Sebagai pekerja tentunya kamu ingin pekerjaanmu cepat selesai bukan? Sementara deadline menumpuk dan kertas-kertas tugas masih berserakan di mejamu kamu tidak akan bisa pulang cepat untuk sekedar menyeruput kopi di cafe langgananmu. Alhasil, setiap ada pekerjaan tambahan kamu hanya akan mengeluh dan membuatmu semakin stress tingkat dewa. Tapi tak perlu sedih, semua pekerjaan akan selesai pada waktunya jika kamu bisa mengatur waktu dan menikmati pekerjaanmu.

1. Mendengarkan

Apa sih hubungannya mendengarkan dengan pekerjaan yang cepat selesai. Tentunya sangat besar sekali. Saat mendengarkan orang lain, kita mencoba mengalahkan ego loh dan tentunya dengan mendengarkan instruksi pimpinan atau rekan kerja, kamu akan memahami apa yang harus kamu lakukan dan kerjakan. Pastinya, kamu juga akan terhindar dari kesalahan yang nantinya mengharuskanmu memperbaikinya.

2. Buat To Do List

Sistem yang teratur tentunya akan memudahkan pekerjaan mu dan membuatnya semakin cepat selesai. Agar waktumu dapat efektif, maka kamu perlu belajar untuk membuat To Do List atau rencana kerja. Hal ini bisa kamu lakukan saat akan pulang kerja. Kamu menyusun hal apa saja yang akan kamu lakukan untuk besok sekaligus mengevaluasi hasil kerjamu hari ini. Dengan membuat To Do List, pekerjaanmu akan semakin terarah.

3. Tentukan Prioritas

Advertisement

Membuat urutan pekerjaan tanpa menyaring prioritasnya sama saja percuma. Untuk membuat pekerjaanmu semakin mudah, kamu perlu membuat urutan prioritasnya.

Buatlah dari yang paling mendesak dan penting, biasanya kamu bisa mengacu pada deadline yang telah ditentukan, atau kamu bisa mengerjakan pekerjaan paling ringan dan cepat yang bisa kamu selesaikan tanpa perlu proses lama, disusul dengan pekerjaan yang paling menyita banyak waktu serta pikiran, hal ini bertujuan supaya kamu bisa lebih fokus untuk pekerjaan dengan beban yang berat.

4. Biasakan Untuk Multitasking

Sudah hafal dengan To Do List dan Prioritasmu, kini saatnya melakukan jurus seribu bayangan! Yup, latihlah dirimu menyelesaikan beberapa pekerjaan di waktu yang hampir bersamaan. Misalnya, sambil kamu menunggu hasil fotocopy atau printing yang banyak, kamu bisa mengerjakan pekerjaan ringan lain bukan?

Advertisement

Seperti membalas e-mail, mengetik surat, menghitung, menelpon client, membuat laporan sederhana. Dengan begitu, kamu tidak akan menyia-nyiakan waktu menunggumu.

5. Carilah Solusi, Bukan Menunggu Solusi

Saat menghadapi masalah, biasakan untuk segera mencari solusinya. Jangan dibiarkan begitu saja sambil menunggu belas kasihan pimpinan. Beraksilah dengan mencari informasi melalui internet, buku atau bertanya langsung pada ahlinya. Dengan bergerak cepat pasti kamu segera menemukan solusi untuk setiap masalah pekerjaanmu.

6. Bekerjalah dengan Efektif dan Efisien

Pekerjaan akan semakin cepat selesai jika kita bekerja dengan fokus. Tentunya kamu perlu memperhatikan perlengkapan dan peralatan kerja yang kamu butuhkan. Letakkan semua barang yang kamu perlukan di dekatmu agar kamu tidak perlu berpindah jauh jika membutuhkannya.

Apabila kamu akan mengunjungi departemen lain, pastikan kamu juga membawa beberapa pekerjaan yang membutuhkan bantuan mereka sekaligus, sehingga sekali jalan kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu, tanpa perlu bolak-balik. Selain itu, telitilah hasil pekerjaanmu dengan baik. Hal ini bertujuan agar kamu tidak perlu revisi dan menghemat kertas jika harus di print.

7. Tinggalkan Sejenak Handphonemu

Di era teknologi yang semakin berkembang ini semua orang memiliki handphone dan merupakan kebutuhan dalam bekerja. Tak heran jika semua pekerja tak pernah melepas handphone dari genggamannya. Tapi sebaiknya untuk membuatmu tetap fokus dan dapat menyelesaikan pekerjaan, jangan gunakan handphone saat kamu sedang bekerja.

Tinggalkan sejenak aktifitas membuka media social, kamu bisa lakukan itu saat jam istirahat atau jika sedang diluar jam bekerja. Perlahan, kamu bisa menyeimbangkan antara ego dan tanggung jawabmu.

8. Bekerjalah dengan Hati

Tak ada pekerjaan yang tidak melelahkan, semua usaha butuh pengorbanan. Supaya kamu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik, cintailah pekerjaanmu. Bekerjalah sebaik mungkin untuk hasil yang memuaskan, jika pekerjaanmu baik, kamulah yang berbangga hati bukan? Tentunya akan diikuti oleh penghargaan lain yang bisa kamu dapatkan.

Dengan perasaan senang dan bahagia dalam bekerja, akan banyak ide yang mengalir untuk membuatmu semakin cepat dan mudah dalam menyelesaikan pekerjaan. Hindari untuk mengeluh, karena dengan mengeluh kamu telah membuang energi dan membuat dirimu tidak lagi siap untuk bekerja.

Syukurilah pekerjaan yang kamu miliki seberat apapun saat ini beban dan tanggung jawab yang kamu emban karena di luar sana masih banyak orang yang susah untuk mencari pekerjaan

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya