1. Rencanakan Liburan Spesial bersama Sahabat Tercinta

Bersatu lebih seru!

Bersatu lebih seru! via https://www.facebook.com

Makin rame makin seru. Kalau bisa, ajak semua sahabatmu yang jumlahnya selusin itu! Sebuah momen akan terasa jauh lebih indah jika dilalui bersama orang-orang terkasih, bukan?

To boost your energy, tentu saja kamu memerlukan dukungan dari banyak sahabat yang suportif. Coba bayangkan: sudah sedih, menyendiri pula. Bukannya ceria, malah lebih menderita akhirnya.

Nenek pernah bilang untuk menghindari menyendiri.  Awas kesambet!

Salah satu kelebihan liburan rame-rame adalah kita bisa patungan biaya, baik untuk transportasi, akomodasi, dan lainnya. Dijamin lebih murah, deh!

2. Buat Permainan Seru yang Menantang

Permainan seru!

Permainan seru! via https://www.hipwee.com

Jauh-jauh ke pantai hanya untuk berjemur? Ow, it’s so yesterday... Lagipula, kita bukan bule yang jarang bisa menikmati terik mentari. Jadi, dari pada duduk diam melongo, lebih baik melakukan sesuatu yang menantang sekaligus bermanfaat.

Sesuatu yang menantang dan bermanfaat. Memangnya bisa?

Bisa banget, dong!

Pertama, bagi kelompok menjadi dua grup. Satu grup sayap selatan dan satu grup sayap utara.

Selanjutnya, adakan battle berburu sampah. Tahu sendiri lah, keadaan pantai di Indonesia seperti apa. Sebagian besar masih sangat kotor dengan banyak sampah berserakan. Nah, sebagai pemuda sang agent of change, harusnya kita melakukan sesuatu yang bermanfaat, bukan? Membersihkan sampah misalnya. Jangan malah jadi sampah masyarakat!

Agar lebih semangat sekaligus menantang, buat kesepakatan di awal. Dalam dua jam, tiap grup saling beradu mendapatkan sampah paling banyak. Setelah dua jam berlalu, yang kalah harus mentraktir makan siang grup yang menang. Sangat seru, bukan?

3. Ciptakan Masterpiece Ala-ala Pantai

Sebagai pemuda alay kekinian, setiap mengunjungi pantai pastinya tak lupa menciptakan sebuah masterpiece, dong! Apa itu? Istana pasir? Wah, itu sih buatan adikmu yang masih ingusan. Kalau kamu biasanya lebih tertarik untuk menulis nama di atas pasir (yang punya sebutan keren sand writing). Entah itu nama diri sendiri, nama belahan jiwa gebetan, atau malah artis korea kesukaan.

Nah, setelah lelah berkeliling pantai demi berburu sampah, kamu bisa “memamerkan” hasil buruan dengan cara menyusun sampah-sampah tadi menjadi rangkaian kata. Misal: I LOVE *** (sensored). Sambil nyepik tipis-tipis.

4. Unggah Hasil Karyamu ke Media Sosial

Instagram upload

Instagram upload via http://creativepro.com

Selanjutnya, tentu saja mengabadikan setiap memori indah dalam bidikan kamera. Termasuk di dalamnya yaitu susunan sampah berbentuk nama hasil karyamu tadi. Setelah itu, langsung diunggah ke akun media sosial. Ah, tentunya dengan caption dan hastag sepanjang Jembatan Suramadu. Jangan lupa juga mention tempat kita sedang berada. Biar makin eksis bak selebritis, dong!

5. Booming-kan Ide Kerenmu

YoonA ALS Ice Bucket Challenge

YoonA ALS Ice Bucket Challenge via http://leeseunggiyoona.blogspot.co.id

Sudah? Itu saja?

Pastinya enggak, dong!

Yang namanya berbuat kebaikan, jangan sampai berhenti di kamu saja. Masih ingat dengan ALS Ice Bucket Challenge? Wah, kebaikan berantai itu sempat mendunia beberapa waktu yang lalu. Siapa sih yang tak tahu tantangan ALS Ice Bucket Challenge? Bahkan artis korea setenar YoonA SNSD juga melakukannya.

Nah, kamu pun bisa mem-booming-kan kebaikan seperti itu. Misalnya, dengan memberi tantangan pada nama yang tertera di foto susunan sampah yang sudah kamu unggah. Orang itu harus melakukan apa yang telah kamu lakukan (berburu sampah dan menyusunnya menjadi sebuah nama), kalau dia nggak mau melakukan berarti harus menyumbang sejumlah uang ke organisasi yang concern di bidang lingkungan hidup. Kalau temanmu itu baiknya nggak ketulungan, boleh juga melakukan keduanya.

Agar kamu nggak sendiri, kerahkan juga seluruh sahabatmu yang jumlahnya selusin itu untuk melakukan hal yang sama. Dijamin, besoknya kalian akan langsung jadi social media’s trending topic, deh!

6. Nikmati Matahari Terbenam dengan Hati Tenteram

Beautiful sunset

Beautiful sunset via http://www.hercampus.com

Akhirnya, setelah seharian menguras keringat sekaligus berbuat sesuatu yang bermanfaat, tibalah saat kamu beristirahat.

Kamu bisa menikmati matahari terbenam sambil wefie dengan para sahabat. Kamu juga bisa membandingkan foto pantai saat siang (sebelum kamu dan para sahabatmu membersihkan pantai) dengan foto senja dengan keadaan pantai yang lebih bersih. Kamu bisa menggabungkan dua foto itu dalam satu frame, jangan lupa bubuhkan tulisan Before and after. Wah, bangga dan bahagia tentunya!

7. Say Good Bye pada Sang Pantai

Hard to say good bye

Hard to say good bye via https://eugolino.wordpress.com

Liburan kerenmu telah berakhir, saatnya kembali ke rumah. Tapi, jangan sampai meninggalkan “kenang-kenangan” menyakitkan, ya? (itu sih, kerjaan si mantan. Ups). Sudah capek-capek berburu sampah, eh pas mau pulang tanpa sadar buang sampah sembarangan lagi. ‘Kan nggak lucu jadinya. So, keep it clean, guys!

Take nothing but picture (Jangan ambil apapun kecuali gambar)

Leave nothing but footprint (Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak—langkah kaki)

Kill nothing but time (Jangan bunuh apapun kecuali waktu)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya