Menulis cerita, novel, puisi ataupun segala jenis tulisan yang muncul dari buah pikir sang penulis merupakan kegiatan yang bisa mendatangkan banyak manfaat pada penulisnya. Kata demi kata dirangkai menjadi sebuah kalimat. Kalimat demi kalimat menjadi paragraf. Begitu selanjutnya hingga semua itu menjadi kesatuan cerita yang dapat dinikmati pembacanya.

Kamu tau? Menulis itu bisa memberikan beberapa manfaat lho untuk dirimu, apalagi jika kamu menulis dari lubuk hati terdalam. Yuk simak manfaat yang bisa kamu dapat setelah menulis!

1. Semakin mengenal diri sendiri

Photo by picjumbo.com from Pexels

Photo by picjumbo.com from Pexels via https://www.pexels.com

Menulis bisa membantu kamu untuk lebih mengenal dirimu sendiri lho. Bagaimana caranya? Dengan penggambaran alur cerita, kamu bisa melihat bagaimana dirimu sendiri dalam memandang suatu hal. Apalagi jika yang kamu tuliskan merupakan hal yang dekat sekali padamu. Segala perasaan dan emosi yang kamu rasakan dapat kamu tuangkan dengan jujur pada tulisanmu, dan itu akan membantumu untuk lebih mengetahui dirimu sendiri.

2. Berdamai dengan masa lalu

powerofpositivity

powerofpositivity via https://www.powerofpositivity.com

Advertisement

James Pennebaker, psikolog asal Texas, menyatakan bahwa dengan menulis bisa menjadi terapi untuk kamu yang ingin berdamai dengan masa lalu. Dengan menuliskan dan membebaskan perasaan yang kamu pendam pada tulisanmu, kamu dapat merasa lebih lega dan terlepas dari pikiran masa lalumu. Menulis merupakan media yang baik untuk move on melupakan si dia lho!

3. Mendapat pendapatan

Menulis bukan lagi hanya untuk melampiaskan perasaan yang kamu rasa melainkan menjadi pekerjaan tetap untukmu. Dalam penelitian dapat dilihat di 40 tahun ke depan, pekerjaan sebagai penulis masih dibutuhkan oleh industri dan bukan salah satu pekerjaan yang bisa digantikan dengan mesin. Sudah banyak platform yang akan membayar buah pikirmu saat ini. Banyak pula kompetisi menulis yang memberi hadiah, salah satunya Next Top Writer yang diselenggarakan NovelMe. Kamu bisa lho menjadikan kegiatan ini sebagai sumber pendapatan untukmu.

4. Membantu berpikir sistematis

Dengan menulis, kamu juga melatih otak untuk peka terhadap logika, sebab-akibat, sistematis, kritis, dan sebagainya. Hal ini sangat dibutuhkan dalam pembuatan sebuah cerita. Dan ini juga bisa menjadi sarana yang baik untuk melatih otakmu.

5. Kreatif dan imajinatif

Photo by Digital Buggu from Pexels

Photo by Digital Buggu from Pexels via https://www.pexels.com

Advertisement

Kreativitas dan imajinasi selalu bisa kamu kembangkan dengan menulis. Kamu pasti membutuhkan kedua hal ini untuk menciptakan dunia baru di tulisanmu dan ini akan membantumu untuk selalu melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda. Kamu tidak akan menjadi orang yang membosankan dengan pikiran mainstream seperti orang lain.

Nah itu dia manfaat dari menulis. Apakah masih enggan untuk mulai menulis? Padahal ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan dari sini. Saat ini juga sudah banyak aplikasi yang bisa memfalisitasi tulis-menulis seperti NovelMe, misalnya. Cobalah mulai sekarang dan rasakan manfaat yang akan kamu dapatkan di kemudian hari.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya