels.com

Energi dalam tubuh juga wajib diperhatikan saat kamu terus-terusan begadang. Setelah semalaman mengerjakan deadline yang terus mengejar-ngejar, kini saatnya kamu mengisi kembali energi yang telah hilang dari tubuhmu.

Satu cara paling gampang ialah dengan sarapan. Simpel, tapi banyak yang menyepelekan. Jangan asal sarapan menggunakan menu di warung yang murah, tetapi usahakan ada kandungan gizi di dalamnya, seperti smoothies, sereal, atau roti.

4. Kurangi konsumsi gula di setiap makanan dan minuman

Sekalian mencegah diabetes juga kan? via https://www.pexels.com

Pernahkah kamu merasa lebih bersemangat dan berenergi, saat mengonsumsi makanan atau minuman yang manis? Itu karena reaksi yang ditimbulkan dari kandungan glukosa. Glukosa mampu memberikan daya lebih pada otak, sehingga kita bisa lebih fokus dan bertenaga.

Namun, kalau dirasa-rasa, memang pas begadang terasa bersemangat. Tapi coba tengok keesokan harinya, pasti energi mulai melemas. Karena itulah, kurangi konsumsi gula, dan cobalah ganti dengan makanan berprotein.

5. Luangkan tidur siang dan olahraga

Daripada nggak maksimal! via https://referensikesehatan.com

Tidur siang antara pukul 2 hingga 3 sore merupakan waktu yang optimal dan menyehatkan. Cobalah kamu meluangkan waktu untuk sejenak istirahat dan mengembalikan energi yang hilang. Sehingga, badan kamu bisa lebih terjaga.

Lebih baik lagi, kalau sore harinya kamu meluangkan waktu untuk berolahraga. Entah itu lari-lari, permainan, gym, atau yang lain. Tapi kalau memang malas, lebih bagus olahraga skipping, karena lebih banyak membakar kalori.

Nah, kira-kira begitu kiat menjaga kesehatan, supaya kamu yang suka begadang bisa tetap prima dan riang menjalani hari. Tetap semangat mencari-cari informasi seputar referensi kesehatan, supaya kamu tetap bisa mensyukuri nikmat Tuhan yang paling tak kita sadari yaitu "kesehatan".