Ya, skripsi memang sering kali bikin hectic, putus asa dan lain sebangainya. Sebagai mahasiswa tingkat akhir, tentu kita mengalami banyak sekali cobaan dan ujian yang normal. Namun memberi impact dalam keberlangsungan menggarap skripsi? Hmm.. Apa saja cobaan tersebut dan bagaimana solusinya? Mari kita simak bersama-sama!

1. Susah mengerjakannya? Cari referensi yang banyak!

back-books-brunettes-neck-women

back-books-brunettes-neck-women via https://www.walldevil.com

Zaman sekarang itu serba bisa dan serba ada. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mencari referensi. Kalian bisa saja main-main ke perpus. Baca-baca skripsi kakak tingkat. Cari yang menurut kalian menarik agar kalian semangat membacanya. Pada dasarnya, susunan skripsi semua hampir sama, yang penting adalah isinya. Kalian juga bisa mencari referensi lain di internet melalui website-website jurnal seperti Proquest, Academia, Emerald dan lain sebagainya.

2. Nggak mood? Cari suasana baru!

Ask Media Group Office Photos

Ask Media Group Office Photos via https://www.glassdoor.com

Bagi rata-rata mahasiswa, malas adalah serangan yang paling berbahaya ketika menggarap skripsi. Don’t worry, kalian bisa menendang kemalasan dengan mencari suasana baru. Nongkrong di warung kopi, bikim skripsi di taman, ke perpuatakaan kota, atau main ke kos teman. Cari tempat yang bagi kalian nyaman dan baru untuk memantik lagi semangat bikin skripsi. Make your move!

3. Kehabisan ide? Mari berdiskusi!

discussion over coffee

discussion over coffee via https://www.shutterstock.com

Sering kali di tengah perjalanan kita menggarap skripsi, ada kalanya titik jenuh di mana kita nggak tahu mau berbuat apa. Santai saja! Semua mengalaminya. Solusi yang tepat adalah dengan berdiskusi. Cari teman yang kalian percaya bisa memberikan sumbangsih terhadap problematika mentoknya ide kalian, diskusikan dan cari jalan keluar bersama. Beban yang berat apabila diangkat bersama akan lebih ringan bukan?

4. Takut Dimarahi Dosen? Siapkan dengan Matang!

Preparation for studying

Preparation for studying via https://www.hopespeak.com

Sering kali setelah kita udah garap susah-susah, yang ada malah dipandang sebelah mata sama dosen. Sakitnya tuh nggak naggung-nanggung, deh! Nah, gimana cara menanggulangi bencana yang mungkin sewaktu-waktu bisa menimpa kita ini, yakni dengan mempersiapkan segala hal dengan matang. Menyiapkan argumen yang kuat, dengan referensi yang banyak. Tapi, jangan lupa minta masukan dari dosen, ya!

5. Masih Tetap Susah, Nggak Mood, Kehabisan Ide, dan Takut Dosen? Berdoa dan Bersabarlah!

A PRAYING WOMAN IS POWERFUL

A PRAYING WOMAN IS POWERFUL via http://www.answersfromscriptureonline.com

Pejuang skripsi nggak boleh melempem begitu saja, gara-gara banyak cobaan yang menerjang. Ingat, kita semua punya Tuhan yang sayang sama kita. Kalau kata ahli agama, “Libatkan Tuhanmu dalam segala hal, maka semua akan dipermudah”.

Yap! Benar sekali, tenang saja! Tuhan tak akan menguji di luar kemampuan hamba-Nya. Everything will pass, do your best!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya