Indonesia

Sudah beberapa hari berlalu film Dilan 1990 yang tayang 25 Januarti 2018 masih membuat "Demam Dilan" merajalela terutama cewek-cewek yang dibuat baper dari novel sampai diwujudkan menjadi film. Dan memang film Dilan ini memiliki paket yang lengkap untuk para millenial walaupun setting-an film tersebut kembali ke tahun 1990, banyak sekali hal unik yang bisa diambil dari film tersebut dan sudah dirangkum sebagai berikut:

1. Menggunakan Bahasa Indonesia Yang Baku

Dilan 1990 via https://twitter.com

Memang sih akan terdengar aneh, tapi bukannya lebih baik untuk menggunakan bahas indonesia yang baik dan benar. Malah dengan kamu mulai menggunakan Bahasa Indonesia yang benar, kamu dapat melatih diri kamu untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Dengar Dilan berbicara pake Bahasa Indonesia yang baku jadi terasa unik dan menggemaskan bukan?

2. Lebih Puitis

Dilan 1990 via https://klikharry.com

Terkadang banyak orang yang akan mengecap kita sebagai orang aneh di zaman yang sudah modern ini yang lebih banyak menggunakan bahasa gabungan dari bahasa asing, ya mungkin bahasa puitis sudah diartikan sebagai gombalan belaka. Coba deh pikirin positifnya, bisa saja dengan kata-kata puitis kamu itu dapat menghasilkan sebuah karya misalnya puisi, lagu atau novel. Cewek mana yang tidak ikut meleleh waktu Dilan mengucapkan kata-kata puitis dengan cara yang berbeda ke Milea, jadi ikut senyum-senyum sendirikan pastinya.

3. Trend Jaket Jeans

Dilan 1990 via https://www.viva.co.id

Advertisement

Memang di Indonesia bisa dikatakan beriklim tropis, tapi memakai jaket pada zaman sekarang bukan untuk alasan menghindari cuaca dingin lagi tapi lebih ke fashion. Dimana fashion itu dapat mewakili jati diri kamu, liat deh Dilan terlihat sangat keren dengan jaket jeans berkerah cream dengan patch bendera Amerika yang sengaja dipasang terbalik. Ikbaal yang berperan sebagai Dilan terlihat garang dan sangat manis sekaligus.

4. Memberikan Hadiah yang Tidak Terpikirkan

Zaman sekarang pasti sudah bosan bukan dengan hadiah yang itu-itu saja, seperti jam tangan, boneka, baju atau pun tas. Hadiah itu tidak selalu identik dengan sesuatu yang mahal atau bahkan branded, coba deh kamu pikir sebenarnya banyak hal yang bisa kamu hadiahkan seperti halnya Dilan yang memberikan hadiah ulang tahun Milea sebuah buku TTS yang sudah diisi. Alasannya lucu agar Milea tidak perlu pusing untuk mengisinya.

5. Think Out Of The Box

Memang tidak semua orang dianugrahi dengan ide yang berlimpah tapi dengan peka terhadap lingkungan kamu bisa mendapat banyak inspirasi, memang akan ada orang yang menganggap kamu aneh namun dengan keanehan kamu tersebut kamu akan lebih mudah untuk diingat.

Advertisement

Masih ingat bukan, saat pertama kali Dilan bertemu dengan Milea dan berusaha untuk meramalnya, saat Dilan datang kerumah Milea mengaku sebagai utusan kantin, atau pada saat Dilan mengirimkan coklat melalui tukang koran dan saat Dilan mengirimkan Bi Asih untuk memijat Milea yang sedang sakit. Simple but, so sweet !!

6. Hargai Orang Jika Ingin Dihagai

Jika kita ingin dihargai kita juga harus menghargai orang lain, itu adalah timbal balik antar sesama manusia. Itu pun yang ditunjukkan didalam film Dilan ketika Pak Suripto mulai bersikap kasar terhadap Dilan,

“Aku bukan melawan guru, Bu. Aku melawan Suripto.”

“Ibuku juga guru, kakakku juga guru.”

“Hormatilah orang lain kalau ingin dihormati”

“Siapa pun dia, biar guru juga, kalau nggak menghargai orang lain, nggak akan dihargai.”

Ini yang membuat Dilan jadi sosok yang pemberontak, bukan jagoan tapi untuk membela dirinya. Unik banget emang si Dilan ini.

7. Hal Sederhana Terasa Special

Hal sederhana memang akan terasa sangat special jika didasari dari ketulusan begitu pun yang Dilan tunjukkan pada Milea, dari bagaimana Dilan memperlakukan Milea dan dari bagaimana cara Dilan berbicara dengan Milea. Memang terlihat sangat sederhana dan penuh dengan ketulusan membuat Milea jatuh hati kepada Dilan, walaupun Milea tau Dilan adalah anggota geng motor.

Hal sederhana seperti membelah kerupuk untuk setengahnya dibawa pulang, pada saat Dilan bertanya pada Ibu-ibu yang mengantri di telfon umum dan mengganti sebuah nama jalan menjadi nama Milea.

Duh… Dilan…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya