Bandung merupakan ibu kota Propinsi Jawa Barat dan juga merupakan kota yang paling besar di propinsi tersebut dengan total luas wilayahnya mencapai kurang lebih 167,7 kmĀ². Kota Bandung sendiri lokasinya hanya berjarak sekitar 140 km arah tenggara dari Ibu kota Jakarta,

Bandung juga memiliki wilayah metropolitannya sendiri yang disebut sebagai Bandung Raya yang meliputi Kota Bandung dan beberapa wilayah di sekitarnya. Bandung Raya menjadi wilayah metropolitan terbesar kedua di Indonesia.

Sebagai ibu kota dari Jawa Barat, tentu saja Bandung memiliki daya tariknya tersendiri, salah satunya adalah potensi wisatanya yang sangat besar. Hal ini tentu saja menjadikan Bandung sebagai salah satu kota tujuan wisata yang sangat populer di Jawa Barat. Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi dan juga kebetulan menyukai wisata sejarah, maka Kota Bandung bisa menjadi destinasi wisata yang sangat tepat untuk mengisi liburan karena kota yang satu ini memiliki banyak spot fotografi tempo dulu yang bisa Anda kunjungi, berikut ini ulasannya.

1. Jalan Asia Afrika

Jalan Asia Afrika merupakan salah satu spot fotografi terbaik yang menyajikan suasana Bandung tempo dulu. Sesuai dengan namanya, jalan yang satu ini menjadi salah satu saksi sejarah dari Konferensi Asia Afrika yang dilaksanakan pertama kali di Indonesia. Anda bisa menyaksikan gedung pelaksanaan konferensi yang ditandai dengan banyaknya tiang bendera dari berbagai negara peserta konferensi.

2. Jalan Braga

komplek pertokoan Bandung tempo dulu

komplek pertokoan Bandung tempo dulu via http://pesonabudaya.com

Advertisement

Spot fotografi kedua yang juga bisa Anda kunjungi di Bandung adalah Jalan Braga, Anda akan bisa menyaksikan komplek pertokoan yang masih menggunakan bangunan kuno sehingga sangat sesuai bagi Anda yang ingin mengabadikan suasana Bandung tempo dulu. Selain itu Anda juga akan bisa menemukan para pedagang lukisan klasik yang memamerkan lukisannya di sepanjang jalan.

3. Masjid Raya Bandung

bangunan masjid dengan berbagai macam desain

bangunan masjid dengan berbagai macam desain via http://www.tingiz.com

Masjid Agung menjadi salah satu bagian dari sejarah Bandung tempo dulu di mana Anda akan mendapati bangunan masjid dengan mengadopsi berbagai macam desain arsitektur sehingga membuatnya sangat megah. Sebelum ini, Masjid Agung tidak memiliki menara namun kemudian dibangun dua buah menara yang tinggi sebagai tempat untuk meletakkan pengeras suara.

4. Gedung Sate

Spot fotografi ornamen tusuk sate

Spot fotografi ornamen tusuk sate via http://www.cetek.web.id

Spot fotografi berikutnya yang juga sangat populer di Kota Bandung adalah Gedung Sate yang mana gedung ini telah menjadi salah satu ikon dari Kota Bandung. Perlu Anda ketahui bahwa bangunan ini dinamakan Gedung Sate karena adanya ornamen tusuk sate yang ada di bagian menaranya sehingga menjadi ciri yang sangat unik, gedung ini menjadi pusat pemerintahan Kota Bandung.

5. Taman Maluku

Taman Maluku

Taman Maluku via http://www.infosista.com

Advertisement

Taman Maluku menjadi spot fotografi kelima yang juga bisa Anda kunjungi untuk mengabadikan Bandung Tempo Dulu, taman yang satu ini sebelumnya dikenal dengan nama Molukken Park. Salah satu ciri khas dari Taman Maluku ini adalah adanya sebuah patung pendeta militer yang sangat sesuai untuk Anda abadikan fotonya, selain itu taman ini juga ditumbuhi banyak pohon sehingga sangat asri.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya