Bagi kaum hawa, munculnya jerawat di wajah bisa saja menjadi persoalan besar. Apalagi kalau mendekati hari-hari penting, seperti wisuda, lamaran, atau pernikahan. Rasanya sudah tidak sabar supaya benjolan-benjolan kecil di wajah itu cepetan hilang.

Namun, apa yang terjadi kalau jerawatmu tidak kunjung pergi padahal kamu sudah memberikan obat untuk mempercepat penyembuhannya? Mungkin hal itu akibat dari pola makanmu yang tidak sehat. Ada beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari atau kurangi konsumsinya ketika wajahmu sedang berjerawat.

Nah, kalau sedang mempunyai masalah jerawat, sebaiknya kamu menghindari lima makanan yang ada di dalam daftar ini supaya jerawatmu tidak makin parah. Apa saja, sih, makanan-makanan itu? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Susu sapi

Kandungan di dalam susu sapi yang dapat meningkatkan kadar gula dapat menyebabkan terjadinya radang kulit (inflammation). Selain itu, makanan yang berasal dari olahan susu sapi juga bisa menambah produksi insulin yang nantinya akan meningkatkan produksi sebum.

Advertisement

Padahal jika sebum atau minyak alami ini meningkat, hal itu bisa menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat.

Jadi, bagi kamu yang suka mengonsumsi es krim, roti susu, dan cokelat susu berlebihan, konsumsinya tolong dikurangi, ya.

Atau, yang lebih baik lagi, kamu bisa mengonsumsi yoghurt karena makanan ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa memerangi bakteri penyebab jerawat. Asam yang terkandung dalam makanan ini juga efektif untuk mengurangi penyumbatan minyak pada pori-pori
 

2. Makanan manis

Makanan Manis

Makanan Manis via https://www.pexels.com

Advertisement

Makanan manis seperti cokelat, permen, dan kue tart, bisa menjadi salah satu penyebab kenapa jerawatmu malah semakin bertambah banyak.

Hal ini bukan berarti kamu sekali makan makanan manis maka jerawat akan muncul. Tetapi, reaksi itu bergantung dari seberapa banyak kadar gula yang kamu miliki setelah mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Jadi, kalau hobi ngemil cokelat dengan jumlah yang banyak, maka sebaiknya kamu mengurangi dahulu porsinya. 

3. Kripik kentang

Kripik Kentang

Kripik Kentang via https://pixabay.com

Hayoo, siapa yang hobinya suka ngemil kripik kentang padahal jerawat di wajah lagi banyak-banyaknya? Mulai sekarang hindari kebiasaan yang tidak sehat itu, ya.

Menurut penjelasan para dokter, kripik kentang mengandung indeks glikemik tinggi yang dapat meningkatkan kadar insulin dan glukosa dalam tubuh. Peningkatan kedua hal itu menimbulkan jerawat karena pori-pori kulit menjadi tersumbat.

4. Gorengan

Menurut para ahli, gorengan kemungkinan besar mengandung banyak lemak jenuh, lemak trans, dan minyak yang dihidrogenasi.

Lemak jenuh kalau dikonsumsi secara berlebihan akan menghambat sirkulasi darah dan menyumbat pori-pori kulit.

Maka dari itu, jangan kaget kalau misalnya komedo dan jerawatmu malah semakin bertambah banyak. Ganti cemilan kamu dengan makanan sehat seperti mengonsumsi buah yang memiliki kandungan gula yang rendah atau sayur.

Mungkin memang tidak seenak gorengan, tapi hal itu lebih baik daripada kamu harus memgeluarkan ongkos banyak ke dokter kulit.

5. Junk food

Junk Food - Hamburger

Junk Food – Hamburger via https://www.kepogaul.com

Makanan cepat saji memang sangat menggiurkan ketika kamu kelelahan setelah bekerja atau mengerjakan tugas.

Namun, sebaiknya kamu mulai mencari alternatif makanan sehat lain untuk menggantikan makanan ini ketika lapar tapi kelewat mager.  Semenarik-menariknya junk food, makanan ini tidak baik bagi kamu yang ingin mengurangi jerawat di wajahmu.

Hal ini tentu saja karena kandungan dalam makanan ini yang dapat meningkatkan produksi hormon dan kadar gula darah. Peningkatan dua faktor tersebut bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat baru yang tidak kamu harapkan.

Nah, sekiranya itulah deretan makanan yang musti kamu hindari ketika wajahmu sedang berjerawat.

Masih banyak makanan sehat lainnya yang dapat kamu konsumsi, misalnya saja yoghurt, oatmeal, atau buah dan sayur yang kandungan gulanya rendah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya