7 Ide Desain Interior Dapur untuk Kaum Milenial

Inspirasi dekorasi dapur kesukaan kamu dari generasi milenial

Di manakah tempat keluarga kamu biasa berkumpul dalam rumah? Selain di ruang keluarga, dapur menjadi salah satu tempat favorit untuk bercengkrama bersama anggota keluarga. Nah, mempunyai dapur yang sesuai dengan karakter diri tentunya menjadi impian semua orang, termasuk kaum milenial. Berikut ini inspirasi desain dapur minimalis yang cocok dengan karakter kaum milenial yang menyukai kepraktisan, gaya hidup urban, serta gemar mengikuti kemajuan teknologi dan komunikasi.

1. Dapur sekaligus ruang makan

Dapur sekaligus ruang makan di Sutorejo House, Karya: Das Quadrat

Dapur sekaligus ruang makan di Sutorejo House, Karya: Das Quadrat via https://www.arsitag.com

Kepraktisan di dapur untuk kaum milenial dapat menggabungkan fungsi dapur dan ruang makan. Seperti pada foto inspirasi di atas, sebuah meja makan minimalis bisa ditambahkan di tengah-tengah area dapur. Tak hanya berfungsi sebagai meja makan saja, anggota keluarga bisa memanfaatkannya untuk sekedar menikmati minuman hangat sembari berbincang-bincang dengan anggota keluarga lainnya yang sedang menyiapkan menu makanan. Bikin kegiatan memasak menjadi semakin menyenangkan, ya?

2. Lemari dapur putih untuk kesan minimalis yang kuat

Lemari dapur putih di Nangka Residence, Karya: Ruang Komunal

Lemari dapur putih di Nangka Residence, Karya: Ruang Komunal via https://www.arsitag.com

Advertisement

Area dapur yang sempit bukan halangan untuk menciptakan dapur minimalis. Pada inspirasi desain dapur minimalis ini, kesan minimalis yang kuat dihadirkan dengan kabinet atau lemari-lemari penyimpanan di dapur yang berwarna putih. Kabinet diletakkan memenuhi satu sisi dinding untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan barang. Pilihan warna putih pada kabinet ini tak hanya memberi kesan bersih, tetapi juga membuat area dapur tampak lebih luas.

3. Dominasi putih abu-abu dan peralatan dapur modern

Dominasi putih abu-abu pada dapur di V Kicthen, Karya: Arkitekt.id

Dominasi putih abu-abu pada dapur di V Kicthen, Karya: Arkitekt.id via https://www.arsitag.com

Kaum milenial tentu sangat terbantu dengan teknologi peralatan dapur yang semakin maju. Selain itu, penggunaan peralatan-peralatan dapur yang modern membuat dapur lebih rapi dan bersih seperti tampak pada inspirasi dapur milenial ini. Sementara dominasi warna putih dan abu-abu membuat dapur terlihat terang dan simpel.

4. Sentuhan kayu yang menghangatkan dapur minimalis

Sentuhan kayu dalam dapur minimalis di Inset House, Karya: Delution

Sentuhan kayu dalam dapur minimalis di Inset House, Karya: Delution via https://www.arsitag.com

Desain minimalis tak selalu harus mengusung warna-warna solid. Inspirasi desain dapur ini adalah salah satu contoh dapur dengan desain minimalis yang berkesan hangat berkat sentuhan tekstur kayu. Sentuhan kayu bisa ditambahkan misalnya saja pada bagian lemari maupun beberapa dekorasi dapur. Ada beragam pilihan warna tekstur kayu yang tersedia mulai dari tekstur kayu berwarna kuning terang, coklat terang, hingga warna-warna kayu yang lebih gelap.

5. Desain minimalis dan praktis

Dapur kecil praktis di Executive Suite Room No 1, Karya: Arkitekt.id

Dapur kecil praktis di Executive Suite Room No 1, Karya: Arkitekt.id via https://www.arsitag.com

Advertisement

Tak semua generasi milenial menyukai kegiatan masak memasak. Oleh karena itu, desain dapur dapat sangat simpel sesuai keperluannya. Setidaknya, dapur perlu disediakan untuk sekadar menghangatkan makanan atau membuat minuman panas. Untuk generasi milenial yang tak banyak melakukan aktivitas masak memasak, inspirasi dapur minimalis ini sangatlah cocok dipilih. Dapur ini hanya dilengkapi dengan lemari-lemari penyimpanan di bagian bawah dalam jumlah yang terbatas dan peralatan seperlunya untuk kegiatan masak praktis.

6. Dapur dengan meja multifungsi dan lemari seragam

Dapur dengan meja multifungsi dan lemari seragam di Bandengan Residence, Karya:  Fine Team Studio

Dapur dengan meja multifungsi dan lemari seragam di Bandengan Residence, Karya: Fine Team Studio via https://www.arsitag.com

Tak bisa dimungkiri, warna putih masih menjadi pilihan favorit untuk dapur dengan desain minimalis. Pada inspirasi dapur ini, warna putih dipilih untuk lemari-lemari penyimpanan yang dibuat tinggi dan seragam memenuhi bagian atas dapur dan juga kabinet di bagian bawah. Tambahan meja multifungsi di bagian tengah membuat area dapur bisa dimanfaatkan dengan lebih maksimal. Di antara dominasi warna putih, tekstur kayu pada rak-rak di bagian bawah meja menjadi spot yang cantik dan sangat mencuri perhatian.

7. Ornamen dinding yang menyegarkan

Dapur cantik dengan ornamen di dinding.

Dapur cantik dengan ornamen di dinding. via https://seriouslyarchitecture.com

Selain bermain dengan tekstur kayu, desain dapur minimalis juga bisa dipadukan dengan ornamen di dinding sebagai pemanis. Ornamen di dinding dengan warna yang senada dengan lemari penyimpanan memberi kesan simpel namun manis. Sekali lagi, dominasi warna putih menjadi pilihan untuk menampilkan dapur yang bersih dan rapi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan

CLOSE