Jatuh cinta adalah sebuah perasaan yang memang tidak bisa diprediksi, artinya bisa datang kapan saja tanpa diundang, bahkan tanpa pertanda sekalipun. Oleh karena prosesnya yang dapat dikatakan cukup 'rumit' karena seringkali kita sebagai manusia dibuat bingung dan terkejut atas kehadirannya, tampaknya harus ada kiat-kiat tertentu untuk mengatasinya seperti peribahasa sedia payung sebelum hujan. Dan, bagaimana lagi jika ternyata tiba saat dimana hati terlibat cinta pada dua orang sekaligus di saat bersamaan? Wah…, wah…, wah…, jangan kata tidak mungkin. Semua hal yang ada di dunia ini bisa saja ada kemungkinan terjadi. Jadi, langsung saja kita simak yuk, 5 langkah menyikapi jatuh cinta pada dua orang di saat bersamaan sebagai berikut:

1. Jika sampai muncul pilihan kedua, pilihan pertama patut dipertanyakan

Jatuh cinta bukan hanya sekedar suka. Jatuh cinta bukan hanya sekedar sayang. Jatuh cinta itu gabungan antara suka, sayang dan rela berkorban yang munculnya tidak terduga. Tak menutup kemungkinan, jatuh cinta bisa langsung terjadi pada dua orang sekaligus, namun yang perlu dipertanyakan adalah, jika sampai muncul pilihan kedua maka seberapa besar cintamu akan pilihan pertama? Kamu wajib bisa menjawab pertanyaan ini. Bohong besar kalau kamu bilang susah apalagi bilang nggak bisa menjawab karena namanya juga 'jatuh cinta' sama keduanya. Kalau kamu benar jatuh cinta sama pilihan pertama, tidak akan ada pilihan kedua. Sebaliknya, pilihan kedua bisa jadi cintamu sebenarnya, kalau tidak kenapa dia bisa muncul?

Advertisement

Jadi, sebaiknya kamu harus bisa mulai membedakan antara suka, sayang dan cinta. Pilihlah cinta, hidup terlalu singkat jika kamu gunakan untuk memainkan hati orang-orang. Bukan pahala malah dosa yang kamu dapat. Iya, apa iya?

2. Kenali baik-baik keduanya

satu dan dua

satu dan dua via https://i2.wp.com

Supaya mempermudah dan mempercepat penyelesaian masalah, coba kenali lebih dalam keduanya. Dalam memilih pasangan, pasangan yang segala sesuatunya mirip atau bahkan sama dengan dirimu tidak selalu berarti bagus dan memberi jaminan hubungan kamu bakal awet. Terkadang, pasangan yang benar-benar bertolak belakang dengan dirimu dalam segala hal bisa jadi pasangan terbaik untukmu.

3. Hindari selingkuh!

Dalam menghadapi masalah perasaan jangan buru-buru atau gegabah, setelahnya kamu menyesal dan tak rela juga melepas yang satu maka kamu berakhir dengan keputusan untuk berselingkuh. Itu gawat! Jangan pernah lakukan ini kalau kamu tak mau bernasib sama seperti Kabayan, nanti malah tak seorang pun mau denganmu. Belum lagi kamu akan dapat cap jelek sebagai 'tukang selingkuh' yang akan menyebabkan kerugian jangka panjang. Nggak mau kan?

4. Perbanyak merenung, masa bodoh saran orang luar

Advertisement

Yang bisa menyelesaikan masalah hatimu ya cuma kamu sendiri. Perbanyak saja merenung, rasakan maka hatimu akan menemukan jawabannya. Saran-saran dari banyak orang, entah teman, sahabat, keluarga atau siapa pun boleh saja kamu dengar sebagai masukan tapi jangan sampai mempengaruhi kata hatimu yang paling dalam karena kamu yang akan menjalani hubungan jadi kamu harus bisa membuat keputusan sendiri yang tak akan kamu sesali kedepannya. Mereka orang luar yang belum tentu tahu seluk beluk kamu dan dua orang yang telah membuatmu jatuh cinta, jadi mereka gampang saja berucap tanpa tahu dampak kebelakanganya.

Jika kamu terlalu mendengarkan orang lain, kamu malah akan semakin bingung dan bisa jadi salah kaprah. Percaya diri bahwa kamu bisa menyelesaikannya, percaya diri bahwa kamu bisa membuat keputusan. Kamu yang jatuh cinta maka kamu yang berhak memutuskan!

5. Tentukan pilihan

Hati tidak bodoh, dia tahu kapan untuk berhenti dan menemukan jawaban pastinya. Jika sudah, kamu harus segera bertindak jangan menundanya terlalu lama juga. Masih percaya kalau cinta rela menunggu? Kalau aku sih percaya nggak percaya, ada mungkin yang demikian 1 orang dari 1000 alias mencari jarum di tumpukan jerami. Nalar dan logika berjalan saja seperti yang semestinya, hitungan juga, kalau kamu terlalu lama bisa-bisa dia kabur. Memang seberapa baik dirimu hingga membuatnya rela menunggumu lama-lama sampai jamuran? Masih banyak mungkin pilihan lain di luar sana, jadi kamu jangan terlalu lama bertindak ya…

Hati tak patut dipersalahkan. Sudah menjadi garis hidupnya berlaku seperti itu yang tidak bisa mengontrol munculnya rasa jatuh cinta. Yang patut dipersalahkan adalah bagaimana tindakan manusianya yang menyikapi.


Tak perlu memungkiri, ada dua pilihan hati. Itu wajar terjadi, tak perlu menghindari. Itu alami, tak perlu malu dan berlari. Toh tak seorang pun selain diri sendiri, dapat memergoki. Satu yang tak boleh diingkari, jangan sampai menyakiti. Meski berat hati, percayalah, hanya ada satu hati kau nanti yang kemudian sampai kapanpun tak kau relakan tuk pergi.


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya