Di suatu lingkungan di mana tempat kamu tinggal, pasti ada saja hal–hal aneh yang kadang jika dipikir–pikir cukup menggelitik. Dari mulai yang umum banyak diketahui orang hingga yang masih belum banyak yang diketahui, fenomena–fenomena seperti ganjil seperti ini kadang memancing rasa penasaran. Mungkin rasa penasaran ini pernah juga mampir di pikiran sebagian orang, mengenai sebuah rumah yang dari luar tidak berpenghuni namun menyimpan sisi misterius di dalamnya.

Bukan sebuah sinopsis dari salah satu film animasi “Monster House”, namun adalah sebuah kenyataan yang ada dalam kehidupan di lingkungan bermasyarakat. Entah sudah banyak orang yang sudah mengetahuinya atau belum, yang jelas fenomena “penunggu rumah” ini belum banyak orang yang mengetahuinya.

Dan jika dipikir–pikir ini adalah sebuah pekerjaan yang dilakukan seseorang dengan tugas sebatas menempati rumah itu. Bahkan si penunggu rumah ini terkesan seperti orang yang sedang bertapa di dalam gua dengan tidak melakukan rutinitas harian seperti mandi, makan, atau akftifitas yang umumnya dilakukan kebanyakan orang saat berada di rumah.

Karena umumnya orang akan mengira sebuah rumah yang tidak terlihat satupun kendaraan di bagian depan atau orang yang terlihat dari rumah itu maka bisa disimpulkan bahwa rumah itu kosong alias tak berpenghuni. Berbeda halnya dengan sebuah rumah tua yang sampai berlumut hingga ditumbuhi tumbuhan–tumbuhan liar. Namun ini adalah sebuah rumah yang pada umumnya ditinggali seseorang.

Berikut beberapa tips untuk memastikan, apakah rumah terdekat dari rumahmu ditinggali seseorang atau tidak, biar kamu anti parno dan menyangka bahwa itu adalah rumah yang ditinggal makhluk halus seperti yang ada di film–film horror.

1. Ada suara ketukan di tembok atau suara benda yang terbentur

mendengar sesuatu

mendengar sesuatu via https://www.google.com.ua

Mungkin banyak orang pernah berpikiran tentang sebuah rumah yang bersebelahan dengannya, namun tidak pernah sekalipun terdengar suara orang yang bercakap–cakap maupun bebunyian lain semisal bunyi musik dari mp3 atau suara televisi. Jangan berpikiran terlalu paranoid jika kamu mendengar dentuman dari balik dinding yang terdengar seperti sedang diketuk oleh makhluk seperti di film shadow.

Bisa dipastikan rumah itu ditinggali seseorang, hanya saja ini disebabkan aktifitasmu diluar yang mungkin sampai sore baru pulang ke rumah yang menyebabkan kamu tidak pernah mengetahuinya. Atau bisa juga si penghuni ini sengaja mencari waktu–waktu yang sekiranya sering terkesan sepi dimana banyak orang umumya tidak atau sedang berada di dalam rumah. Seperti sekitar pukul 13.00–14.00, waktu petang atau maghrib, pukul 22.00 – 00.00, atau sekitar waktu menjelang dini hari atau subuh.

2. Terdengar suara–suara alami manusia

Advertisement

Sekuat apapun seseorang meredam atau menahan suara agar tidak terdengar tetangga rumah seolah untuk menggambarkan bahwa rumah yang ditinggalinya tidak berpenghuni, namun manusia tetaplah manusia. Suara–suara alami yang dihasilkan oleh tubuh manusia sendiri ini bukanlah sesuatu yang dapat dihilangkan.

Semisal suara mendengkur atau “ngorok” ketika seseorang tertidur, batuk, bersin, sampai suara kentut adalah suara–suara alami manusia yang kadang secara spontan bersuara begitu saja. Itulah alasan kedua dan ciri yang bisa kamu ketahui bahwa rumah di sekitar lingkungan rumah tidak benar–benar kosong dan sebenarnya berpenghuni.

3. Bisa mengikuti bunyi – bunyian yang sengaja kamu lakukan

Memantulkan bola

Memantulkan bola via https://www.google.com.ua

Cara mudah mengetahui lainnya bahwa ada seseorang yang menghuni sebuah rumah yang terlihat kosong adalah dengan cara ini. Coba saja buat bunyi – bunyian seperti mengetuk tembok yang searah dengan rumah di sebelah rumahmu atau bunyi lain yang sekiranya terdengar berisik. Jika ada suara yang menirukan bunyi–bunyian yang kamu buat, jelas rumah itu “dihuni” manusia dan bukan makhluk halus yang kadang membuat kamu takut sendiri ketika berada di dalam rumah.

4. Terdengar langkah kaki atau nafas

langkah kaki

langkah kaki via https://www.google.com.ua

Advertisement

Dua hal yang tidak mungkin juga tidak dilakukan seorang manusia setiap harinya. Aktifitas berjalan pun pasti dilakukan seseorang untuk berpindah posisi ketika berada di dalam rumah apalagi soal bernafas. Hanya saja untuk mengetahui dan mendengarkan suara ini, dibutuhkan suasana yang benar–benar hening. Ingat, tidak ada yang namanya setan bisa berjalan atau menyeret tubuhnya. Itu semua cuma ada di dalam dunia fiksi film horor dan bukan di kehidupan nyata.

5. Terdengar bunyi kipas angin

menyalakan kipas angin

menyalakan kipas angin via https://www.google.com.ua

Indonesia yang terletak di zona iklim tropis, terkadang membuat suhu di siang hari terasa sangat panas yang seringkali membuat banyak orang tidak betah dengan gerahnya. Apalagi saat musim kemarau datang. Berada dalam suatu ruangan dan dalam waktu yang lama tidak akan membuat siapapun betah di musim kemarau dengan suhu siang harinya yang cukup membuat keringat bercucuran.

Dan jika samar–samar kamu mendengar sebuah rumah yang terkesan kosong tapi terdengar suara kipas angin yang sedang menyala baik saat siang ataupun malam hari, ini lah tanda bahwa ada penghuni yang juga butuh kesejukan layaknya manusia biasa.

6. Jendela yang terbuka

membuka jendela

membuka jendela via https://www.google.com.ua

Ada kalanya berada dalam suatu ruangan seringkal membuat seseorang merasa sangat pengap karena suhu lembab yang ada diruangan tertutup. Selama – lama apapun seseorang mencoba bertahan di dalam ruangan, pasti ada saatnya ia akan merasakan pengap. Hanya saja tanda ini agak susah di perhatikan karena waktu membuka jendelanya pun juga tidak selalu sama. Yang terpenting, dari posisi jendela tertutup menjadi terbuka ini adalah tanda bahwa rumah tersebut tidak benar–benar kosong.

7. Ada nyala lampu di malam hari

nyala lampu teras

nyala lampu teras via https://www.google.com.ua

Malam hari adalah waktu dimana tidak ada satu sinarpun dari luar kecuali sinar bulan, dan itupun kalau sedang terlihat di langit. Entah itu lampu ruangan atau lampu teras yang tiba–tiba menyala di malam hari padahal pada siang atau sore harinya kamu tidak melihat lampu itu menyala bisa dipastikan bahwa itu memang sengaja dinyalakan oleh jari seseorang. Karena terkadang biasanya ada seorang pemilik rumah yang sengaja menyalakan lampu teras rumahnya saat ditinggal bepergian keluar kota, untuk memberi kesan bahwa rumah itu ada penghuninya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya