Mata adalah salah satu indera penting bagi manusia dalam melakukan bermacam aktifitas dengan lancar. Dan gangguan yang terjadi pada mata yang paling sering banyak orang alami adalah gejala mata merah.

Gangguan mata ini paling sering disebabkan oleh partikel debu yang masuk ke mata saat seseorang berada di area yang sangat berdebu atau banyak terjadi polusi. Tapi ada juga bermacam penyebab lain. Hanya saja jarang orang mengamatinya, bisa karena hal sepele dan bisa juga dikarenakan hal-hal yang mempunyai efek buruk jangka panjang pada kesehatan tubuhmu.

1. Polusi Debu yang Masuk ke Mata

https://rfa.org via https://www.google.com

Saat berada di jalan raya, apalagi jika kamu adalah salah satu pengendara motor atau pejalan kaki debu dan polusi yang disebabkan dari asap kendaraan bermotor adalah gangguan yang wajib kamu waspadai. Selain buruk bagi kesehatan paru-parumu jika tidak sengaja terhirup, debu seringkali menyebabkan gejala mata merah. Dalam dunia medis, gejala mata merah ini dinamakan kongjungtivitis.

2. Efek Dari Rasa Lelah dan Kantuk

https://slate.com via https://www.google.com

Kinerja mata sama halnya dengan kinerja dan daya tahan tubuh dalam sehari ketika digunakan untuk beraktifitas. Mata yang sudah lelah untuk digunakan melihat bermacam hal dalam beraktifitas seharian, akan mengirimkan pesan melalui syaraf yang terhubung ke otak sebagai tanda waktu istirahat. Dan salah satu tandanya adalah terlihat memerahnya warna bola mata pada seseorang. Kurangnya waktu tidur yang berlebihan juga bisa menyebabkan warna bola merah seperti bercak darah loh.

3. Iritasi Mata Karena Bakteri

Advertisement

microregistrar.com via https://www.google.com

Debu yang masuk ke mata biasanya menyebabkan perasaan gatal dan perih pada area mata. Namun hal ini bisa lebih parah, jika debu yang masuk ke mata sudah terlalu banyak yang dinamakan gejala iritasi mata. Dimana bola mata seseorang terlihat semerah darah dan bagi penderitanya akan mengalami keluhan seperti perasaan berat di mata yang mengalami iritasi, lemas, mata sering berair dan mengalami kenaikan sedikit suhu badan. Dan jenis bakteri yang menyebabkan iritasi mata adalah Staphylococci Sp dan Streptococci Sp.

4. Pengaruh Asap Rokok

https://wsj.com via https://www.google.com

Saat kamu berada di dalam suatu ruangan yang tidak terlalu besar diitambah dengan sirkulasi udara yang kurang lancar, merokok bukanlah pilihan yang tepat apalagi jika dilakukan oleh beberapa orang di tempat yang sama dan dalam waktu yang bersamaan pula. Banyaknya asap rokok yang terkumpul di ruangan adalah salah satu penyebab mengapa bola mata seseorang terlihat memerah dan terasa perih.

Karena kandungan nikotin dan tar dalam asap rokok tembakau maupun elektrik tidak baik sejumlah organ dalam tubuh apalagi untuk kesehatan mata. Asap rokok yang terlalu sering mengenai bola mata pada ruangan yang kurang terbuka adalah salah satu penyebab penyakit katarak.

5. Mengkonsumsi Minuman Keras

https://MD-Health.com via https://www.google.com

Kandungan alkohol yang terkandung dalam suatu minuman keras bukanlah hal yang baik bagi kesehatan organ dalam tubuh seseorang. Respon tubuh yang seolah kaget dengan kadar tinggi alkohol yang masuk ke tubuh akan memberatkan kinerja ginjal. Dan syaraf lain yang dirusak alkohol secara perlahan adalah syaraf otak dimana terjadi pelemahan kinerja otak dan kurang lancarnya peredaran darah dalam tubuh. Hal inilah yang membuat respon pada bola juga akan memerah sebanding dengan lemahnya kinerja otak dalam mengirimkan pesan ke seluruh bagian tubuh.

6. Efek Penggunaan Narkoba

https://usnews.com via https://www.google.com

Penggunaan narkotika juga bisa menyebabkan bola mata penggunanya dengan cepat terlihat memerah. Karena ada jenis narkoba, narkotika dan psikotropika yang langsung menyerang syaraf otak saat dikonsumsi. Ini disebabkan aliran peredaran darah tubuh yang tidak lancar, syaraf yang menegang sampai terjadinya penggumpalan darah dalam pemakaian suatu jenis narkoba, narkotika, atau psikotropika.

7. Tidak Sengaja Tersentuh Benda Tumpul

https://rd.com via https://www.google.com

Terkadang ketika kamu sedang bercanda dengan anggota keluarga, saudara, atau temanmu secara tidak sengaja jari – jari tangan bisa mengenai bola mata seseorang secara tidak sengaja. Respon yang diberikan mata pada sentuhan benda tumpul yang mengenai bola mata adalah keluarnya air mata dan merahnya bola mata seseorang.