Untuk kamu pemilik kulit berminyak, pernah nggak sih kamu merasa nggak pede karena makeup yang kamu pakai nggak menempel sempurna dan malah udah luntur sebelum acara kamu dimulai? Kalau pernah, kita senasib!

Makeup kurang menempel dan terlihat nggak natural emang menyebalkan. Seringkali kamu udah usaha mati-matian pakai makeup dengan hati-hati dan memilih produk yang lumayan pricey, tapi kok hasilnya masih cakey?

Memakai makeup di kulit yang berminyak memang memiliki tantangan tersendiri, terlebih ketika mengaplikasikan foundation di wajah kamu. Salah-salah bukannya cantik eh wajah kita malah jadi kurang apik! Tapi nggak usah khawatir ya, mungkin tips dibawah ini bisa membantu kamu menemukan solusi yang tepat untuk tetap tampil cantik dengan makeup yang ciamik!

Yuk intip!

1. Deep Cleansing, Rahasia Makeup Jadi Bening

Makeup Anti Cakey

Makeup Anti Cakey via https://www.pexels.com

Wanita pasti punya cara masing-masing untuk merawat wajahnya, terutama soal cleansing. Kamu tahu nggak sih kalau metode cleansing kamu itu ngaruh sama ketahanan makeup yang kamu pakai?

Buat kamu yang punya kulit berminyak, siapa sangka ternyata rutin melakukan deep cleansing itu bikin aplikasi foundation di wajah kamu jadi lebih tahan lama lho. Kok bisa sih? Ladies, deep cleansing adalah metode pembersihan wajah sampai ke pori-pori kamu. Ternyata cuci muka aja nggak cukup, kamu juga perlu mengeksfoliasi dan mengangkat sel kulit mati di wajah kamu dengan tujuan membersihkan kulit hingga lapisan terdalam.

Advertisement

Eksfoliasi wajah menggunakan exfoliating toner bisa jadi salah satu cara mudah melakukan deep cleansing yang bisa kamu lakukan sebelum menggunakan make up, sehingga make up yang nantinya kamu pakai khususnya foundation bisa menempel sempurna!

Eits, tapi jangan lupa juga setelah menggunakan exfoliating toner kamu juga perlu menambahkan hidrating toner ya biar wajah kamu tetap lembab dan sehat ladies!

2. Sebelum Primer Tempelin Es Batu Dulu, Bikin Foundation Kamu Makin Syahdu

Es Batu, Rahasia yang Tidak Banyak Orang Tahu

Es Batu, Rahasia yang Tidak Banyak Orang Tahu via http://stylecaster.com

Rahasia make up tahan lama yang nggak banyak wanita tahu adalah es batu!

Advertisement

Eh jangan ketawa dulu ladies, ternyata nih pemakaian es batu di wajah udah sering dilakukan oleh wanita-wanita sejak dulu lho biar make up di wajah tahan lama. Khususnya untuk kamu yang punya jenis kulit berminyak, cara satu ini wajib dicoba!

Efek dingin es batu diyakini bisa mengecilkan pori-pori wajah serta merangsang kelenjar sebum di kulit untuk mengurangi produksi minyak. Pori-pori yang kecil dan kulit wajah yang tidak memproduksi minyak berlebih tentu bikin foundation kamu tahan lama dan make up kamu tidak greasy !

Yakin nih nggak mau nyobain?

3. Mattifying Foundation adalah Kunci!

Pilih Foundation yang Tepat!

Pilih Foundation yang Tepat! via https://beautyhealthtips.in

Satu hal yang wajib banget diperhatiin kamu yang punya kulit berminyak adalah pemilihan jenis foundation yang akan kamu pakai !

Ladies, salah memilih jenis foundation bisa beresiko bikin makeup kamu berantakan dan wajah kamu jadi amburadul nggak karuan lho! Yang harus dihindari pemilik kulit berminyak adalah jenis foundation yang punya finishing yang shimmery, satin, atau efek lain yang membuat wajah terlihat berkilau. Pakai foundation jenis tersebut akan semakin membuat kulit wajah kamu semakin terlihat berminyak seperti kilang minyak, tentu nggak enak dipandang kan?

Kamu bisa pilih foundation yang punya hasil akhir matte, tapi jangan lupa pastikan foundation kamu tetap mengandung moisturizer yang bisa melembabkan wajah kamu. Karena kalau nggak, kulit kamu akan jadi kering dan make up kamu juga malah cracky!

4. Translucent Powder Selalu Jadi Andalan yang Tidak Pernah Mengecewakan

Translucent Powder

Translucent Powder via http://www.almasryalyoum.com

Salah satu trick biar aplikasi foundation kamu makin hits adalah gunakan translucent powder atau sering disebut bedak tabur, setelahnya. Bedak tabur ini adalah kunci agar foundation bisa lebih set dan tahan lama. Tapi, dalam pemilihan jenisnya juga harus hati-hati ya!

Untuk kamu yang punya kulit berminyak sebaiknya hindari mineral powder, karena bedak tabur jenis ini memberikan efek berkilau, dan salah-salah malah make up kamu jadi makin berminyak dan mudah luntur. Oiya, translucent powder bisa jadi sahabat baik untuk kulit oily lho, karena sifatnya yang menyerap minyak di kulit.

5. Setting Spray, Rahasia Finishing yang Bikin Pangling!

Jangan Lupa Finishing dengan Setting Spray

Jangan Lupa Finishing dengan Setting Spray via https://www.luxxhealth.com

Selain translucent powder, ternyata ada tips lain untuk kamu si pemilik kulit oily. Yep, setting spray!

Menyemprotkan setting spray ke seluruh wajah dapat menjadi cara terbaik lainnya yang bisa banget kamu coba biar foundation yang kamu pakai tetap stay di wajah kamu. Tapi lagi-lagi nih ladies, kamu juga mesti berhati-hati milih jenis setting spray yang akan kamu pakai.

Pada dasarnya setting spray ada dua jenis, yaitu mattifying dan dewy. Kamu bisa pilih jenis mattifying yang memberikan finishing matte, agar tampilan make up kamu tidak jadi makin berminyak.

Semoga tips ini bermanfaat ya, selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya