Cadel atau dalam bahasa Inggris disebut rhotacism adalah masalah linguistik yang menyebabkan ketidakmampuan dalam melafalkan bunyi konsonan 'R'. Mungkin tidak akan jadi bencana apabila orang cadel tersebut lahir di China. Fyi, China tidak mengenal bunyi konsonan dan huruf 'R', bahasa China mengganti pelafalan menjadi 'L' untuk kata-kata serapan yang mengandung huruf 'R'. Pun tidak akan menjadi bencana pula apabila si cadel lahir di negara penutur bahasa Inggris karena 'R' ala Inggris umumnya memiliki cara pelafalan 'teredam'.

Tapi karena kebetulan manusia-manusia defisit 'R' ini lahir dan dibesarkan di Indonesia yang mana pelafalan 'R' nya relatif galak, yet again mesti dibaca idzhar! Hal ini membuat si cadel harus menjadi survivor dalam menghadapi kejadian-kejadian ajaib setiap harinya. Kira-kira apa aja sih kejadian-kejadian lucu yang pernah dialami manusia unik ini?

1. Sering diledekin keturunan bule, padahal mah logatny medok banget :")

Bulepotan kali ah!

Bulepotan kali ah! via https://unsplash.com


"Kamu cadel ya? Keturunan bule dong? Coba kamu telusuri nenek moyangmu siapa tahu kamu punya garis keturunan orang yang menemukan benua Amerika"

Advertisement

"Hehe iya, saya emang keponakan tirinya alm. Columbus"


Wagelaseeh… Kesulitan mengucapkan satu bunyi fonetik aja orang-orang banyak yang nyangka si cadel ada keturunan bule! Karena penasaran, kamu pun mulai harus menelusuri garis keturunan leluhurmu menggunakan Ancestry DNA.

2. Sebenarnya belum ada korelasi antara cadel dan kemampuan Bahasa Inggris sih, tapi orang-orang terlanjur percaya kalau si cadel udah pasti jago bahasa Inggris!

In English please~

In English please~ via https://tumblr.com


"Kamu kan cadel ya, coba terjemahkan ke dalam bahasa Inggris kucing pak Lurah kebelet pipis!"


Advertisement

Stereotype ini udah terlanjur melekat di masyarakat kita deh, kalau orang cadel jago berbahasa Inggris! Padahal kamu yakin betul kalau kamu cuma fasih bilang yes dan thank you aja~ Mungkin buat kalian yang cadel dan kebetulan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, kalian sih senang-senang aja dengan stereotype ini, tapi buat si cadel yang tyduck bisa bahasa Inggris hal ini hanya akan menambah drama aja. Tapi akhirnya si cadel bisa tetap lega karena ternyata, somehow dengan ketidakmampuan doi melafalkan R, accent-nya jadi bagus dan terdengar seperti native speaker.

3. Jadi pusat perhatian di manapun, seperti orang melawak padahal mah emang kamu susah ngomong 'R'

Jadi pusat tata surya~

Jadi pusat tata surya~ via https://tumblr.com


*Presentasi di kelas*

"Jadi menulut teoli pembelajaran sosial Albert Bandura, seolang gulu halus menjadi role model yang baik bagi anak………"

"Tunggu, mbak cadel ya?"

Dan seketika, teori radikal tentang waktu berlaku. Semua mahasiswa dari yang tidur, sibuk sama hp nimbrung grup whatsapp padahal selalu diabaikan, ngecek notif instagram padahal cuma difollow akun jual beli followers, semuanya tiba-tiba menghentikan aktivitasnya dan perhatian mereka tertuju padamu. Kzl bat gua:(

*datang ke simposium*

Mbak FO: namanya siapa mbak?

Kamu: Andlian mbak

Mbak FO: Andlian? *mencari daftar nama dengan kekuatan ctrl+f*

Kamu: Andlian mbak!

Mbak FO: Oh okay Anddlian

Kamu: *mulai frustrasi* saya gak jadi ikut simposium mbak! Nggak apa-apa uangnya saya sumbangin buat yang gak mampu.


4. Tiap ngumpul bareng temen pasti dijadikan bahan lelucon dan diajarkan tutorial nyeleneh bin nggak masuk akal

why always me:(

why always me:( via https://hellokpop.com


Teman: Yuk ikutin gua! 1, 2, 3!

RRRRRRRRRRRRRRR TERUS SAMPE LIDAH LU BERGETAR RRRRRR!

Kamu: RRRRRRR *menggeram dari tenggorokan*

Teman: Pokoknya tiap pagi lu makan permen karet sambil salto terus udahnya coba bilang Ular melingkar di pagar rumah Pak Umar serem aku merem kaki keram.


Kapanpun kamu bersama teman-temanmu, ketidakmampuanmu dalam melafalkan bunyi fonetik R selalu saja jadi bahan bercandaan yang tidak ada matinya! Pada momentum ini akan menjadi ajang pamer teman-temanmu karena bisa menyebutkan R dengan panjang dan getar sempurna. Mereka akan semakin heboh lengkap dengan gelak tawa terbahak-bahak karena kamu gagal mengikutinya. Kamu pun diminta untuk kembali ke TK karena tidak bisa melafalkan R. You always being the joker of the group and make their bellies tremble with laughter:(

5. Dari mulai iseng nonton tutorial cara melafalkan R di youtube, browsing pengobatan alternatif buat menyembuhkan cadel sampai akhirnya berkonsultasi dengan dokter di rumah sakit!

Aku mau sembuh:(

Aku mau sembuh:( via https://alodokter.com


Nanti siang ikut gua yuk! gua udah nemuin cenayang di kaki gunung Himalaya yang bisa nyembuhin cadel lu!


Hingga akhirnya setelah berjibaku sekian lama dengan kecadelanmu, kamu merasa lelah karena harus terus menerus mensubstitusi bunyi R menjadi L. Kamu pun memberanikan diri pergi ke rumah sakit dan berkonsultasi dengan dokter THT dan terapis wicara.


Ternyata nih guys, cadel itu disebabkan faktor fisiologis karena adanya perbedaan pada bagian yang bernama frenulum linguae dan faktor psikologis, seperti orang tua yang mengajak bicara dengan gaya dicadel-cadelkan sehingga terbawa sampai si anak dewasa. Kendati demikian, cadel ini sebenarnya memiliki peluang untuk bisa disembuhkan. Hore!


6. Kamu akhirnya sampai pada tahap penerimaan bahwa menjadi cadel itu sebuah anugerah


Eyang Habibie cadel tapi bisa bikin pesawat, aku cadel seenggaknya bisa bikin orang lain ketawa~


I like myself, jadi cadel itu nggak apa-apa :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya