Narescamp atau National Research Camp merupakan sebuah kompetisi penelitian berbasis pengabdian mahasiswa tingkat nasional yang diselenggarakan oleh UKM Penelitian Universitas Negeri Semarang. Tahun ini, Narescamp sudah memasuki penyelenggaraannya di tahun ke-3.

Penyelenggaraan Narescamp pada tahun 2016 ini berlokasi di Dusun Pabelan, Kota Magelang, Jawa Tengah. Narescamp ini berbeda dengan beberapa kompetisi tingkat mahasiswa lainnya, perbedaan ini lah yang membuatmu yang masih aktif sebagai mahasiswa harus mencoba mengikuti kompetisi ini, apa saja itu, kita simak 7 alasan kenapa kamu harus ikut narescamp:

1. Mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi langsung ke masyarakat.

Dokumentasi Pribadi via http://narescamp.ukmpunnes.com

Kuliah tak hanya tentang duduk dan mendengarkan dosen saja. Belajar di kampus lain, dari orang lain dan mengaplikasikan ilmu yang kita miliki di masyarakat juga merupakan sebuah pelajaran yang tak kalah berharga dari sekadar duduk di bangku perkuliahan. Di Narescamp kamu akan merasakan bagaimana membaur di masyarakat, bersosialisasi, makan bersama, atau bahkan menginap bersama masyarakat sehingga bisa merasakan dan menemukan keluarga kedua di Desa Narescamp ini.

2. Idemu tidak hanya berhenti di tulisan, tapi bisa langsung teraplikasikan untuk masyarakat.

Dokumentasi Pribadi via http://narescamp.ukmpunnes.com

Ketika lomba untuk mahasiswa semacam lomba Essay, LKTI dan sebagainya membuat tulisanmu berhenti di hadapan dewan juri. Di Narescamp ini, selain presentasi di depan dewan juri, idemu juga bisa langsung teraplikasikan langsung ke masyarakat. Karena proposal penelitian, pendidikan atau pengabdian yang kamu tulis nantinya harus teraplikasikan di masyarakan dalam 1 hari bersama 10 finalis lainnya. Seperti membuat pelatihan pembuatan sirup terong belanda, pelatihan hidup bersih dan sehat bagi warga setempat atau memberikan pendidikan karakter bagi siswa SD setempat. Maka dari itu, idemu tak hanya berhenti di lembaran kertas, namun bisa langsung terwujudkan ke masyarakat yang harapannya bisa langsung memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

3. Menikmati wisata budaya Candi Borobudur yang telah mendunia.

Advertisement

Siapa yang tak kenal Candi Borobudur, salah satu candi warisan dunia yang dalam pemugarannya banyak mendapat bantuan dari UNESCO ini pernah menjadi bagian dari 7 keajaiban dunia. Candi ini terkenal juga dengan salah satu mitos yang menyebutkan jika kamu bisa memegang tangan patung budha yang sedang bertapa maka keinginanmu bisa terkabul.

Selain itu, di Desa Pabelan ini kamu bisa bernostalgia dengan film Ketika Cinta Bertasbih 2 karena di Pesantren Desa Pabelan ini merupakan salah satu lokasi syuting film ini. Di pesantren ini santrinya berasal dari berbagai kota di jawa tengah yang bisa kamu jadikan sebagai objek untuk mengabdi, meneliti atau mendidik disini.

4. Raih kesempatan memenangkan hadiah jutaan rupiah, menambah CV dan batu loncatan untuk mengikuti konferensi.

Dokumentasi Pribadi via http://narescamp.ukmpunnes.com

Dengan mengikuti Narescamp ini, banyak pengalaman yang akan kamu dapatkan seperti memenangkan hadiah jutaan rupiah yang bisa menambah uang jajanmu. Menambah CV yang akan sangat bermanaat untuk masa depanmu serta yang paling spesial yaitu ide yang kamu aplikasikan di Narescamp hasil Mini Penelitian, pendidikan atau pengabdian yang telah kamu aplikasikan di desa tersebut bisa kamu submit ulang ke konferensi atau bahkan dijurnalkan. Maka dengan ini kamu akan naik level dari menjadi mahasiswa biasa-biasa saja menjadi mahasiswa luar biasa.

5. Ide paling aplikatif dipastikan lolos menjadi finalis!

Dokumentasi Pribadi via http://narescamp.ukmpunnes.com

Advertisement

Mencari rujukan mengenai pengembangan ide untuk masyarakat memanglah penting. Namun di Narescamp yang benar-benar perlu kamu pahami adalah mengenai permasalahan yang ada di desa yang ditunjuk serta apa solusi yang paling tepat untuk desa tersebut. Makanya kamu harus benar-benar paham mengenai desa yang ditunjuk melalui video teaser di youtube yang telah dibuat panitia ataupun penjabaran keterangan desa yang telah ditulis di panduan peserta. Karena sehebat apapun ide yang kamu tulis apabila tidak realistis untuk diwujudkan atau tidak sesuai dengan apa yang diperlukan oleh warga sekitar maka idemu akan menjadi sia-sia belaka.

6. Berkenalan dengan kawan-kawan dari Universitas lain serta bisa berlatih mendekatkan diri dengan masyarakat desa.

Dokumentasi Pribadi via http://narescamp.ukmpunnes.com

Sudah menjadi hal yang umum dan wajar ketika mengikuti kompetisi mahasiswa tingkat nasional menjadikanmu bertemu dengan kawan-kawan sepemikiran dari berbagai Universitas lain. Akan bisa menjadi pengalaman yang luar biasa karena sudah bisa dipastikan hanya mahasiswa yang hebat dan peduli dengan perkembangan masyarakat desa lah yang ada di Narescamp ini.

Selain itu, dengan mengaplikasikan idemu langsung ke masyarakat akan mengasah kemampuan kita bersosialisasi dengan masyarakat dan beradaptasi dengan lingkungan baru.

7. Mengetahui potensi Desa Pabelan yang punya banyak hasil kerajinan tangan yang mendunia.

Dokumentasi Pribadi via http://narescamp.ukmpunnes.com

Desa kecil di daerah kawasan Candi Borobudur ini merupakan salah satu desa yang menyimpan berbagai potensi yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Diantaranya banyak pengrajin bambu, gasingan, pengrajin patung, sapu rayung, banyak anak-anak, karang taruna serta orang tua yang senantiasa membutuhkan ilmu-ilmu baru dari para mahasiswa terbaik Indonesia. Selain itu, warga yang sangat ramah dan baik terhadadap pendatang menjadikan salah satu alasan bagi kami untuk memilih Desa Pabelan menjadi lokasi pelaksanaan Narescamp 2016

So, buat kamu yang merasa berhutang tengan rakyat Indonesia (Karena biaya pendidikan kita sebagian besar di subsidi oleh masyarakat dari pajak yang dialokasikan untuk dana penidikan) dan peduli dengan perkembangan masyarakat desa buruan kirimkan ide terbaikmu untuk menjadi solusi. Panduan dan formulir Narescamp 2016 bisa diunduh di narescamp(dot)ukmpunnes(dot)com.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya