Akhir bulan Oktober, tepatnya tanggal 31 Oktober, merupakan waktu yang erat kaitannya dengan suatu perayaan yang terkesan menyeramkan, dan ikonik sekali dengan kostum-kostum seram ala monster dan zombie, yakni Halloween.

Halloween, adalah sebuah perayaan yang dilakukan oleh para kaum atheis dengan ritual-ritual pemujaan setan. Menurut cerita zaman dulu, Halloween berkaitan dengan Samhain atau perayaan hari kafir kuno, yang banyak dirayakan oleh para kaum Kelt di Irlandia. Kemudian perayaan tersebut semakin banyak ditiru oleh mayoritas pemeluk agama Kristen dan menjadi agenda tahunan sebelum menyambut perayaan Natal yang biasanya dirayakan di bulan Desember.

Kepanjangan dari Halloween sendiri sebenernya berasal dari All Hallow’s Evening yang berarti perayaan malam para kudus. Awal penggunaan sebutan Halloween ini bermula di tahun 1785 yang sering dikaitkan dengan perayaan romawi kuno atau perayaan orang mati yang juga yang disebut parentalia. Selain itu, Halloween juga dikaitkan dengan kaum Pagan yang berasal dari kebudayaan Irlandia kuno. Menurut kepercayaan kaum Kelt yang ada pada buku The World Book Encyclopedia, pada masa Samhain, orang mati bisa berada di antara orang-orang yang masih hidup.

Halloween selalu diidentikkan dengan hal-hal yang seram. Berikut adalah hal-hal yang selalu ada ketika Halloween.

1. Labu

publicdomainpictures.net via https://www.google.com.ua

Sebenarnya, ada pergeseran budaya tentang penggunaan labu di malam perayaan Halloween. Dulunya, orang menggunakan lobak ungu yang diisi dengan lilin dan diberikan kepada mereka yang ditinggalkan anggota keluarganya yang sudah mati. Ini adalah suatu benda simbolik, yang berarti jiwa yang terperangkap dalam api penyucian dan berguna untuk mengusir roh-roh jahat. Namun, karena sulitnya mendapatkan lobak ungu, maka digantilah dengan labu.

Jack O’ Lantern atau labu berisi lilin yang biasanya diukir semacam gambar wajah ini adalah simbol yang pasti ada di setiap malam Halloween. Benda tersebut adalah benda ikonik yang wajib ada di setiap halaman rumah bagi mereka yang merayakan Halloween. Hal ini mempunyai arti yang terbalik dengan maksud aslinya ketika diukir menyerupai wajah seram, yang berarti jiwa yang mati.

2. Kostum Seram

handluggageonly.co.uk via https://www.google.com.ua

Advertisement

Hal yang wajib ada di perayaan Halloween lainnya adalah kostum-kostum menyeramkan seperti kostum monster, zombie, atau karakter-karakter menyeramkan yang ada dalam suatu dongeng klasik. Namun, sekarang ini, kostum menyeramkan yang digunakan di Halloween lebih mengikuti zaman, di mana banyak yang menggunakan karakter-karakter seram yang ada di film horor. Pasalnya, menurut isi buku Halloween an American Holiday an American History di Eropa pada abad pertengahan, pemimpin agama Katolik mengadopsi kebiasaan kaum kafir. Kaum kafir disini berarti kaum pemuja setan atau satanic yang tidak percaya tuhan maupun adanya agama.

Para pemimpin ini menyuruh para pengikutnya untuk pergi ke rumah-rumah tetangga dengan mengenakan kostum menyeramkan untuk meminta hadiah. Hal ini bertolak belakang dengan kebiasaan orang Kristen di zaman kuno yang meminta imbalan ke rumah-rumah karena sudah mendoakan para orang yang sudah mati.

3. Trick or Threat

wonderpolis.org via https://www.google.com.ua

Sebuah kalimat yang berarti trik atau tipuan ini, biasa terlontar dari mereka yang datang ke rumah-rumah untuk meminta hadiah, atau jika tidak mereka akan mengerjai si pemilik rumah. Si pemilik rumah bisa bebas memberikan hadiah apa saja untuk mereka yang datang seperti makanan ringan, permen atau hadiah-hadiah kecil lainnya.

4. Make Up Seram

selectmyspace.com via https://www.google.com.ua

Menggunakan kostum saja tidak lengkap jika belum memakai sebuah make up yang mendukung penampilan menyeramkan dalam malam perayaan Halloween. Biasanya, mereka menggunakan make up untuk menggambar karakter tengkorak, atau bekas sayatan yang menyeramkan, seperti yang ada pada wajah monster, zombie, atau jubah hitam yang digunakan pada umumya.

5. Makanan dan Minuman

thealisonshow.com via https://www.google.com.ua

Selain itu, juga ada semacam jamuan makanan dan minuman bagi mereka yang merayakan malam Halloween. Semuanya berkaitan pada roh-roh jahat, padahal menurut ajaran agama apa pun tidak dibenarkan untuk merayakan apa yang menjadi kesenangan bagi roh-roh jahat atau yang setan. Khususnya bagi mereka kaum Katolik dan Kristen yang merayakan Halloween.

6. Pernak-pernik Seram

residencestyle.com via https://www.google.com.ua

Agar membuat suasana lebih seram, biasanya dipasang pernak-pernik yang mempunyai kesan seram seperti tulang, tengkorak, jaring laba-laba, lukisan-lukisan seram, dan aksesoris yang terlihat seperti darah, lilin, garpu jerami, dan orang-orangan sawah atau scarecrow. Biasanya, aksesoris tersebut dijadikan sebagai dekorasi ruangan agar lebih memberi kesan malam Hallowen kepada mereka yang datang ke rumah atau sebuah lokasi.

7. Permen

childrenscolorado.org via https://www.childrenscolorado.org

Ini adalah hadiah kecil yang paling sering diberikan kepada anak-anak kecil yang datang ke rumah-rumah dengan menggunakan kostum seram dan mengucapkan trick or threat. Anak-anak kecil sangat senang menerimanya. Walaupun sekarang ini tidak harus juga datang ke rumah-rumah, tapi bisa dilakukan di sebuah pesta perayaan di sebuah lokasi. Sifatnya hanyasebagai formalitas saja.

Yup! itulah dia tujuh hal yang pasti ada di perayaan Halloween. Apa kamu ikutan juga?