Semua orang tahu menabung itu penting. Tapi praktiknya memang sulit bukan main. Apalagi kalau kita masih punya kebiasaan boros dalam hal keuangan. Ditambah lagi dengan biaya kebutuhan yang meningkat, atau punya utang dan cicilan-cicilan yang belum terbayar. Rencana menabung bakal jadi rencana aja, susah diwujudkannya.

Tapi jangan sedih, kamu masih bisa mengurangi sifat boros dan mulai membiasakan diri untuk menabung. Financial Planner dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andi Nugroho, seperti dikutip dari MoneySmart.id, mengatakan bahwa awal tahun adalah saat yang tepat untuk melakukan evaluasi bagi si boros. Kalau kamu termasuk, yuk simak triknya!

1. Mengevaluasi keuanganmu di tahun lalu dan bikin resolusi yang masuk akal

Mengevaluasi keuanganmu di tahun lalu dan bikin resolusi yang masuk akal

Mengevaluasi keuanganmu di tahun lalu dan bikin resolusi yang masuk akal via https://unsplash.com

Yang pertama kali harus dilakukan adalah evaluasi dulu resolusi keuangan tahun lalu, sudah tercapai apa belum. Kalau belum, cari tahu posisi udah sampai mana, tentukan apakah bakal diteruskana atau berhenti. Setelah itu baru dicanangkan apa resolusi tahun ini dan bagaimana cara mencapainya.

Advertisement

Kalau masih bingung, paling nggak targetkan untuk melunasi utang dan cicilan. Lalu mulailah menabung. Dibikin simpel dan masuk akal aja.

2. Harus disiplin ngatur keuangan

Disiplin Kuat Mengatur Keuangan

Disiplin Kuat Mengatur Keuangan via https://unsplash.com

Agar rencanamu itu bisa dijalankan, tentu kamu butuh yang namanya kedisiplinan. Emang nggak gampang sih, tapi mau nggak mau harus dipaksakan biar kelak disiplin mengatur uang itu jadi kebiasaan dan perilakumu ke depan.

3. Coba pakai sistem menabung autodebet

Autodebet

Autodebet via https://unsplash.com

Kalau kamu sendiri sulit menyisihkan uang untuk ditabung alias bocor lagi bocor lagi, coba deh minta fasilitas autodebet dari bank tempatmu menyimpan uang atau menerima gaji. Nah, kalau pakai sistem di mana bank akan memotong uangmu secara otomatis setiap bulannya, harapannya kamu akan mulai terbiasa dan disiplin untuk mengelola keuangan dengan menabung.

4. Atau pakai rekening tabungan dengan tanpa ATM. Biar kamu nggak bolak-balik ambil duit melulu

Tanpa ATM

Tanpa ATM via https://unsplash.com

Advertisement

Kalau kamu merasa keberatan pakai sistem autodebet, gimana kalau pakai rekening tabungan yang nggak ada pilihan untuk penarikan uang di ATM? Kalau udah gini, uang yang disimpan dalam rekening tabungan nggak bakal terus-terusan dipakai karena kamu sendiri pun malas ngambil langsung ke bank.

5. Mulai investasi, yuk!

Mulai Melakukan Investasi

Mulai Melakukan Investasi via https://unsplash.com

Jangan mikir berat dulu. Investasi juga bisa kok dipraktikkan olehmu yang masih muda. Pilih investasi yang sesuai minat dan keinginanmu. Tapi juga pilih jenis investasi yang dianggap paling tepat, mulai dari tabungan emas, reksadana, hingga pasar saham.

Kalau masih belum bisa juga, nggak masalah kok kalau investasi dijakian sebagai targetmu. Paling nggak biar kamu lebih giat lagi menabungnya. Paling nggak mengubah kebiasaannya dulu aja.

6. Pakai jasa perencana keuangan yang tepat untuk mengendalikan difat borosmu

Perencana Keuangan

Perencana Keuangan via https://unsplash.com

Kalau kamu merasa nggak sanggup mengatasi sifat borosmu sendiri, pilihan lain adalah dengan menggunakan jasa perecana keuangan. Perencana keuangan ini akan membantumu untuk mengendalikan kebiasaan borosmu perlahan. Kamu bakal dibimbing untuk membiasakan diri mengatur keuangan dengan baik dan pada akhirnya diarahkan buat menabung. Kayak kalau kamu sakit terus pergi ke dokter dan dikasih nasihat gitu deh!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya