Halo Sahabat Traveler, yang suka travelling, hobi jepret-jepret!

Tahu nggak kalau Banyuwangi itu disebut juga dengan kota “Sunrise of Java”?

Banyuwangi kota di ujung pulau Jawa yang berdekatan dengan Pulau Bali, daerah terluas di Jawa Timur dan di kelilingi 3 Taman Nasional (Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Alas Purwo, Taman Nasional Meru Betiri) juga yang sangat familiar tentunya Wisata Kawah Ijen.

Semenjak 2015 dengan dipimpin oleh Bapak Abdullas Azwar Anas Banyuwangi mulai berbenah, dengan mengandalkan sektor pariwisata, semua destinasi tempat wisata andalan Banyuwangi seperti Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Alas Purwo, Sukamade, dan lain-lain mulai dibenahi. Mulai dari akses jalan menuju tempat wisata, serta mulai bermunculan hotel-hotel mulai dari hotel budget sampai hotel luxury dan tentunya mulai bermuculan restauran.

Di artikel ini, saya menulis travel tips ke Banyuwangi untuk Sahabat Traveler yang suka jepret-jepret.

 

1. Taman Nasional Baluran

Javaindoecotourism

Javaindoecotourism via https://javaindoecotourism.com

Taman Nasional Baluran atau yang di sebut juga “Africa van Java” terletak di sebelah utara kota Banyuwangi, Tempat ini memang keren khusus nya bagi pecinta photography atau videography, Dengan Savana Bekolnya seperti di Africa dan Pantai Bama yang putih bersih serta dihuni oleh hewan hewan seperti rusa, kerbau hutan dan banteng. Tempat ini juga sering dipakai untuk pembuatan iklan produk ternama dan film layar lebar.

Advertisement

Perjalanan dari kota Banyuwangi menuju ke Taman Nasional Baluran membutuhkan waktu selama 2 jam. Untuk tiket wisatawan lokal sebesar IDR 15.000 dan hari libur IDR 17.500.

2. Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk via https://javaindoecotourism.com

Jawatan Benculuk merupakan tempat spot photography di Banyuwangi di mana terdapat banyak pohon trembesi yang usianya lebih dari 30 tahun yang begitu unik bentuknya. Jawatan Benculuk lokasi di sebelah selatan kota Banyuwangi ditempuh selama 1 jam perjalanan, dan merupakan lahan milik perhutani. Untuk tiket sebesar IDR 10.000

Untuk mengunjungi tempat ini sebaiknya di pagi hari atau sore hari dikarenakan di siang hari banyak pengunjung dan banyak orang berjualan.

3. Kawah Ijen

javaindoecotourism

javaindoecotourism via https://javaindoecotourism.com

Advertisement

Kawah Ijen merupakan gunung berapi aktif. Yang unik di sini terdapat Blue Fire hanya muncul di malam hari serta warna danau nya yang warna hijau toska yang tambah bikin menarik. Perlu perjuangan untuk menuju ke Kawah Ijen untuk melihat Blue Fire. Sekitar jam 12 malam atau pukul 00.00 dini hari kita berangkat menuju ke kawah Ijen.

Dari kota Banyuwangi ditempuh selama 1 jam perjalanan menuju Paltuding. Sesampai di Paltuding kita siap-siap untuk mendaki yang ditempuh selama 1,5 jam. Sesampai di atas memang luar biasa indahnya fenomena alam Blue Fire. Di atas puncak Gunung Ijen, kita juga disuguhkan pemandangan alam yang begitu indah, yaitu sunrise.

4. Pantai Pulau Merah

javaindoecotourism

javaindoecotourism via https://javaindoecotourism.com

Pantai Pulau Merah adalah tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam. Pantai ini memiliki pasir putih. Untuk menuju ke sana, dari kota Banyuwangi ditempuh selama 2 jam perjalanan ke arah selatan. Yang hobi surfing juga bisa surfing di sini.

5. Ijen Rice Terrace

javaindoecotourism

javaindoecotourism via https://javaindoecotourism.com

Yang hobi foto jangan lupa mengunjungi Rice Terrace-nya Banyuwangi, Pemandangannya super keren ke arah barat dengan view Gunung Ijen dan di sebelah timur dengan pemandangan Pulau Bali. Rice Terrace ini letaknya di Desa Segobang Licin Banyuwangi 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya