5 Tips Hemat untuk Menekan Outcome ala Mahasiswa Rantau

Hai, SoHip! Mungkin masih banyak orang yang merasa kerepotan dalam mengatur keuangan tiap bulannya, kan? Terutama bagi mahasiswa rantau. Menjadi mahasiswa rantau adalah sebuah tantangan bagi seorang mahasiswa yang masih menunggu jatah bulanan dari orang tua.

Tentunya, setiap mahasiswa memiliki income yang berbeda dari orang tua masing-masing. Namun, terkadang gaya hidup yang tidak terkendali, pertemanan yang toxic, atau bahkan tuntutan lingkungan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari menjadikan kita sebagai mahasiswa harus memutar otak untuk bisa mengatasinya.

Ada yang harus extra ngirit, ada yang mencari kerja part-time, atau ada yang mencari beasiswa. Sebenarnya menjadi mahasiswa rantau itu gampang-gampang susah. Tergantung dari diri kita sendiri, bagaimana kita memprioritaskan hal yang seharusnya diprioritaskan. Eits! Jangan khawatir! Ada cara simpel, lho, biar dompet kamu tetap tebal di akhir bulan. Berikut ada beberapa tips hemat untuk menekan pengeluaran ala anak kos

Advertisement

1. Partner senasib

Unsplash

Unsplash via https://unsplash.com

Tidak bisa dimungkiri bahwa gaya hidup seseorang banyak dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, tidak terkecuali teman. Oleh karena itu, tips pertamanya adalah mencari teman yang sevisi.

Dari pengalaman pribadi, hal ini sangat penting dan terbukti ampuh dalam menekan pengeluaran bulanan, lo! Perlu diingat bahwa hidup jauh dari keluarga dan biaya hidup masih bergantung pada orang tua, kita harus mengesampingkan yang namanya gengsi.

Advertisement

Biar makin irit lagi, kamu bisa pilih tempat kos yang ramah di kantong dan ajak teman yang menurutmu sevisi denganmu. Dengan begitu, pengeluaran biaya kos bisa dipangkas karena biaya kos ditanggung bersama dengan temanmu.

2. Menjadi chef amatir

Unsplash

Unsplash via https://unsplash.com

Seperti yang dikatakan sebelumnya, jangan gengsi! Kebanyakan anak jaman sekarang lebih suka makan di cafe atau tempat-tempat yang hype atau kekinian, hanya untuk mengejar eksistensi di media sosial.

Advertisement

Selain itu, mereka juga tak jarang memesan online food, biar lebih efisien dan anti ribet. Nah, ini nih yang perlu diubah, kebiasaan konsumtif dan mengejar eksistensi diri. Cobalah menjadi chef dadakan. Mulailah dari memasak hal sederhana.

Sekarang tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bisa memasak karena banyak sumber yang menawarkan tips memasak sederhana dan enak. Kalo diitung-itung, memasak makanan sendiri akan menghemat pengeluaranmu, lo.

Coba hitung! Satu kali makan di cafe, kamu bisa menghabiskan kurang lebih Rp. 30.000,-. Jika tiga kali makan, berarti kamu harus merogoh kantong sekitar Rp. 90.000. Padahal dengan uang Rp. 90.000,- kamu bisa membeli bahan-bahan makanan yang mana bisa digunakan untuk dua hari atau bahkan tiga hari.

Sudah kebayang, kan? Kalau pun memasak adalah hobimu, kamu juga bisa memanfaatkan potensi itu untuk berbisnis. Gausah gede-gede, yang sederhana aja, misal jualan kue-kue. Kantong ga kering, malah tebel, dong!

3. Kebutuhan atau keinginan diri?

Unsplash

Unsplash via https://unsplash.com

Pernah atau tidak? Saat kamu scroll online shop, kamu seperti ingin membeli semua yang ada di depanmu? Hingga kamu bingung mana kebutuhan dan keinginan. Fokusmu sekarang bukan mengejar kenyamanan fasilitas dengan memenuhi semua hawa nafsu, karena tujuanmu sekarang hanyalah menimba ilmu.

Jadi, prioritaskan yang semestinya diprioritaskan, ya. Penuhi kebutuhan yang primer dulu. Ya, bolehlah kalo sesekali kamu memberikan self-reward pada dirimu, misalnya beli yang menjadi keinginanmu. Tapi, tetap ingat, ya, beri budget saat kamu belanja agar pengeluaranmu tetap terkontrol dan ga sampai membengkak biaya yang diperlukan.

4. Sederhana aja

Unsplash

Unsplash via https://unsplash.com

Barang-barang branded, makanan yang mahal dan lezat, kartu ATM yang OK lah isinya, dan fasilitas-fasilitas yang memadai lainnya tidak serta merta menunjukkan kualitas dirimu sebagai manusia. Lagi pula, hidup sederhana tidak akan mengurangi kualitas intelektualmu sebagai orang berpendidikan tinggi.

Malahan, kamu akan terlihat lebih bijaksana dan sangat menghargai apapun yang kamu punya, karena prinsip hidup sederhana akan membangun karaktermu sebagai manusia yang selalu mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan padamu.

5. Sisihkan satu koin

Unsplash

Unsplash via https://unsplash.com

Menabung adalah salah satu cara untuk mempersiapkan finansial yang bagus di masa depan. Nah, ini juga perlu diingat, ya. Setiap kalian mendapat uang bulanan, coba sisihkan 3-5% untuk ditabung. Kamu tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di hari esok.

Dengan tabungan tersebut, itu akan membantumu saat membutuhkan biaya tak terduga. Selain itu, hasil dari tabungan tersebut bisa kamu gunakan untuk membeli apa yang kamu inginkan di masa depan atau mungkin bisa membantu orang lain yang membutuhkannya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Content writer, blogger, and learner

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE