Berbagai masalah kulit kerap menerpa wanita pada saat hamil maupun pasca melahirkan. Mulai dari kulit kering berjerawat hingga munculnya flek hitam, entah itu di wajah atau pada bagian tubuh tertentu. Bagi para ibu jangan langsung khawatir, hal tersebut adalah hal normal bagi wanita hamil ataupun baru melahirkan.

Kulit mengalami perubahan seiring dengan pertambahan usia, faktor lingkungan dan juga hormonal. Biasanya faktor hormonal inilah yang banyak dikeluhkan.

Jenis kandungan yang terkandung dalam produk perawatan kulit yang aman bagi ibu hamil dan menyusui masih sangat terbatas, maka para ibu muda harus menjaga kulit agar tetap sehat. Penting bagi para ibu muda untuk melakukan perawatan kulit dan menggunakan produk yang tepat. Berikut langkah mudah untuk merawat kulit ibu hamil agar tetap mempesona:

1. Perhatikan pH sabun pembersih wajahmu dulu, supaya kamu tahu bagaimana efeknya buat kulitmu

Membersihkan kulit wajah

Membersihkan kulit wajah via https://www.jaco.co.id

Cara termudah untuk merawat kulit wajah anda agar tetap bersih adalah dengan rutin mencuci muka paling tidak tiga kali sehari. Gunakan sabun pencuci wajah dengan pH yang sesuai dengan kebutuhan jenis kulit anda. Biasanya sabun yang digunakan mengandung pH 6.5. Saran untuk ibu muda, gunakanlah sabun pencuci wajah nonresidue atau yang memiliki bahan dasar gliserin.

Jika kulit anda termasuk jenis kulit yang kering, sebaiknya anda mencuci wajah dengan pembersih yang lembut dan jangan lupa memakai pelembap. Ini merupakan cara terampuh untuk menjaga wajah agar tetap bersih dan terhindar dari serangan jerawat.

2. Memakai pelembab meski di dalam ruangan itu nggak bisa disepelekan, lho!

menggunakan pelembab

menggunakan pelembab via http://google.com

Advertisement

Baik sebelum, ketika dan sesudah hamil, menggunakan pelembap dan sunblock adalah dua hal yang wajib digunakan. Kadar hormon yang meningkat memicu bertambahnya sel pigmen yang bisa menimbulkan bercak hitam atau noda pada permukaan kulit. Untuk mencegah masalah seperti ini, menggunakan sunblock menjadi jalan keluar terbaik.

Tabir surya yang digunakan setidaknya harus mengandung SPF 30, namun perlu disesuaikan dengan kondisi banyak tidaknya anda akan terkena paparan sinar matahari. Gunakan losion dan krim yang mengandung Parsol 1789 atau Avobenzone yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Kandungan ini menyerap keseluruhan spektrum dari sinar UV.

3. Rutin mengeksfoliasi kulit wajah juga wajib menjadi kegiatan di tiap minggu. Fungsinya, sel-sel kulit mati penyebab penuaan dini bisa terhempas!

Eksfoliasi kulit wajah

Eksfoliasi kulit wajah via http://google.com

Kulit yang bersih tanpa adanya sumbatan adalah permulaan dari kondisi kulit yang sehat tanpa jerawat dan flek itu sebabnya melakukan eksfoliasi kulit (pengelupasan kulit) itu perlu dilakukan. Hal ini bertujuan membersihkan pori-pori pada kulit dari sumbatan. Eksfoliasi dilakukan dengan scrub sebagai pencegahan terjadinya sumbatan. Namun jika kulit anda berjerawta jangan gunakan scrub karena hanya akan memperparah saja.

Advertisement

Gunakan eksfolian yang aman misalkan yang terdapat AH atau alpha hydroxy acid yang aman untuk digunakan oleh ibu hamil atau ibu menyusui.

4. Saat berjerawat, pilihlah obat atau krim jerawat yang nggak mengandung bahan-bahan kimia keras seperti retinoid atau paraben

mengatasi jerawat di wajah

mengatasi jerawat di wajah via http://google.com

Tidak semua obat jerawat atau perawatan kulit aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui, sehingga para ibu harus selektif dalam mengatasi masalah kulit yang satu ini.

Biasanya ada sumbatan pada pori-pori yang menyebabkan para ibu berjerawat, ditambah lagi dengan adanya peningkatan hormone androgen sehingga jerawat lebih massif. Untuk mengobatinya, para ibu harus menggunakan antibiotik topical atau oles.

5. Eits, kebersihan kulit dalam juga wajib kamu perhatikan, ya! Misalnya, bersihkan segera jerawat punggungmu dengan masker atau mandi dua kali sehari

jerawat pada punggung

jerawat pada punggung via http://google.com

Serupa dengan jerawat pada wajah, jerawat pada punggung pun bisa disebabkan oleh keringat atau pakaian. Untuk menangani jerawat pada punggung, berikan obat kocok yang mengandung sulfur. Obat ini aman untuk ibu hamil dan menyusui karena mengandung anti radang, antibakteri dan dapat mengelupas kulit dengan alami.

Semoga membantu, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya