Gaya hidup sehat lagi tren belakangan ini. Terlihat dari semakin banyaknya orang yang beli makanan diet sehat seprerti halnya salad dan lainnya. Pengen ikutan tren hidup sehat, tapi kok rata-rata makanan sehat harganya mahal, ya?

Memang sih, kebanyakan makanan sehat itu mahal harganya, mengingat kandungan nutrisinya yang baik dan penting buat tubuh. Tapi ada juga kok makanan sehat yang harganya murah, padahal nutrisinya hampir sama dengan yang mahal. Pengen tahu apa saja? Berikut daftar makanan sehat versi murah dari versi mahalnya, seperti yang dilansir dari MoneySmart.id.

1. Daging merah yang kaya protein itu bisa kok kamu ganti dengan daging putih aja

daging ayam pengganti daging sapi

daging ayam pengganti daging sapi via https://unsplash.com

Daging putih alias daging ayam memang lebih murah ketimbang daging merah atau daging sapi. Udah gitu, dikutip dari Detik, daging putih nyatanya lebih aman daripada daging merah. Malah, kandungan protein pada daging ayam 5 gram lebih banyak. Harganya pun jauh lebih murah ketimbang daging sapi.

2. Kalau kamu nggak makan daging-dagingan, konsumsi tempe juga sama-sama bernutrisinya kok!

tempe nutrisinya setara daging ayam

tempe nutrisinya setara daging ayam via https://unsplash.com

Advertisement

Meski seringnya dianggap makanan 'ndeso', kandungan nutrisi tempe nggak kalah sama daging-dagingan lo, bahkan lebih tinggi, seperti dikutip dari dari Intisari. Kalau kamu pengen berhemat tapi tetap makan sehat, masukkan tempe dalam daftar belanjaan kamu gih! Beli tempe seharga 10 ribu bisa dibikin lauk yang mengenyangkan.

3. Ikan salmon memang makanan super, tapi kalau kamu nggak punya cukup bujet, makan ikan lokal aja udah!

beli ikan lokal aja yang lebih murah

beli ikan lokal aja yang lebih murah via https://unsplash.com

Ikan lokal seperti ikan kembung nyatanya punya kandungan omega-3 yang lebih tinggi ketimbang ikan salmon lo! Harganya pun cukup bersaing. Harga ikan salmon mencapai 180 ribuan per kilo, sementara ikan kembung cuma 30-40 ribuan aja per kilo.

Selain ikan kembung, jenis ikan laut lain seperti ikan tongkol, kakap, tenggiri atau kerapu juga bisa kamu konsumsi sebagai asupan makanan sehat.

4. Buah pisang yang harganya terjangkau bisa menggantikan buah apel. Kandungan nutrisinya hampir sama!

Ganti buah apel dengan pisang

Ganti buah apel dengan pisang via http://bevcooks.com

Advertisement

Apel dan pisang disebut-sebut sebagai buah terbaik buat sarapan. Sebab, kedua buah ini bisa bikin kenyang lebih lama. Baik apel maupun pisang sama-sama mengandung vitamin B dan C, juga kandungan mineralnya yang tinggi. Cuma harganya aja yang berbeda.

Kamu bisa dapat pisang seharga kurang dari 20 ribuan aja setandannya, sementara buah apel dibanderol sekitar 20-40 ribuan per kilo tergantung jenisnya.

5. Kalau granola terlalu mahal, ganti aja dengan oatmeal

Ganti granola dengan oatmeal

Ganti granola dengan oatmeal via https://www.muscleandfitness.com

Kedua makanan ini pada hakikatnya hampir sama. Sama-sama terbuat dari gandum, bedanya granola ditambah dengan biji-bijian. Granola memang lebih enak sih, tapi nggak ada salahnya kok kalau kamu ganti menu granola dengan oatmeal yang harganya jauh lebih murah. Tapi jangan khawatir, nutrisinya sama-sama baiknya kok.

6. Ganti sarapan yoghurt dengan telur rebus, kalorinya sama besar

sarapan telur rebus aja

sarapan telur rebus aja via https://www.foodnetwork.com

Yoghurt berbentuk krim memang disarankan buat dijadikan sarapan sehat. Biasanya sih dipadukan dengan pisang atau granola. Tapi harganya juga lumayan, yoghurt ukuran 500 ml dibanderol sekitar 30 ribuan. Biasanya bakal habis buat tiga kali makan.

Nah, kalau kamu pengen versi iritnya, bikin aja dua porsi telur rebus tiap kali sarapan. Nutrisi dan kalorinya cukup setara dengan yoghurt kok!

 

Nah, sekarang kamu udah tahu kan kalau makan sehat itu nggak selalu harus bayar mahal. Jadi nggak ada alasan lagi buat menunda hidup sehat dengan makan makanan yang sehat pun terjangkau harganya. Yuk, mulai dari sekarang!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya