Menjadi mahasiswa sambil kerja adalah suatu pilihat yang sulit bagi sebagian orang, bagaimana tidak, membayangkan mereka yang kuliah saja sudah banyak menguras tenaga dengan banyaknya tugas kuliah, belum lagi yang sedang mengerjakan skripsi, revisi tiap hari, permasalahan dosen pembimbing yang sulit ditemui, dan permasalahan diluar kampus yang semakin menambah beban, belum permasalahan hati, cinta dalam diam yang tak kunjung berbicara, kasih tak sampai, ditinggal nikah sang mantan dan masalah-masalah lain yang siap menjadi ujian bagi mereka yang memang menjadi masa-masanya. Perlu banyak extra fokus untuk menyelesaikan kuliah. Bagi sebagaian orang bahkan menganggap tak mungkin bisa fokus bila dua aktivitas ini dijalankan melihat banyaknya masalah yang akan dihadapi, salah satu harus ada yang kalah apakah kuliahnya ataukah kerjanya. Tapi mereka yang telah memutuskan untuk kuliah sambil kerja sudah tak asing dengan persoalan-persoalan diatas. Mereka justru semakin menunjukan bahawa mereka memang benar-benar manusia strong dan bermental baja

1. Meninggalkan hobbi sesaat demi ilmu dan masa depan menjadikan ia terlihat manusia yang tanpa beban

meluangkan waktu via https://twitter.com

Besok nonton yuukk..?

maaf fer, saya harus berangkat kerja 😉

Disaat banyak mahasiswa yang sibuk dengan acara kepuncak bersama teman-teman seprofesi, shopping mencari pakaian yang pas untuk dibawa kekampus, mereka yang kuliah sambil kerja justru tetap fokus pada profesinya, tak gentar menolak ajakan nonton bareng teman-temannya, mereka lebih memilih tetap fokus ketika sedang bekerja dan tetap konsisten mengerjakan tugas-tugas kuliah dengan hanya ditemani alunan lagu sederhana dan secangkir susu hangat campur madu dan novel kesukaannya disamping meja seakan nikmatnya sudah terpuaskan.

2. Aktivitas yang semakin banyak tak memudarkan semangat pantang menyerah dan tetap bekerja keras

Advertisement

Senin presentasi laporan keuangan

Siap bos..!

Ketika deadline pekerjaan yang harus terselesaikan pada akhir pekan dan ketika tugas kuliah akuntansi yang juga harus dikumpulkan, seakan mereka menjelma bagaikan singa siap untuk menerkam semua aktivitas pekerjaan dan segala tugas perkuliahan agar terselesaikan tanpa menimbulkan beban.

3. Tanpa perlu mengeluh menandakan mereka patut disebut manusia bermental baja yang tak mudah bermanja-manja

Kamu tiap hari kerja kuliah emang nggak capek.?

kalau capek ya Istirahat. 🙂

Advertisement

Melihat teman-teman sekelas yang sibuk memanfaatkan waktu luang sepulang kuliah dengan beristirahat, berjalan dengan pasangan, justru mereka memulai fokus kembali menyiapkan tenaga buat menghadapi pekerjaan yang telah menanti untuk diselesaikan. Baginya dengan mengeluhkan keadaan justru malah merugikan waktu dan peluang.

4. Percaya pada kemampuan diri dan tidak meminta bantuan orang lain menandakan kedewasaan dan kemandiriannya semakin matang

Ibu : Perlu kiriman nggak ?

Fatimah : nggak bu, udah ada kok.

Akhir bulan adalah masa-masa dimana kebanyakan mahasiswa mulai kehabisan amunisi untuk berperang melawan keringnya pluru-pluru didompet dengan mengandalkan kiriman dari keluarga, mereka yang kuliah sambil kerja justru tetap menikmati penghasilan tanpa meminta bantuan orang lain. Hebat!

5. Rutinitas kuliah dan kerja tak menghambat mereka untuk konsisten menjaga kesehatan

Sebelum kerja jangan lupa sarapan dulu ya.?

Sudah disiapkan kok. 🙂

Memiliki banyak aktivitas dan tak jarang jadwal yang saling berbenturan, membuatnya semakin peduli dengan kesehatan. Karena baginya kesehatan jauh lebih penting ketimbang hanya sekedar bersenang-senang

6. Selain pintar dalam menjaga kesehatan, mereka pintar pula dalam memanajemen waktu

manajemen waktu via http://bacayuck.com

kamu kayak robot yah.., gerak terus nggak ada berhentinya.?

nggak lah, kan udah ada jadwal isirahatnya. 🙂

Kuliah sambil kerja bukan berarti menghambat hobbi yang mereka miliki, dengan rutinitas yang padat, memanfaatkan waktu disela-sela pekerjaan dengan membaca novel Islami, dan sesekali membales chat-chat dari teman dan saudara, menjadi kelebihan tersendiri dalam menghilangkan kepenatan yang semakin membebani pikiran.

7. Mengatur finasial menjadi prioritas yang tak perlu lagi diragukan

Kenapa sih kamu milih kuliah sambil kerja? nggak keganggu kuliahnya?

kan untuk masadepan. 😉

Membahagiakan orang tua dan keluarga yang dicinta tak perlu menunggu kuliah selesai, dan bahkan banyak sebagian orang yang justru masih kesulitan mendapatkan pekerjaan ketika sudah lulus, mereka yang kuliah sambil kerja cukup membuktikan bisa membiayai kuliah sendiri dan bisa ikut membantu beban finalsial orang tua membuat merak tak perlu khawatir dengan masadepan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya