Sebuah hubungan yang bebas dari pertengkaran, goresan dan pertengkaran? Itu adalah cerita dongeng (walaupun kisah Cinderella dan Prince Charming pun juga punya masalah).

Tentu tidak menyenangkan bertengkar dengan kekasihmu, namun pertengkaran tidak menandakan berakhirnya hubungan anda. Meski tidak semudah memahami materi fisika disekolah, namun dengan memahami pasangan sangatlah penting dalam sebuah hubungan.

Berikut 6 tips ahli untuka membantu membuat para pasangan untuk baikan lagi. Karena setiap hubungan (bahkan yang terbaik dari yang terbaik) memiliki ruang untuk tumbuh. Inilah panduan bagi anda untuk meningkatkan pernikahan atau hubungan jangka panjang anda (mungkin anda akan terkejut seberapa baik tips ini bekerja).

1. Bertengkar, Tanda Hubungan Anda Masih Memiliki Dasar Yang Baik

Bertengkar Boleh, Tapi Jangan Main Fisik

Bertengkar Boleh, Tapi Jangan Main Fisik via https://www.pexels.com


Ketidak pedulian satu sama lain menandakan bahwa perkawinan adalah masalah besar. Sehingga pasangan yang cukup peduli untuk bertengkar berarti mereka masih peduli satu sama lain.


Advertisement

Mungkin kedengarannya kontradiktif, tapi argumen antar pasangan sebenarnya bisa menjadi pertanda bahwa hubungan tersebut masih memiliki dasar yang baik.

Lain kali Anda menemukan diri anda dalam ‘perang kata-kata’ dengan pasangan Anda, jangan menyerah dan pergi. Namun gunakan ‘ketidak sepakatan’ ini sebagai titik temu untuk mencari sebuah resolusi dan baikan lagi.

2. Jika Anda Mencintainya, Biarkan Dia Tumbuh

Hobi Fotografi

Hobi Fotografi via https://www.ginibro.com


Kebanyakan orang berkembang dan berubah seiring bertambahnya usia – tapi hal sering mengejutkan pasangan.


Advertisement

Seringkali kita terikat dalam hubungan dan mengira kita mengenal seseorang dengan baik sehingga kita tidak membiarkan mereka bebas untuk menjadi sesuatu yang lebih dari individu yang sama ketika kita kenal selama ini.

Tapi merangkul perubahan ini bisa sangat bermanfaat bagi suatu hubungan. Jadi jika suami anda ingin main golf atau istri anda ingin kembali ke sekolah untuk gelar yang lain, dorong mereka untuk mengejar minat ini (pasangan anda akan menghargai dukungan anda).

3. Kita yang Pertama

Cinta Sejati

Cinta Sejati via https://www.cantikbijak.com


Jika anda menempatkan pasangan anda terlebih dahulu, dia akan merasa dihargai dan disayangi – sebuah perasaan yang penting untuk pernikahan anda.


Ini berarti sebagai pasangan harus mau saling berkonsultasi, mendiskusikan dan membuat keputusan sebagai pasangan dan tidak menempatkan hubungan lain, anak-anak, atau keluarga besar sebelum hubungan anda.

4. Beri Perhatian, Tunjukan Bahwa Anda Peduli

Ekspresikan Cintamu

Ekspresikan Cintamu via https://www.ginibro.com

Tambahkan beberapa semangat ke dalam sapaan "Halo!". Ketika Anda sudah terpisah dari pasangan anda untuk beberapa lama (bahkan jika itu hanya untuk sebuah hari kerja), menyapanya dengan antusias dan bukan sekadar melirik, bisa menjadi cara yang bagus untuk menunjukkan anda peduli.

Kedengarannya konyol, tapi pikirkan perasaan yang tercipta saat anda memberi mereka beberapa saat perhatian seperti salam khusus anda bisa apa saja dari pelukan sederhana atau gerakan tarian seksi. Maka pulang ke rumah akan lebih manis dari sebelumnya.

5. Jangan Lupakan Katakan "Terima kasih"

Jangan Lupakan Katakan "Terima kasih"

Jangan Lupakan Katakan "Terima kasih" via https://unsplash.com

Jangan lupakan sopan santun anda: Katakan "Terima kasih". Sangat mudah untuk membungkus apa yang pasangan anda lakukan salah dan terlalu sering, kita jadi kehilangan pandangan tentang apa yang mereka lakukan dengan benar.

Setiap malam, biasakan menuliskan tiga hal baik tentang pasangan anda, sesuatu yang menyenangkan yang dia lakukan, sebuah kenangan indah yang anda miliki tentang dia, atau salah satu dari sekian banyak hal baik pada dirinya.

6. Tanyakan 1 Pertanyaan Penting Ini (bagaimana kamu tahu bahwa aku mencintaimu?)

Aku Mencintaimu

Aku Mencintaimu via https://www.kutipkata.com

Dapatkan balasan balik yang bagus. Bahkan jika hubungan anda sudah setua bukit, tidak ada kata terlambat untuk bertanya kepada pasangan anda satu pertanyaan sederhana ini:


Bagaimana kamu tahu bahwa aku mencintaimu?


Dengarkan baik-baik tanggapannya, maka anda akan menemukan tindakan anda yang paling dihargai dan perilaku mana yang harus terus diperbaiki.

7. [bonus] Jangan Pernah Berhenti Mencintainya

seperti sebuah gerak melingkar, cinta tiada ujungnya

seperti sebuah gerak melingkar, cinta tiada ujungnya via https://www.wardayacollege.com

Kelihatannya sederhana dan seperti kata-kata indah, namun apakah kamu mampu untuk tetap menjaga keutuhan hubungan dengan segala kekuatan dan kemamuanmu.


Mampukah kamu untuk terus mencintainya, melewati suka-duka dalam pasang-surut hubungan rumah tangga?


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya