7 Tips Penting Mendidik Anak di Zaman yang Serba Maju Ini

Anak-anak itu bagaikan kertas putih yang belum ternoda, bagaimana nya mereka kelak tergantung bagaimana orang tua dan lingkungan melukisnya. Banyak cara untuk membuat lukisan yang indah ada yang dengan cat minyak, pensil, crayon, dan lain sebagainya dengan tujuan yang sama. Melukis dengan indah. Begitu pula orang tua. Meskipun begitu, bagaimana anak menerima hal-hal disekitarnya kembali lagi dari diri si anak. Kata ibu saya,

“Nakalnya anak kecil bukan salah orang tuanya, karna semua orang tua, sesungguhnya menginginkan anak yang baik, pintar, dan bisa dibanggakan,”

Lalu bagaimana caranya mendidik anak di zaman serba maju ini? Yuk simak!

1. Selidiki apa kesukaannya

blackhillsparent

blackhillsparent via http://blackhillsparent.com

Advertisement

Setiap anak kecil pasti punya hal yang paling disuka, seperti ketertarikannya kepada benda. Contohnya kesukaannya pada mobil-mobilan. Dengan demikian orang tua bisa mengarahkan anak kepada hal-hal edukatif yang sesuai dengan ketertarikannya. Agar anak bisa lebih mudah belajar menangkap hal-hal baru dengan rangsangan sesuatu yang disukainya.

2. Jangan lupa berikan pujian kepada anak

mediaresources

mediaresources via http://www.idiva.com

Pujian itu penting banget bunda untuk anak, selalu tunjukan apresiasi bunda kepada anak setiap kali melakukan hal baik, agar anak merasa dihargai dan percaya diri dengan apa yang dia miliki.

3. Nasihati jangan memarahi

Ada baiknya senakal apapun anak jangan memarahinya, tapi memberi nasihat dan pengertian kenapa hal seperti itu salah dan tidak baik dilakukan. Memarahi anak tanpa memberi penjelasan hanya akan membuat sang anak penasaran, dan berkemungkinan melakukannya kembali karna dia tidak mengerti apa yang membuat suatu hal tidak boleh dilakukan.

Advertisement

4. Ajarkan untuk selalu menjaga bagian intim si kecil

how-to-deal-with-online-child-sexual-abuse

how-to-deal-with-online-child-sexual-abuse via http://www.techvedic.com

Penting loh bunda mengajari anak tentang ini, kenapa? Karena dengan mengertinya anak tentang menjaga bagian intim, sikecil bisa melindungi diri mereka sendiri ketika bunda tidak ada di sekitar. Misalnya nasehati anak, untuk tidak boleh menunjukkan kemaluannya kepada orang lain, atau jangan boleh orang lain menyentuh bagian intimnya karena itu mengganggu kesehatan. Meskipun kelihatannya sepele tapi ini penting loh bunda.

5. Selipkan aplikasi edukasi di gadget bunda

http://i.dailymail.co.uk

http://i.dailymail.co.uk via http://www.dailymail.co.uk

Di zaman yang serba maju ini. Gadget seolah menjadi bahan pokok. Karena dengan gadget kita bisa mempermudah segala sesuatunya, selain itu juga banyak hal positif yang bisa kita dapat dari gadget. Salah satunya adalah aplikasi-aplikasi edukatif untuk anak yang bisa dengan mudah kita download. Selain menyenangkan anak juga bisa teredukasi dengan baik.

6. Ingatkan anak nomor telepon penting dan darurat

Advertisement

Tidak hanya mengenalkan anak dengan aplikasi canggih pada gadget bunda juga perlu mengedukasi anak supaya tanggap dengan segala macam bahaya dengan selalu mengingat nomor-nomor penting yang mendadak harus dihubungi. Seperti nomor bunda, agar jika nanti anak tersesat bisa meminta tolong orang untuk menghubungi bunda. Selain itu juga ajari anak untuk mengingat nomor panggilan darurat jika ada hal buruk terjadi. Seperti 112 atau 911.

Jikapun mengingatkan nomor sepertinya sulit, kita bisa menuliskan nomor-nomor tersebut dilipatan baju anak, atau mungkin kita bisa mengenakan aksesoris angka dengan serial nomor penting, seperti kalung atau gelang pada anak.

7. Gadget oke, berteman juga iya

Di zaman milenial ini, semuanya seperti tidak bisa di pisahkan dengan gadget, bahka hampir kebanyakan orang tua rela merogoh kocek untuk membelikan gadget anaknya, bahkan yang masih kecil sekalipun. Tapi bunda meskipun gadget adalah sesuatu yang kekinian juga banyak manfaat, dan dengan gadget si kecil jadi lebih diam tapi gak baik loh kalo anak-anak terlalu sering bermain dengan gadget.

Karena akan membuat anak sulit untuk bersosialisasi, jauh dari lingkungannya, dan menjadi cengeng. Anak juga perlu bersosialisasi agar memiliki teman dan mennjadikan anak pribadi yang tangguh. Meskipun jika anak anak bermain dengan temannya berpeluang untuk bertengkar, saling ejek, saling rebut atau mungkin memukul. Tapi hal itu bisa membuat anak lebih tangguh dan mandiri.

Jadi itulah ke tujuh tips untuk bunda mengedukasi anak di zaman yang serba kekinian ini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswi tingkat akhir yang kadang suka mengisi waktu dengan nulis.

CLOSE