Siapa yang nggak suka sama buah semangka? Saya termasuk yang nggak suka sama buah satu ini. Iya, nggak suka kalo cuma sedikit, hehe. Tapi, kadang suka sebel kalo beli semangka, eh, ternyata kulitnya tebel. Padahal yang bisa dimakan cuma daging buahnya. Kulitnya mah, dibuang aja ya.

STOP! Hentikan pemikiran itu!

Kulit semangka juga ada gunanya, kok! Selain sebagai perawatan kulit, beberapa negara juga memanfaatkannya sebagai salah satu bahan makanan, lho. Menurut Journal of Chromatography yang dipublikasikan pada Juni 2005, menyebutkan bahwa kulit semangka memiliki zat Citrulline, yaitu zat antioksidan yang mampu melindungi dari kerusakan radikal bebas. Udah pada mafhum kan, kalo radikal bebas itu nggak bagus buat kesehatan. Lalu, selain sitrulin, semangka ternyata juga dipenuhi sama vitamin C yang telah terkenal untuk sintesis kolagen. Memang, apa sih gunanya kolagen? For your information, kolagen ini gunanya untuk menjaga kulit kalian tetep kenyal. Jadi, pipi kalian bisa tetep enak kalo dicubitin. Mantap gak tuh, Sob!

Makin nggak sabar, kan, buat memanfaatkan si kulit semangka ini? Langsung aja yuk, simak 5 kegunaan kulit semangka yang bisa bikin ciwi-ciwi makin cetar!

1. Pelembab Alami

Jangan lupa buahnya dimakan dulu, ya!

Jangan lupa buahnya dimakan dulu, ya! via https://4.bp.blogspot.com

Seperti buahnya, kulit semangka juga memiliki banyak kandungan. Selain zat-zat yang telah disebutkan diatas, kulit buah ini juga memiliki lycopene yang dapat melembabkan kulit. Manfaatin buah yang satu ini memang nggak ribet. Kamu cukup memakan buahnya sampai habis, lalu cuci dengan air sampai bersih. Iris kulit buah semangka menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, lalu tempelkan ke kulit. Jangan lupa, sedikit digosok, tapi pelan-pelan aja ya!

Advertisement

Tips ini cocok buat yang punya jenis kulit kering, nih. Apalagi, cuaca Indonesia yang lagi panas seperti sekarang. enak kan, dobel segernya, dobel manfaatnya!

2. Pengusir Noda Jerawat

Dipotong kecil-kecil

Dipotong kecil-kecil via https://i.ytimg.com

Ini mungkin masalah yang hampir dialami oleh setiap manusia di dunia, ya. Jerawat dan noda bekasnya. Tenang, ada kulit semangka yang bisa membantu kalian keluar dari 2 masalah itu. Caranya sama ya, seperti yang sebelumnya. Tinggal dicuci bersih, dipotong-potong, lalu oleskan pada jerawat atau noda yang mau diusir. Beberapa hari kemudian, lihat deh perbedaannya.

3. Menyembuhkan Sunburn

pake kulit semangka aja biar adem

pake kulit semangka aja biar adem via http://begitu.com

Sunburn bisa diartikan sebagai kulit yang terbakar sinar matahari. Biasanya, kulit akan bereaksi dengan menimbulkan rasa panas menyengat. Kamu bisa banget nih, memanfaatkan kulit semangka untuk membantu meredakan rasa panas tersebut. Sebuah studi di Jerman menyebutkan, likopen dan beta-karoten dapat membantu melindungi kulit terhadap sunburn. Gimana caranya? Gampang, cukup dengan dinginkan kulit semangka yang telah bersih, lalu gosokkan kepada kulit wajah. Jangan lupa, setelah itu basuh dengan air.

4. Menghaluskan Kulit

Demi kulit makin licin

Demi kulit makin licin via http://3.bp.blogspot.com

Advertisement

Siapa yang nggak mau punya kulit halus dan licin? Selain bisa menunjang penampilan, kulit yang halus bisa ngehindarin kalian dari nyamuk, lho. Jadi, nyamuknya kepleset gitu kalo mau nempel. hahaha #maafkan . Caranya sama kayak yang lainnya, ya. Kalo mau lebih seger, bisa kok didiemin dulu di kulkas, baru deh diaplikasiin ke muka.

5. Pembersih Alami dari Make-up

Biar Wajah tetep ketje selalu

Biar Wajah tetep ketje selalu via https://s3-ap-southeast-2.amazonaws.com

Manfaat kulit semangka yang satu ini pasti berguna banget buat semua cewek. Secara, cewek-cewek kan sukanya pake make-up. Minimal lipbalm sama alis kali ya. Tetapi bagi kalian yang sering memakai make up tebal, mungkin karena tuntutan pekerjaan, harus rajin-rajin ngebersihin nih. Karena eh karena, bahan-bahan kimia dalam make up bisa bikin si komodo komedo dan jerawat nempel di wajah dan susah ilangnya.

Kulit semangka bisa loh dimanfaatkan untuk membantu membersihkan sisa make up. Pertama, cuci wajah dengan air hangat, supaya pori-porinya terbuka. Lalu, ambil air sari kulit semangka dengan kapas. Kemudian, gosokkan perlahan di daerah yang terpapar make up. Terakhir, bilas dengan air dingin.

Nah, gimana sob? Ternyata, sesuatu yang menurut kita tak berharga, belum tentu begitu. Kayak kata orang bule, "someone's trashes can be someone's treasures". Oh iya, nasihat klasik nih, tapi penting. Lakukan treatment diatas secara rutin agar zat-zat dari kulit semangka bisa bener-bener bermanfaat, ya.

Semoga artikel ini bisa ngasih wawasan baru buat kalian dan…..selamat mempraktekkan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya