Siapa yang tidak kenal dengan kota Palembang? Kota wong kito galo yang terkenal akan Sungai Musinya yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera. Sungai musi sendiri membelah kota Palembang yang kemudian dikenal menjadi 2 bagian yaitu Ulu dan Ilir. Sungai Musi sendiri memiliki panjang 750KM dan diatasnya terdapat Jembatan yang juga sangat terkenal yaitu Jembata Ampera.

Jembatan Ampera pada awalnya disebut dengan Jembatan Bung Karno sebagai bentuk penghargaan kepada beliau, namun setelah adanya pergolakan politik anti-Soekartno yang sangat kuat nama jembatan itu pun diubah menjadi Jembatan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat). Palembang merupakan ibukota dari provinsi Sumatera Selatan yang memiliki luas wilayah sekitar 369,2 KM2 dan menjadi salah satu kota di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh berbagai macam wistawan baik lokal maupun internasional.

Selain terkenal akan sungai musi dan Jembatan Amperanya, palembang juga sangat terkenal dengan berbagai macam kulinernya seperti salah satunya pempek. Selain pempek sendiri, terdapat berbagai macam kuliner lainnya yang sangat lezat dan juga pastinya tidak akan merogoh kocek yang sangat dalam di kota Wong kito galo ini. Mungkin anda memiliki rencana untuk berlibur ataupun berkunjung ke Palembang namun tidak mengetahui tempat kuliner yang ingin dikunjungi. Oleh karena itu ada beberapa rekomendasi tempat jajan yang lemak nian (sangat enak) dan mungkin bisa menjadi pilihan anda untuk menyantap makanan selagi berada di Kota Palembang. So let’s take a look.

1. Pempek Sentosa

pempek menjadi icon dari kota palembang

pempek menjadi icon dari kota palembang via http://kicaupalembang.com

Pempek sentosa ini terletak di Jalan A Yani Plaju, Palembang. Di sini, selain menjual pempek juga terdapat makanan khas Palembang lainnya seperti Model, Tekwan, dan Lenggang. Tapi tidak hanya itu saja, makanan-makanan umum lainnya seperti nasi goreng, nasi merah, serta mie goreng juga tersedia disini.

Advertisement

Selain itu minuman yang di tawarkan juga sangat beragam, mulai dari jus, minuman hangat, sampai es campur dan juga es kacang merah tersedia di tempat ini. Dari segi harga bisa di bilang tempat ini cukup terjangkau, karena pempek-pempek kecilnya saja dihargai Rp.3000 per pcs dan makanan lainnya di hargai mulai dari Rp.10.000 dan dari segi rasa juga tempat ini tidak kalah nikmat dengan tempat-tempat yang sudah terkenal lainnya.

2. Mie Celor 26 ilir H. syafei

mie celor kuah

mie celor kuah via https://travelingyuk.com

Selain pempek makanan lainnya yang wajib dicoba saat berada di Palembang adalah Mie Celor. Mie celor berarti mie celup maksudnya mie ini dimasak dengan langsung dicelupkan ke air panas lalu ditiriskan. Kemudian disiram dengan kuah kaldu yang kental dan biasanya dihidangkan dengan telur juga toge. Salah satu kedai mie celor yang terkenal di Palembang adalah mie celor 26 ilir H. Syafei yang sudah ada sekitar 50 tahunan silam.

Kedai mie celor ini terletak di Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 2,Pasar 26 Ilir, Palembang makanya banyak orang yang menyebut mie ini dengan sebutan mie celor 26 ilir. Harga mie celor disini juga sangat terjangkau yaitu Rp.18.000 saja dan anda sudah bisa mencicipi kelezatan dari mie celor ini.

3. Mertabak Har (Depan masjid agung)

Advertisement

Ada lagi nih jajanan lemak selanjutnya yaitu Martabak Har. Martabak har sendiri merupakan martabak yang digoreng dengan isi telur ayam/bebek atau juga bisa berisi sayur dan daging yang disajikan dengan kuah kari dengan potongan kentang yang sangat nikmat. Maksud dari kata ‘Har‘ sendiri diambil dari inisial dari nama pemilik usaha martabak ini yaitu Haji Abdul Rozak.

Martabak Har ini sangat terkenal di Palembang karena memang dari segi rasanya berbeda dengan martabak-martabak pada umum lainnya. Martabak ini sudah memiliki banyak cabang namun yang paling terkenal berlokasi tepat di sebrang Masjid Agung Palembang atau dekat dengan air mancur bundaran Masjid Agung. Martabak ini dibandrol dengan harga Rp.18.000 dimana cukup terjangkau untuk dicicipi dengan cita rasa yang tentunya nikmat.

4. Rumah makan Sri Melayu

pindang udang lezat

pindang udang lezat via http://www.cumilebay.com

Untuk anda yang menyukai makanan yang bernama pindang, disini adalah tempat yang cocok untuk menikmati kuliner satu ini. Rumah makan Sri Melayu ini sudah ada sejak tahun 2000 an dan memiliki tempat yang sangat nyaman. Di rumah makan ini selain menyediakan pindang juga terdapat banyak kuliner khas Palembang lainnya yang ditawarkan seperti tempoyak, pepes, hingga hidangan pencuci mulut yaitu srikaya.

Rumah makan Sri Melayu sendiri terletak di Jl. Demang Lebar Daun No. 1 tepatnya di samping istana gubernur Palembang. Harga makanan yang ditawarkan ditempat ini berkisar dari Rp.10.000 – Rp.80.000 namun dengan begitu kita juga akan disuguhkan dengan makanan, pelayanan, serta pemandangan yang memuaskan mata sampai ke perut.

5. Soto abah opan

soto ayam dengan nasi perpaduan yang sangat pas

soto ayam dengan nasi perpaduan yang sangat pas via http://www.ampera.co

Selanjutnya ada soto abah opan yang menjadi salah satu kuliner favorit di Palembang. Mungkin soto bukanlah makanan khas dari Palembang tapi soto abah opan ini sangat terkenal sekali di Palembang. Lokasinya terletak di 24 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang atau tepatnya di belakang Palembang Indah Mall. Hampir setiap hari kedai ini ramai dikunjungi oleh para pengunjung, khususnya pada saat makan siang.

Akan sulit sekali untuk mendapati tempat pada saat-saat jam seperti ini. Selain itu soto abah opan ini tidak dibuka setiap hari jumat dan minggu. Oleh karena itu ada baiknya untuk datang ketempat ini selain hari-hari yang telah disebutkan agar tidak kecewa dengan tutupnya kedai soto ini. Soto abah opan sendiri telah memiliki 2 cabang dan menu yang di tawarkan disini selain soto adalah sop baik ayam, babat, ataupun daging. Namun selain itu juga ada diangan pendamping lainnya seperti telur asin, perkedel, kerupuk dan emping. Harga soto disini juga sanagat terjangkau, mulai dari rp.15.000 saja.

6. Es kacang mamat lapangan hatta

es kacang merah

es kacang merah via http://www.tribunnews.com

Setelah mencicipi hidangan yang pedas, asin dan berat pas sekali rasanya untuk menikmati kuliner manis ini sebagi penutup dari kuliner-kuliner sebelumnya. Es kacang mamat merupakan warung yang menjual es kacang dengan tempat sederhana namun memiliki cita rasa yang sangat nikmat hingga digemari oleh berbagi kalangan pengunjung. Nama tempatnya sendiri diambil dari nama pemilik yaitu H Mamat, namun sebenarnya nama aslinya adalah H Muhammad Toha.

Warung ini terletak di Jalan KB Manggis, Kawasan Lapangan Hatta, Palembang. Sebenarnya kawasan lapangan hatta ini tidak hanya menjual es kacang, disekitarnya juga terdapat makanan-makanan lain seperti tekwan, model, siomay, batargor, mie ayam, juga martabak. Harga jajanan disini pun sangat terjangkau, es kacang mamat sendiri dibandrol dengan harga Rp.15.000 dan rata-rata harga makanan lainnya pun berkisaran Rp.15.000 juga.

Dilansir dari palembang tribunnews es kacang mamat ini ternyata pernah disinggahi oleh berbagi pejabat mulai dari mantan Ketua MPR (alm) Taufik Kiemas, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, bahkan Annisa Pohan (keluarga petinggi negara) yang memesan untuk dikirim ke Amerika. Tidak ada salahnya bukan untuk mencicipi es kacang fenomenal yang satu ini.

Wah gimana nih setelah melihat daftar tempat-tempat kuliner diatas, jadi makin tertarik kah untuk berkunjung ke Palembang? Kalau sudah berkunjung ke tempat-tempat diatas jangan lupa untuk berbagi review ya. Tunggu juga informasi-informasi menarik lainnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya