“Kalau sudah besar, jadilah seperti Pak Habibie.” Sepanjang jalan berbukit menuju tanah kelahiranmu, dengan semangat Engkau berkisah tentang Habibie, mengagumi beliau melalui cerita dan perjuangannya sebagai anak rantau. Terasa nyaman berada di pundakmu selama 12 jam.

Hari ini Aku tersadar, saat itu betapa Engkau tanpa keluh berkisah selama 12 Jam perjalanan menjemput bahagia yang tak bernilai: Silaturahmi, tentang seorang Profesor penemu sayap pesawat terbang yang lahir dengan kecerdasan yang tak mendua. Hari itu adalah awal tumbuhnya benih seorang petualang 23 tahun kemudian. Seorang petualang yang siap mengejar impianmu yang tertunda.

TANAH RANTAU, TANAH YANG DIJANJIKAN

Semesta seakan mendukung, Engkau mengorbankan waktu dan tenaga demi sebuah cerita buat anakmu yang kini telah beranjak dewasa. Dulu, kita punya cerita, cerita tentang menanti bebek ternak menetas telur di waktu subuh, menagkap ikan Mujair di sawah, atau berburu layangan yang Engkau rakit untukku kala senggang.

Sekarang, Aku juga telah merajut cerita, cerita masa lalu yang Aku rangkai beberapa tahun terakhir. Cerita untuk mereka yang akan beranjak dewasa dan cerita masa kini untuk Engkau: Sebuah cerita bertualang ke Negeri Elizabeth dan menyaksikan “Kick & Rush” Liga Premiere Inggris. Permainan sepakbola yang begitu luar biasa apik, terlebih jika dibandingkan dengan Liga Indonesia. Tidakkah menonton pertandingan sepakbola, juga laku kebiasaan kita setiap akhir pekan, walau menyaksikannya hanya lewat tayangan televisi, dengan antena parabola, dan di rumah seseorang yang Engkau sebut sebagai atasan?

Negeri Ratu Elizabeth II

Wembley menjadi saksi, 7 tahun yang lalu, tepatnya tahun 2011, perkenalanku di usia dini dengan keindahan sepakbola Negeri Ratu Elizabeth II, berbuah foto dari kamera yang engkau hadiahkan. Kebanggaanku: Memajangnya di salah satu sudut rumah, berjejer bersama foto-foto yang lain kala Aku juga berkesempatan berkeliling ke negara-negara Eropa, Amerika Selatan dan Asia.

Ayah, bagi mereka, Engkau mungkin hanyalah seorang teknisi lulusan SMK. Tapi bagiku, Engkaulah teknisi yang mengajariku arti sebuah petualangan, Engkau membimbingku meniti jembatan khayalan tanpa ruang dan batas.

Tak terasa, 10 tahun sudah ruh dan raga ini berkelana di tanah rantau. Secangkir kopi yang pernah kita resapi, rasanya rindu ingin menyeduhnya untuk kita resapi, sembari menikmati indahnya panorama Negeri Ratu Elizabeth. Berdua. Banyak hal yang ingin aku tunjukkan kepadamu.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

1. Pemandangan Spektakuler

Pembrokeshire National Park

Pembrokeshire National Park via http://travenesia.com

Ketika pertama kali mengunjungi pedesaan Inggris tanpa sadar berucap "menawan", "aneh," "cantik," "indah," dan bahkan salah ucap karena rasa takjub. Jangan khawatir Ayah, saya pun terjangkit wabah tersebut awalnya. Semua orang yang pernah berkunjungpun ketularan wabah takjub sampai tidak bisa berkata – kata.

Jika Ayah mencari gambar Google "pedesaan Inggris", layar ponsel Ayah akan meletus dengan tanaman hijau, penginapan pedesaan, dataran rendah yang tertutup lumut, dan ladang yang luas yang saling silang di dinding batu kuno seperti lapisan pada selimut tambal sulam.

2. The History

Saint Davids City

Saint Davids City via http://travenesia.com

Advertisement

Britania Raya terpampang dalam buku sejarah dengan kisah yang sangat panjang dan dramatis. Ribuan ragam budaya dunia lahir dan berkembang di UK, saking banyaknya ayah akan kesulitan mengingat saat mengunjungi beberapa museum dan tempat-tempat bersejarah. Beberapa diantaranya seperti ketakutan dengan masa lalu mengerikan di London Dungeons, berjemur dalam kemegahan royalti di Hampton Court Palace atau mungkin berkunjung ke salah satu kota terkecil dan tertua di Britania Raya, Saint Davids Wales.

3. The famous sights

Big Ben, Menara London, Istana Buckingham, London Eye, dan banyak lagi. Nanti aku ajak ayah merasakan sensasi berkeliling kota London, berkunjung menelusuri sudut kota menggunakan red double-decker bus dan melihat beberapa pemandangan yang sangat terkenal di dunia dari atas dek bus.

4. The People

London Subway

London Subway via http://travenesia.com

London, dan umumnya Britania Raya mungkin tidak memiliki reputasi hebat akan sifat ramah tamah warganya. Warga desa kelahiranmu mungkin lebih ramah. Mereka mungkin terkesan cuek. Namun, mereka memiliki keunikan dan keberagaman gaya hidup. Hal yang paling seru, mereka dengan senang hati bertukar cerita. Mungkin terasa asing tapi hal tersebut adalah hal lumrah di UK ayah, dan itulah hal yang paling menarik tentang warga UK.

5. Abbey Road, Penggemar The Beatles Wajib Menyebrang Disini

Abbey Road

Abbey Road via http://travenesia.com

Advertisement

Ayah kan suka The Beatles, boleh lah kita menyebrang bareng di tempat ini, tempat John Lennon, Paul Mc Cartney, Geroge Harrison dan Ringo Star pernah melakukannya juga.

6. The Football's Atmosphere

Wembley Stadium Park

Wembley Stadium Park via http://travenesia.com

Dulu engkau yang mengenalkanku dengan sepakbola Inggris. Tiap pekan kita selalu menghabiskan malam dengan menonton Manchester United dari balik layar TV. Nah, sekarang giliran saya mengajakmu menyaksikan kemegahan sepakbola "Kick & Rush" langsung dari bangku penonton!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya