6 Hal yang Dapat Menghambat Kesuksesanmu, Yuk Hindari!

Kadang yang menghambat kesuksesan kita adalah diri kita sendiri.

Kadang yang menghambat kesuksesan kita adalah diri kita sendiri.

Definisi sukses setiap orang memang berbeda. Namun pada dasarnya, sukses ialah ketika kita berhasil menggapai apa yang kita inginkan. Meskipun setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk mewujudkannya, setiap kesuksesan tetap membutuhkan proses yang panjang, perjuangan yang tak mudah, kesabaran, serta konsisten.

Namun kamu harus hati-hati, banyak hal yang bisa mencegat langkahmu di tengah jalan. Godaan-godaan tak terduga kerap kali terjadi, bahkan godaan tersebut sering datang dari diri sendiri. Beberaoa di antaranya, adalah enam hal berikut ini.  Apa saja? Yuk kita bahas satu per satu di bawah ini. 

Advertisement

1. Perasaan takut gagal

Jangan takut gagal/Photo by Matt Wildbore via https://unsplash.com

Jangan takut gagal/Photo by Matt Wildbore via https://unsplash.com via https://unsplash.com

Seribu kali gagal akan menyempurnakan kesuksesan yang kamu dambakan.

Kegagalan merupakan salah satu komponen untuk menghasilkan kesuksesan yang manis. Namun, banyak orang mundur lebih awal hanya karena takut gagal. Padahal, hal tersebut cuma keraguan yang justru bisa membuat langkahmu melambat. Coba saja dulu, baru kamu akan tahu hasilnya.

Advertisement

Lagi pula dalam setiap perjalanan, kita pasti akan mencicipi yang namanya kegagalan. Nggak perlu takut, realitanya justru kegagalan tersebutlah yang membantu kita tumbuh lebih baik, lebih kuat, lebih sabar, dan lebih berhati-hati lagi. So, jadikan kegagalan sebagai penguat diri.

2. Tidak berani mengambil risiko

Berani ambil risiko/Photo by Wes Hicks via https://unsplash.com

Berani ambil risiko/Photo by Wes Hicks via https://unsplash.com via https://unsplash.com

Terjebak dalam suatu kondisi, kadang membuat diri kita bimbang. Diam menguras mental, teapi untuk mtelangkah pun nggak berani. Ketika kita memilih atau memutuskan suatu tujuan, sudah pasti ada risikonya masing-masing. Kalau mau sukses, ya harus mau mengambil risiko tersebut. 

Sukses butuh pengorbanan, maka korbankan apa yang perlu kamu korbankan dan lampaui setiap risikonya. Sebab kesuksesan yang akan kamu raih di kemudian hari, bisa membayar lunas semua itu. Kalau ragu terus, kapan kamu akan maju? Kalahkan rasa ragumu dan raih kesuksesan yang telah menunggu. Berani mencoba?

Advertisement

3. Terlalu memikirkan pendapat orang lain

Terlalu memikirkan pendapat orang lain/Photo by Tim Gouw

Terlalu memikirkan pendapat orang lain/Photo by Tim Gouw via https://unsplash.com

Menghadapi tetangga cerewet memang nggak gampang. Apalagi tetangga yang senang membanding-bandingkan, rasanya pasti nggak nyaman. Tidak hanya tetangga, beberapa saudara, teman, ataupun siapa saja yang sering mengomentari hidup kita, percayalah mereka cuma cari hiburan.

Pada akhirnya, orang yang paling bertanggung jawab dalam hidup kita adalah diri kita sendiri. Orang lain hanya bisa berkomentar, selebihnya kita yang memutuskan dan mengatasi setiap permasalahan. Nggak perlu bikin kepala jadi pening dengan mendenga pendapat orang lain, yang penting kamu yakin pada tujuanmu.

Sebaliknya, jadikan setiap pendapat orang lain sebagai dorongan untuk pembuktian diri. Bungkam mulut mereka dengan kesuksesan yang kamu raih.

4. Menutup kritik dan saran

Nggak boleh menutup kritik dan saran/Photo by Anthony Da Cruz

Nggak boleh menutup kritik dan saran/Photo by Anthony Da Cruz via https://unsplash.com

Tidak mendengarkan pendapat orang lain terhadap diri kita memang bagus. Akan tetapi, di sisi lain kamu harus bisa menyaring setiap pendapat yang tertuju padamu. Artinya, ambil pendapat positif yang bisa mendorongmu dan buang pendapat yang bisa menjatuhkanmu.

Orang sukses tidak pernah menutup kritik dan saran, karena kedua elemen tersebut sangat penting untuk membangun diri ke arah yang lebih baik. Terbukalah terhdap kritik dan saran dari orang lain tanpa terlalu kritis memikirkannya, sebab tujuannya membangun bukan menjatuhkan. Semua tergantung cara kita menyikapinya.

5. Tidak belajar dari kesalahan

Jangan mengulangi kesalahan yang sama/Photo by Ben White

Jangan mengulangi kesalahan yang sama/Photo by Ben White via https://unsplash.com

Hindari mengulang kesalahan yang sama, karena hal tersebut dapat menghambatmu menuju sukses. Coba renungkan, jika kita melakukan suatu kesalahan, maka tugas kita adalah memperbaikinya, bukan mengulanginya lagi. Pelajari setiap kesalahan untuk dijadikan cerminan diri.

Kita tahu bahwa kesalahan bisa membuat kita tersungkur jatuh. Apa iya, kamu ingin jatuh dua kali dengan cara yang sama? Coba renungkan!

6. Menyia-nyiakan kesempatan

Berani ambil kesempatan/Photo by Sebastian Herrmann via https://unsplash.com

Berani ambil kesempatan/Photo by Sebastian Herrmann via https://unsplash.com via https://unsplash.com

Dari sepuluh pintu kesempatan, kamu tidak tahu pintu mana yang bisa membawamu menuju kesuksesan. Maka, jajal semua pintu agar kamu tahu.

Kesempatan ibarat hoki, yang datangnya nggak bisa ditebak. Maka, jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan yang tidak akan datang dua kali. Kadang kesempatan datang ketika diri belum siap, teapi coba saja dulu. Kalau gagal, bisa jadi persiapan untuk kesempatan lain.

Ambil setiap kesempatan yang ada, karena kita tidak tahu di kesempatan mana kita akan sukses. Gagal itu hanyalah bagian dari perjalanan, jadi tidak usah ragu untuk mengambil setiap kesempatan yang menghampirimu.

Itu dia enam hal yang dapay menghambat kesuksesanmu. Hindari dari sekarang supaya kamu lebih fokus pada tujuanmu. Oke?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind (Tyler Joseph)

CLOSE