Bagi sebagian umat muslim, bulan Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu. Bukan hanya karena kita dapat menabung pahala lebih banyak, guys. Tetapi banyak momen yang sering kali kita rindukan di saat bulan puasa, terlebih lagi momen menyambut bulan ramadhan di saat usia kita masih lucu-lucunya. Yah, walaupun momen-momen tersebut kini sudah tidak dapat kita ulang kembali, tapi nggak ada salahnya kalau kita mencoba mengingat untuk bernostalgia masa-masa lucu kita dalam menjalani bulan ramadha.

So guys, ngaku deh. Apakah ini adalah momen-momen yang kamu rindukan saat menjalani bulan puasa di waktu kamu kecil dulu?

1. Buka tutup pintu kulkas

buka tutup pintu kulkas

buka tutup pintu kulkas via https://www.google.com

Karena rasa lapar dan haus yang tak terbantahkan saat itu, maka tujuan favorit di rumah adalah area dapur dan ruang makan. Meski pun saat itu kita semua tidak makan dan minum. Yah, setidaknya nggak batal kan kalau hanya buka kulkas sambil menikmati hawa dingin yang keluar.

Advertisement

Dan terkadang kalau kita benar-benar nggak tahan, kadang sampai harus menempelkan botol minuman yang dingin ke pipi hanya untuk mendapatkan efek badan kembali sejuk. Ada yang sering gini gak,dulu??

2. Pergi tarawih ramai-ramai

anak-anak tarawih

anak-anak tarawih via https://www.google.com

Bukan rahasia lagi kalau semua masjid penuh dengan orang-orang yang ingin menunaikan shalat Tarawih berjamaah. Tapi, penuhnya kurang lebih hanya 2 minggu nih, guys. Tapi kangen nggak sih sama momen-momen di mana kamu dan teman-teman dekat rumah atau keluarga pergi Tarawih bersama? Bahkan, tarawih dan shalat Ied sering dijadikan sebagai ajang pamer mukena barumu atau sarung barumu. 

3. Rajin tarawih karena tugas wajib minta tanda tangan imam salat dan penceramahnya

minta tanda tangan

minta tanda tangan via https://www.provoke-online.com

Nah kalau yang ini, gak perlu ditanya lagi yah guys. Karena hampir semua sekolah mulai dari tingkatan SD sampai dengan SMA kelas 10 biasanya memberikan agenda Ramadan yang wajib diisi. Biasanya, agenda tersebut harus diisi dengan ceramah yang kamu dengar saat tarawih dan harus dilengkapi dengan tanda tangan penceramah. Nggak heran jika kita suka senyum sendiri ketika melihat anak SD sampai dengan SMA kelas 10 bawa agenda Ramadan saat tarawih.

4. Sengaja nggak sengaja minum air waktu wudhu

Advertisement

Ketika wudhu atau kumur-kumur setelah sikat gigi, adakalanya kita nggak sengaja menelan air dalam mulut. Biasanya ketika kita kecil dulu, momen ini dijadikan kesempatan nakal untuk minum dengan dalih nggak sengaja. Ayo, siapa yang dulu pernah seperti ini? Sama, yang nulis dulu juga hobi banget kayak gini,hehehe.

5. Bantu ibu buat hidangan buka, tapi ujung-ujungnya suka icip seujung jari

icip makanan

icip makanan via https://www.google.com

Siapa dulu pas waktu puasa paling demen banget ke dapur bantuin ibunya nyiapin takjil tapi ujung-ujungnya cuman pengeen nyicipin makanan ataupun takjil dengan istilah “sakdulit aja”? Hayo? Sakdulit memiliki arti yaitu secuil ataupu sedikit aja, yang dipikitnya bisa dibilang seujung kuku aja guys.

Nah, biasanya anak cewek suka banget diminta ibunya untuk membantu di dapur. Mulai dari membuat hidangan, menyiapkan takjil hingga menaruh piring di meja makan. Dan di momen inilah biasanya ketika kta membantu ibu, kita akan mnyempetkan untuk mencicipi rasa dari hidangan ibu walaupun hanya sekedar seujung kuku aja.

6. Semangat Beli Baju Baru

anak-anak beli baju baru

anak-anak beli baju baru via https://www.google.com

Nyatanya, pola pikir “serba baru” nggak hanya datang saat tahun ajaran baru. Menjelang lebaran, kita semangat untuk ikut ayah dan ibu membeli baju baru. Tapi semenjak lagu Dhea Ananda berjudul Baju Baru keluar, sepertinya banyak anak-anak yang mulai berpikir kalau lebaran nggak harus punya baju baru.  Karena sejatinya bukan seberapa baru bajumu tetapi seberapa baru hatimu untuk menjadi seseorang yang lebih dewasa dan lebih bersyukur dalam menjalani hidup. 

Gimana guys, ada yang momen nomer berpa yang paling kamu rindukan dulu? 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya