Terlalu dekat memang nggak baik buat kamu yang sering berhubungan dengan orang lain. Bukan bermaksud cuma dengan lawan jenis loh ya! Terkadang orang yang dekat denganmu belum tentu baik perilakunya, terkecuali kamu sudah berteman dengannya selama 7 tahun lebih.

Ketika kamu sudah mengenali sifat buruk seseorang dan kamu sudah terlanjur dekat, rasanya memang nggak enak sih. Apalagi kalau kamu berada dilingkungan yang sama. Nah disini ada 5 solusi yang bisa kamu lakukan untuk menghindar dari orang yang sifatnya akan memberikan nilai negatif padamu:

 

1. Alihkan Pembicaraan Ketika Gossip Dimulai

Gossiping via http://cbc.ca

Masih pagi sudah nge-gosip? hmmmm…. mending kamu cepat alihkan pembicaraan dengan topik yang lain dan menyenangkan, misalnya membayangkan ingin liburan kemana. Karena kalau pagi-pagi, mood kamu sudah diberikan cerita-cerita miring seseorang, yakin deh mood kamu nggak akan stabil apalagi kalau kamu tipe orang yang mood swing.

2. Lagi di Jalan Curhat Mulu? Kasih Lagu yang Bikin Hati Happy Saja

Jangan kebanyakan bersedih via http://kelascinta.com

Advertisement

Masalah percintaan memang rumit dan kalau diceritakan nggak akan ada habisnya. Kamu pasti pernah merasa lelah kan dengan cerita temanmu yang itu-itu saja tanpa ada solusi? Nah, sekarang solusi buat kamu mengatasi sesorang yang selalu explode their love-life saat berada disebuah kendaraan adalah berikan dia musik yang menyenangkan. Kalau mereka memngganti lagu yang ujung-ujungnya bikin sedih, kamu berhak menggantinya lagi dan jangan lupa selipkan candaan buat menghiburnya. Nggak cuma menghibur, itu juga bisa mengalihkan perhatiannya kalau dia memang lagi galau.

3. Selalu Senyum Walaupun Itu Pahit

smile! via http://youtube.com

Kalau ada yang bilang "diam itu emas", lain arti kalau ada yang mengatakan "murah senyum banyak pahala". Balik lagi ketika kamu sedang bersama dengan orang yang suka menceritakan kesedihan hidupnya. Kalau kamu sudah mulai lelah dengan ceritanya dan saat memberikan saran nggak menjadikan solusi untuknya, kamu cukup berikan mereka senyuman. Ketika mereka mulai sadar dengan perilakumu hanya memberikan senyuman dan bertanya mengapa hanya senyum saja, kamu berikan saja senyuman manismu lagi.

Sampai pada akhirnya mereka bingung sendiri dan secara nggak sadar mereka akan mengeluarkan sisi akward moment yang bikin kamu nggak nyaman. Daripada ikut mengeluh dan bikin hati juga ikut panas sama topik yang itu-itu lagi, mending perbanyak pahala dengan mendengarkan ceritanya dan beri senyuman. Bener kan?

4. Mandiri Jalan Sendiri

Strong! you can do it via http://dinarobisoncoaching.wordpress.com

Advertisement

Menjadi mandiri itu memang sangat penting. Kamu bisa saja menguntungkan orang lain karena merasa nggak direpotin. Bagi kamu yang suka nebeng sama teman dan keseringan, itu sebenernya nggak baik. Kenapa? Karena kamu akan mengandalkan orang lain dan buat diri kamu jadi nggak mandiri. Coba deh ketika selama seminggu kamu sudah kemana-mana bareng, beri sedikit waktu buat kamu sendirian. Ini menjaga rasa bosanmu ketika bertemu setiap hari dan kamu juga belajar arti kata mandiri yang sebenarnya. Kan nggak enak kalau keseringan ngerepotin orang, ya kan?

5. Seperti Katanya “Diam Itu Emas”

quiet as gold via http://weknowyourdreamz.com

Kalau sebelumnya senyum memberikan banyak pahala, ini adalah hal yang terkakhir yang perlu kamu lakukan. Berdiam diri saat sudah menjauh. Perlu kamu ketahui, ketika kamu sudah mulai merasa ada sesuatu yang janggal dengan sifat buruk sesorang, kamu hanya cukup berdiam diri dan bertingkah nggak terjadi apa-apa. Itu yang membuat kamu aman dari apapun. Walau nantinya kamu akan dijauhi atau mendapatkan kesal karena mereka tahu kamu menjauhinya, itu nggak masalah.

Selagi kamu nggak menyakiti mereka, biarkan mereka melakukan apa yang mereka inginkan, itu sama saja mereka membuka diri dengan sifat yang lebih buruk karena mereka nggak sadar kalau kamu sudah menghargai perilaku buruk mereka.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya