Hipwee.com – Masakan Indonesia memang beraneka ragam jenisnya. Bersyukur kita telah lahir di Bumi Nusantara ini, karena beraneka ragam resep masakan tersedia di sini.

Indonesia memiliki makanan tradisional yang sangat beraneka ragam dengan cita rasa yang sangat kuat sehingga terkenal sampai manca negara.

Hampir semua menggunakan rempah-rempah seperti kemiri, cabai, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa, gula aren dan masih banyak lagi.

Resep masakan Indonesia di pengaruhi juga dari negara luar seperti India, Tiongkok, Timur Tengah dan Eropa, sehingga menjadikan beraneka ragam jenis resep masakan yang tercipta.

Berikut adalah 5 daftar masakan Indonesia khas Lebaran yang sering kami temukan :

Baca juga :

17 Makanan Indonesia yang Sehat, Murah, dan Memanjakan Lidah

Saking Populernya, 14 Makanan Asli Indonesia Ini Sangat Melegenda Hingga ke Luar Negeri

5 Makanan Khas Indonesia yang Dinikmati Sepanjang Masa

1. Masakan Indonesia Opor Ayam

Masakan Indonesia Opor Ayam

Masakan Indonesia Opor Ayam via https://www.nasiyuk.id

Opor merupakan masakan Indonesia yang terkenal. Jika saat Lebaran tiba masakan ini selalu tersaji di hampir setiap rumah. Selain rasanya enak juga proses pembuatanya mudah.

Advertisement

Bahan khas dari masakan ini adalah daging ayam dan santan kelapa. Umumnya opor ayam ada 2 jenis, yakni opor kuning dan putih.

Dinamakan opor kuning karena menggunakan kunyit pada bumbu halusnya. Sedangkan warna putih tidak menggunakan kunyit, itu lah yang membedakannya.

Masakan Indonesia satu ini memang unik, kuahnya ada yang tanpa santan kelapa, sehingga biasanya di ganti dengan susu rendah lemak.

Advertisement

Kalau di daerah Palembang masakan ini di tambahkan buah nanas juga.

Tidak ada kejelasan asal usul dari masakan Indonesia ini. Dari bacaan-bacaan di internet, saya temukan hanya menyebut jika ini adalah resep dari warisan leluhur.

Bahan-bahan untuk membuat opor ayam ini adalah daging ayam, santan, kunyit, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, jinten, sereh, daun salam, daun jeruk dan kemiri.

Ini merupakan salah satu masakan Indonesia andalan saat Idul fitri, sehingga ketika mendengar kata opor ayam terlintaslah di pikiran saya saat-saat makan di hari Lebaran.

2. Masakan Indonesia Ketupat Lebaran

Masakan Indonesia Ketupat Lebaran

Masakan Indonesia Ketupat Lebaran via https://www.shutterstock.com

Ketupat bisa dikatakan makanan pengganti nasi, lebih familier untuk menemani opor ayam dan tahu guling. Tetapi lebih populer saat menemani opor ayam pada saat hari Lebaran tiba.

Kita sering menjumpai pada beberapa masakan Indonesia. Dalam pengolahan ketupat ini mirip seperti dalam pembuatan lontong, yakni sama-sama di rebus di dalam air mendidih.

Ketupat Lebaran menurut saya adalah salah satu varian dari cara mengolah beras menjadi makanan siap santap.

Cara pembuatan masakan Indonesia ini sangat mudah, semua pasti bisa melakukannya sendiri di rumah. Bahan dasar makanan ini adalah beras.

Keunikan dari masakan Indonesia ini adalah bungkus luarnya menggunakan daun kelapa muda atau janur. Ketupat Lebaran memang memiliki tekstur lebih kenyal bila di bandingkan dengan nasi. Di bawah ini adalah cara pembuatan ketupat :

Bahan :

  • Beras
  • Garam secukupnya
  • Anyaman ketupat
  • Air secukupnya

Cara membuat :

  1. Cuci beras sampai bersih
  2. Rendam beras dalam air bersih kemudian kasih garam kemudian campur rata
  3. Buang air garam, dan tiriskan beras dalam wadah
  4. Masukkan beras ke dalam anyaman
  5. Panaskan air sampai setengah mendidih, jika sudah, masukkan ketupat yang sudah di isi beras tadi kedalamnya
  6. Rebus hingga sekitar 2 jam, jika sudah dan diamkan dalam wadah hingga dingin

3. Masakan Indonesia Semur Daging Sapi

Masakan Indonesia Semur Daging Sapi

Masakan Indonesia Semur Daging Sapi via https://pixabay.com

Semur daging sapi adalah masakan Indonesia berbahan dasarnya dari daging sapi dan kecap manis. Saya sering menjumpai masakan ini pada saat acara hajatan, jika di desa biasanya sering di sajikan pada saat pernikahan.

Masakan daging lebih di sukai dari pada sayuran. Ini di karenakan dari rasanya yang gurih dan enak. Bahan yang sering di tambahkan pada masakan Indonesia adalah daging ayam dan sapi.

Masakan Indonesia ini memiliki tampilan coklat tua pekat. Perlu jadi perhatian, saat mengolah daging sapi jangan di cuci, tetapi cukup di rebus sebentar sebelum di olah.

Ini dilakukan bertujuan supaya rasa dan teksturnya tetap. Selain itu untuk membuang sisa darah dan kotoran yang melekat. Masakan semur bisa di buat dengan cita rasa pedas, gurih pedas atau pedas manis.

Masakan Indonesia khas Lebaran ini sangatlah simpel, karena penggunaan bahan dan bumbu sedikit, untuk mendapatkannya mudah, karena banyak kita jumpai di pasar terdekat.

Bahan-bahan dari masakan ini adalah daging, bawang merah, bawang putih, lada hitam, cengkeh, jahe, ketumbar, kecap manis, serai, daun salam, kaldu sapi, garam, minyak goreng dan bawang goreng sebagai hiasan.

4. Masakan Indonesia Rendang Daging Sapi

Masakan Indonesia Rendang Daging Sapi

Masakan Indonesia Rendang Daging Sapi via https://www.shutterstock.com

Rendang adalah masakan Indonesia khas dari Minangkabau, banyak bumbu rempahnya, telah terkenal hingga luar negeri. Tetapi orang sering menyebut masakan ini rendang Padang.

Sebelum di olah sebaiknya daging di bungkus terlebih dahulu menggunakan daun pepaya agar menjadi empuk. Masakan ini mirip dengan opor ayam, karena pembuatannya dengan menggunakan santan kelapa juga.

Masakan rendang merupakan icon dari kota Minangkabau, karena orang Minang telah menciptakan masakan ini. Menurut dari berbagai sumber, masakan ini sudah ada sejak pertengahan abad 16 sekitar tahun 1550 dalam upacara adat istiadat pertama mereka.

Dahulu masakan ini hanya di sajikan pada saat upacara khusus adat mereka untuk menyambut tamu kehormatan. Seiring dengan berjalannya waktu, lama-kelamaan disajikan untuk acara seperti khitanan, pernikahan, ulang tahun dan hari besar Agama.

Bagi masyarakat di sana rendang mempunyai makna budaya, yakni berarti Musyawarah dan Mufakat yang melambangkan keutuhan masyarakat Minang.

Sebenarnya masih banyak penghargaan untuk masakan rendang ini, saya tidak bisa menceritakan semuanya di sini, silahkan Anda cari sendiri sumbernya banyak di internet.

5. Masakan Indonesia Sambal Goreng Ati Ampela

Masakan Indonesia Sambal Goreng Ati Ampela

Masakan Indonesia Sambal Goreng Ati Ampela via https://youtu.be

Penulis sendiri sangat suka dengan yang namanya ati ayam. Karena rasanya enak, mau di goreng maupun di rebus tetap saja saya suka.

Bahan yang di gunakan dalam pembuatan sambal ini adalah dengan menggunakan ati ampela ayam, cabai, pete, tomat, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas dan daun jeruk.

Sambal goreng ati ampela sangat mantap jika di makan dengan menggunakan nasi hangat dan minumnya dengan teh hangat. Di bawah ini kami mencoba memberikan tutorial cara membuat sambal goreng ati ampela.

Bahan :

  • Ati ampela 7 buah ( sesuai selera )
  • Daun salam 1 lembar
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Ebi secukupnya
  • Cabai merah keriting 9 buah
  • Cabai merah besar 1 buah
  • Bawang merah
  • Merica bubuk
  • Bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Lengkuas
  • Santan kelapa kental secukupnya

Cara buat :

  1. Rebus terlebih dahulu ati ayam hingga warna berubah dan agak sedikit matang, jika sudah tiriskan agar tidak panas
  2. Potong-potong ati ayam ukuran sesuai selera
  3. Kemudian goreng ati yang sudah di potong-potong sampai matang
  4. Potong-potong cabai kemudian uleg atau di blender, haluskan juga sekalian dengan bawang merah, bawang putih dan ebi dengan berisedikit air agar mudah.
  5. Jika bumbu sudah halus, kemudian tumis, masukan juga daun salam, daun jeruk dan lengkuas.
  6. Masak bumbu halus hingga matang dan beraroma harum, jika sudah masukkan merica bubuknya dan ati ampela.
  7. Aduk-aduk dan beri sedikit air untuk membantu agar cepet masak dan tidak gosong.
  8. Bumbui dengan garam dan masukkan juga santan kelapanya
  9. Masak hingga matang, icip rasanya, jika sudah pas matikan api dan sekarang sambal goreng ati ampela siap untuk di sajikan
  10. Cocok di makan menggunakan nasi putih hangat
Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya