Jika kamu tertarik dengan dunia fotografi makanan. Berikut ini adalah 5 tahap pertama untuk membawa kamu ke dalam perjalanan memotret makanan yang fantastis!

1. Pencahayaan yang Bagus

Fotografi Kuliner

Fotografi Kuliner via http://tokofoto.co

Fotografi makanan, fotografi juga berarti tentang penggunaan cahaya yang baik. Pencahayaan yang baik tidak berarti kamu pergi keluar rumah dan membeli 2 lampu studio, piring cantik, beberapa hiasan dll.

Advertisement

Sebagian besar waktu pencahayaan yang bagus datang secara alami, misalnya menemukan cahaya matahari masuk melalui jendela. Sayangnya bagi mereka yang harus memotret di malam hari, lampu adalah satu-satunya pilihan, tetapi jika kamu dapat memilih lebih baik lakukanlah di siang hari.

2. Props dan Pengaturan

Hal yang paling saya sukai tentang fotografi makanan dibandingkan dengan fotografi pernikahan adalah bahwa makanan tidak pernah seribet model-model hahah.

Mungkin makanan tidak bergerak, hanya diam sebagaimana kita menata letaknya  tetapi kamu masih harus memotretnya. Ambil beberapa potong makanan yang akan kamu foto, tuangkan, ubah dan tambahkan props yang tepat untuk mengubahnya setiap waktu. Pilih props yang sesuai dengan warna dan gaya

3. Perhatian Detil

Advertisement

Seperti yang kita tahu bahwa makanan tidak bergerak, itu tidak berarti kamu dapat bersantai-santai. Mendekatlah, perbesar, ambil beberapa foto, sesuaikan, ambil beberapa lagi, pastikan kamu bekerja dengan cepat.

Ingat untuk membuat makanan menjadi fokus dan gunakan semua yang ada untuk memperindahnya. Saya mendengar beberapa orang mengatakan “ah nanti aja di edit pake Photoshop”, tetapi di mana keterampilan dalam hal itu? 

Jika Anda akan melakukan fotografi makanan, lakukan dengan baik dan lakukan dengan keunggulan. Sekarang itu keterampilanlah yang benar.

4. Peralatan Tempur yang Mumpuni

Food Fotography Camera

Food Fotography Camera via https://twolovesstudio.com

Kamu adalah sebanding dengan alat yang kamu bawa, jadi satu set lensa yang bagus sangat penting. Biasanya lensa 50mm atau 35mm yang baik (f1.8) akan bekerja dengan baik pada SLR entry-level.

Mengambil langkah ke atas, lensa 50mm (f1.4) atau bahkan lensa Makro 100mm sangat cocok untuk makanan.

Mereka seharusnya tidak merusak bank dan biasanya 1 atau 2 pekerjaan harus dengan mudah menutupi biaya (terutama jika kamu pergi dengan 50mm f1.8 (lensa Canon termurah meskipun sedikit plastik)

5. Penataan Makanan

food photography style

food photography style via https://cdn.foodism.co.uk

Memotret makanan dan produk jauh lebih dari sekadar menempatkan piring di atas meja dan mengambil kamera. Jika makanan tidak terlihat menarik dalam gambar, tidak ada yang mau mencobanya.

Seorang penata makanan berpengalaman tahu bagaimana memilih barang yang tepat untuk difoto

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya