Teman-teman ada yang sudah lulus SMA? kebanyakan orang mengakui bahwa masa SMA merupakan salah satu masa paling indah dalam kehidupan. Pada masa inilah seorang remaja bisa menemukan dan merasakan indahnya cinta pertama, teman-teman yang setia atau bermuka dua, dan pada masa ini jugalah seorang diuji kemampuannya mempertahankan diri dari kenakalan remaja.

1. Ao Haru Ride

ao haru ride anime

ao haru ride anime via https://www.google.com

Anime ini bercerita tentang seorang gadis SMP imut bernama Yoshioka Futaba yang jatuh cinta kepada kawan lelakinya yang pemalu dan memiliki suara lembut bernama Tanaka Kou. Cinta di hati Futaba tumbuh ketika pertama kali bertemu dengan Tanaka di sebuah kuil saat berteduh dari derasnya hujan.

Advertisement

Beberapa hari kemudian Tanaka mengajak Futaba untuk sama-sama melihat festival musim panas, namun Tanaka tak pernah muncul. Futaba yang sudah menunggu sekian lama merasa sedih. Dan sejak saat itu, Futaba tak pernah melihat Tanaka lagi. Dia menghilang begitu saja seperti ditelan bumi.

Futaba merasakan kesedihan yang mendalam, karena baginya Tanaka adalah cinta sekaligus teman satu-satunya. Futaba tak memiliki teman, karena anak-anak perempuan di SMP nya merasa iri dan syirik akan keimutan Futaba yang disukai banyak lelaki. Oleh karena itulah dia bertekat untuk merubah kepribadiannya di masa SMA.

Beberapa lama kehidupannya di SMA berjalan normal, ia kembali melihat anak lelaki yang dulu disukainya, namun namanya bukan Tanaka Kou, tapi Mabuchi Kou. Siapakah sebenarnya mabucihi Kou yang memiliki paras dan tingkah yang mirip dengan Tanaka Kou, cinta pertamanya Futaba?

2. Khaicou Wa Maid Sama

maid sama anime

maid sama anime via https://www.google.com

Advertisement

Kisah seorang gadis bernama Ayuzawa Misaki yang dikenal sebagai ketua OSIS  SMA Seika yang galak dan sangat membenci laki-laki. Di SMA yang didominasi laki-laki itu, Misaki berusaha meningkatkan nama baik sekolah agar anak-anak perempuan mau masuk dan bersekolah di SMA Seika.

Walaupun dikenal galak dan benci laki-laki, Misaki adalah sosok yang lembut dan ramah pada perempuan. Ia juga bekerja paruh waktu sebagai ‘maid’ atau pelayan di sebuah cafe bernama Maid Latte.

Berbeda dengan di sekolah, di Cafe Maid Latte Misaki dituntut tetap ramah walaupun kepada laki-laki, makhluk yang paling dia benci. Karena tak ingin citranya di SMA jatuh, Misaki merahasiakan pekerjaannya ini. Namun, ketenangannya selama ini terusik oleh seorang laki-laki populer yang juga bersekolah di SMA Seika bernama Usui Takumi.

Takumi tidak sengaja bertemu dengan Misaki dalam balutan seragam maid. Pertemuan inilah yang menjadi awal kisah komedi romantis yang panjang anatara Misaki dan Takumi.

3. Orange

orange anime

orange anime via https://www.google.com

Kisah bermula saat Naho Takamiya mendapatkan surat aneh, yaitu surat dari dirinya sendiri di masa depan. Surat itu mengungkapkan penyesalan Naho masa depan yang tidak dapat berbuat apa-apa dalam menyelamatkan sahabat barunya bernama Kakeru Nasure, seorang siswa pindahan SMA Tokyo.

Naho dan keempat sahabatnya yang lain yaitu Hiroto Suwa, Takako Chino, Saku Hagita dan Azuka Murasaka berupaya untuk memberikan kembali semangat kepada Kakeru yang terpuruk karena kehilangan ibunda tercintanya. Beberapa kali Kakeru berfikir untuk bunuh diri. Ia menyalahkan dirinya sendiri atas meninggalnya sang ibu.

Kisah keenam bersahabat ini dapat mengingakatkan kamu kepada teman-teman SMA mu dulu yang selalu ada dalam keadaan susah maupun senang. Dalam kisah ini juga ada sedikit bumbu percintaan antara Naho, Kakeru dan Suwa. Ayo buruan tonton animenya!

4. Hyouka

Hyouka anime

Hyouka anime via https://www.google.com

Sekolah mu dulu termasuk sekolah dengan banyak kisah misterius? sepertinya anime satu ini cocok untuk kamu yang rindu cerita-cerita misterius sekolah. Dalam anime ini mengisahkan seorang siswa laki-laki bernama Oreki Houtarou yang diminta kakaknya untuk masuk sebuah ekskul sastra klasik (Kotenbu).

Sebagai mantan anggota Kotenbu, sang kakak Oreki Tamoe tak mau ekskul itu sampai bubar karena tak ada seorangpun yang mau bergabung. Karena terpaksa dan takut dihajar sang kakak yang memiliki keahlian di aikido (seni bela diri Jepang) dan seni bela diri lainnya, Houtarou harus mengikuti permintaan kakak nya kalau tidak ingin di hajar.

Haotarou bersama Fukube Satoshi teman baiknya akhirnya bergabung dengan Kotenbu. Disanalah Haotarou dan Satoshi bertemu Chintanda Eru yang bergabung ekskul karena alasan pribadi serta Ibara Mayaka bergabung 1 bulan kemudia karena ingin lebih dekat dengan pujaan hatinya (Satoshi). Mereka berempat bergabung untuk memecahkan misteri-misteri yang terjadi di sekolah mereka, SMA Kamiyama.

5. Danshi Koukousei no Nichijou

Danshi Koukousei no Nichijou anime

Danshi Koukousei no Nichijou anime via https://www.google.com

Laki-laki memiliki bermacam kisah saat duduk di bangku SMA. Mereka dapat berbuat nakal bersama, cerita hal-hal yang biasa dirasakan anak SMA dan berbagai pemikiran-pemikiran liar anak remaja lainnya.

Berkisah tentang ketiga sahabat bernama Tadakuni, Hidenori, dan Yoshitake yang bersekolah di SMA khusus laik-laki yaitu SMA Sanada Utara. Sebagai SMA yang dikhususkan untuk laki-laki, ketiga sahabat ini tak pernah merasaka sekelas dengan siswi wanita.

Dalam anime ini ada banyak kejadian yang terjadi, seperti ditertawakan teman sekelas karena jalan dengan perempuan, pertemuan tak terduka dengan wanita impian, membayangkan menggunakan pakaian dalam perempuan, dan hal-hal absurd lainnya yang terjadi antara anak SMA.

Anime ini dibumbui dengan adegan-adegan komedi yang dapat mengocok perut kamu. Ini bisa mengingatkan kembali dengan masa SMA mu dulu yang juga memiliki kisah-kisah seru dan lucu.

Demikian rekomendasi anime bertema anak sekolahan yang dapat membawamu kembali ke zaman SMA dulu. Tentu saja selain 5 judul anime diatas, masih banyak lagi anime-anime yang dapat mengingatkanmu akan indahnya masa-masa SMA. Yuk, nonton anime versi kamu. Mari kembali mengingat masa-masa indah di sekolah dulu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya