Pernikahan menjadi salah satu momen terpenting di hidup. Maka dari itu tidak heran banyak orang mempersiapkan acara sakral tersebut dengan sebaik mungkin. Terlebih ketika mengadakan resepsi, segala kemampuan dikeluarkan demi kesuksesan yang besar. Menurut sebagian banyak orang, kesuksesan resepsi dinilai dari hidangannya. Apabila tamu kenyang, maka tamu puas dengan hidangan yang disajikan. 

Tapi, seringkali biaya pernikahan membengkak di hidangan resepsi. Niat kamu ingin membahagiakan tamu, tetapi malah membebani kemampuan finansialmu. Haduh, jangan sampai begitu, ya! Supaya budget aman, coba dari sekarang cari menu resepsi pernikahan yang bisa kamu buat di dapurmu sendiri. Apa saja sih menunya? Yuk, simak ulasannya!

1. Nasi Goreng, Makanan Berat Pembuka yang Wajib Banget Ada!

Kelezatan Yang Universal!

Kelezatan Yang Universal! via https://selerasa.com

Menu resepsi pertama yang bisa kamu bikin sendiri adalah nasi goreng. Bahkan, ini termasuk menu wajib karena banyak tamu undangan yang menyukainya. Cara memasaknya juga mudah.

Advertisement

Banyak tutorial membuat nasi goreng yang lezat tersebar di media daring, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika masih newbie dalam dunia memasak. Tenang, mudah diikuti, kok! Jangan lupa, nasi gorengnya pakai menu hiasan seperti pete, telur mata sapi, dan sayur-sayuran. Dijamin lezat dan jadi santapan favorit para tamu!

2. Sate Dan Lontong Juga Harus Hadir di Menu Resepsi. Jangan Sampai Nggak Ada!

Buat Yang Lezat Ya!

Buat Yang Lezat Ya! via https://facebook.com

Siapa yang tidak kenal sate? Daging panggang yang satu ini bakalan ludes dimakan tamu undangan, lho! Kamu bisa bikin variasinya, seperti kambing, sapi, dan ayam. Lalu kamu juga bisa bikin inovasi bentuk sate lainnya, seperti taichan, sate cumi, sate udang, dan lain-lain. Bahannya mudah ditemukan dan bisa kamu kreasikan sebebas-bebasnya.

Jangan lupa tambahkan jeruk nipis usai dipanggang untuk mengurangi bau amis daging. 
Lontong bisa menjadi pasangan manis ketika menyantap sate. Perpaduannya bakalan membuat tamu lapar mata. Lontong juga dapat menjadi alternatif bagi tamu undangan yang sudah kenyang makan nasi. Sate dan lontong merupakan menu primadona yang wajib hadir di berbagai pesta, termasuk resepsi pernikahan. 

3. Seafood Gurame Asam Manis Juga Bisa Jadi Menu Resepsi yang Lezat!

Pasti Mantap!

Pasti Mantap! via https://selerasa.com

Advertisement

Menu andalan lainnya di pesta pernikahan yaitu gurame asam manis. Melihat gambarnya saja sudah membuat lapar mata bukan? Kamu bisa membuatnya sendiri, lho di dapurmu. Caranya yaitu membuat sausnya terlebih dahulu dengan mencampurkan tomat, bawang putih, bawang merah, cabe merah, dan jahe.

Langkah selanjutnya yaitu gurame digoreng dengan tepung. Jika sudah kekuningan, maka angkat dan siram ikan dengan saus asam manis yang sudah dibuat. Kamu juga bisa berkreasi pada penyajiannya, seperti gurame filet. Wah, makin meriah, deh! Menyantapnya pun semakin nikmat!

4. Zuppa Soup, Makanan Penutup yang Akan Menambah Kehangatan di Jamuan Resepsi

Cocok Banget Pastinya!

Cocok Banget Pastinya! via https://www.instagram.com

Setelah makan hidangan utama, saatnya mencicipi hidangan penutup, nih! Pemanis mulut yang satu ini bisa membuat tamu meninggalkan kesan yang bagus setelah pesta yakni Zuppa Soup, sup krim kental dengan balutan pastry ala croissant di atas mangkok. Sup yang berasal dari Italia tersebut sering juga disebut sup bertopi karena bentuk pastry yang menyerupai topi. 

Kamu bisa bikin sendiri zuppa soup dengan berbagai macam isi seperti jamur, labu, ayam, dan sosis. Bahan-bahannya juga mudah ditemukan di supermarket. Rasa lembut krim beserta renyahnya pastry akan membuat tamu undangan kenyang, apalagi jika dinikmati setelah hujan. Rasakan gurih dan hangatnya hingga ke tetes terakhir. Sluurp!

5. Bikin Betah Tamu Undangan Dengan Es Krim dan Es Buah

Biar Segar Juga Kan?

Biar Segar Juga Kan? via https://www.pexels.com

Kalau tadi ada zuppa soup yang sebenarnya satu porsi bisa buat hidangan pembuka, maka pemanis yang satu ini cocok untuk tamu yang hanya ingin sekedar icip-icip. Es krim dan es buah harus selalu hadir di meja prasmanan. Siapa yang tidak suka kedua hidangan tersebut? Dari kalangan muda hingga orang tua menjadikan es krim dan buah sebagai hidangan pencuci mulut terfavorit di berbagai pesta.

Banyaknya tamu undangan membuat kamu harus membuat makanan dengan rasa universal. Hindari rasa es krim dan buah yang berbau menyolok seperti durian. Lebih baik sediakan varian yang umum seperti vanilla, coklat, atau strowberry. Begitu juga pada buah. Hidangkan yang banyak disukai orang seperti pepaya, melon, semangka, dan jeruk. 

Nah, itu dia menu resepsi pernikahan yang bisa kamu buat di dapurmu sendiri. Supaya memasaknya cepat selesai, gak ada salahnya kok minta bantuan orang lain. Ingat, mintalah bantuan orang terdekat jika tidak ingin terlalu menguras pengeluaran.

Kemudian cari resep yang mudah diikuti. Yuk, ciptakan resepsi aman tanpa bisik-bisik buruk dari tetangga. Sesederhana apapun resepsinya, tidak salah jika kamu berusaha untuk meninggalkan kesan baik di mata para tamu. Selamat memasak, ya! 
 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya