Membayangkan bagaimana panasnya suhu udara di Jakarta, rasa-rasanya sudah malas untuk tinggal di sana. Polusi udara sana-sini, akan membahayakan kesehatan keluarga saat tinggal di rumah. Terlebih, apabila cuaca sedang panas-panasnya, serasa ingin terbang langsung ke kutub utara.

Keberadaan pendingin ruang (AC) menjadi hal yang mutlak dihadirkan dalam rumah. Apalagi buat keluarga yang tidak terbiasa dengan kondisi udara panas dalam ruang. Karena itu, wajib hukumnya bagi setiap keluarga memiliki AC. Lebih dari itu, AC hemat listrik kini menjadi kebutuhan wajib mengingat kampanye menghemat listrik yang digencarkan oleh pemerintah.

Nah, kira-kira seperti apa langkah-langkah mudah yang butuh dilakukan setiap keluarga agar mampu memilih AC hemat listrik untuk menghemat energi dan pengeluaran? Langsung simak saja yuk!

1. Prioritaskan AC yang punya daya konsumsi listrik rendah

Wajib Go Green Lah! via https://www.instagram.com

Konsumsi listrik menjadi hal penting pertama yang sebaiknya diperhatikan. Semakin rendah konsumsi listrik oleh AC, maka semakin sedikit energi yang dibutuhkan. Apabila energi yang dibutuhkan sedikit, maka kita bisa membantu kampanye hemat energi yang tentu akan berdampak baik bagi kelangsungan hidup di bumi bagi masa depan anak cucu kita nanti.

2. Pilih AC yang paling banyak digunakan di area lingkungan tempat tinggal

Pasti Lebih Terpercaya! via https://www.instagram.com

Mengapa begitu? Mudah saja. Apabila AC sudah banyak dipakai oleh tetangga-tetangga, maka kualitas dan harga tentu sudah terbukti bagus. Terlebih lagi, kamu bisa bertanya-tanya terlebih dahulu tentang bagaimana perawatannya, di mana suku cadangnya apabila ingin memperbaiki kerusakan, bagaimana pelayanan tokonya, dan banyak keuntungan lain yang bisa kita dapatkan.

3. Selalu perhatikan ketersediaan garansi produk

Berjaga-jaga Itu Perlu! via https://wahanasuperstore.com

Advertisement

Garansi sudah menjadi hal mutlak bagi calon pembeli dalam mempertimbangkan produk. Apabila sebuah produk terdapat garansi, maka rasa aman sudah bisa didapat. Karena itulah, penting sekali untuk memperhatikan ketersediaan garansi produk. Keuntungannya, apabila dalam masa pemaiakan dan masih bergaransi, terjadi kerusakan pada AC di rumah, kita bisa mengajukan garansi kepada pemilik toko.

4. Pilih merk dan tipe yang punya service center terjangkau

Daripada Nanti Repot Sendiri Kan? via https://web.facebook.com

Konsultasi tentang produk, bagaimana cara merawatnya, dan apa yang harus dilakukan apabila terjadi kerusakan, merupakan hal penting lainnya yang sebaiknya dilakukan. Konsultasi paling efektif adalah di service center, sekaligus menanyakan bagaimana pengurusan garansi apabila terjadi kerusakan secara tiba-tiba.

5. Harga AC variatif, pilih yang terjangkau dan berkualitas

Agar Kantong Tidak Jebol! via https://wahanasuperstore.com

Tips klasik yang terus digencarkan ialah membandingkan harga di satu toko dengan toko yang lain. Sebab, di Indonesia masih saja ada teknik banting harga untuk mencari konsumen dalam jumlah banyak. Karena itulah, kita bisa memanfaatkan celah tersebut dengan membanding-bandingkan harga, kualitas, serta fitur yang diberikan oleh satu toko dengan toko yang lainnya.

Advertisement

Itulah tadi sederet tips bagaimana memilih AC hemat listrik yang bagus untuk rumah tangga. Semoga bisa menambah wawasan kamu, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya