Korea telah membawa dampak yang cukup signifikan di Indonesia sejak awal tahun 2000an. Mulai dari tayangan drama Dae Jang Geum (Jewel in the Palace), Endless Love, Full House dan Boys Before Flowers (BFF) kemudian merambah ke industri musik dengan boomingnya lagu Sorry, Sorry dari Super Junior dan lagu Gee dari Girls' Generation. Sekarangpun drama Korea masih diminati oleh banyak masyarakat Indonesia semenjak munculnya media streaming yang mempermudah kita untuk menonton drama tersebut. Terlebih, akhir-akhir ini banyak sekali drama-drama baru bermunculan dengan berbagai cerita yang menarik dan peran aktor serta aktrisnya membuat kita semakin ingin menonton drama tersebut.

Nah, buat para pecinta drama Korea, pasti sering dong lihat makanan-makanan Korea dibeberapa episodenya? Korea memang mempunyai beragam jenis makanan khasnya yang bikin menggoda selera. Apa saja sih makanan-makanan yang sering muncul di drama Korea?

1. Kimchi

Korean Bapsang

Korean Bapsang via https://www.koreanbapsang.com

Kimchi adalah makanan tradisional khas Korea Selatan yang terbuat dari sawi putih dan mempunyai cita rasa pedas. Kimchi merupakan salah satu varian dalam banchan (lauk sampingan yang disajikan di piring kecil)

Advertisement

Kimchi awalnya dilumuri garam dan didiamkan semalam untuk melayukan sawi putih serta memberikan rasa asin. Setelah didiamkan semalaman, Kimchi dicuci dan ditiriskan. Kemudian dilumuri bumbu pedas yang terbuat dari cabai merah, kecap ikan, udang, jahe dan bawang putih.

Karena terbuat dari berbagai jenis sayuran sehingga mengandung kadar serat makanan yang tinggi, namun rendah kalori Kimchi ternyata baik untuk kesehatan lho! Kimchi kaya akan vitamin, membantu pencernaan dan dapat mencegah kanker.

2. Gimbap

Korean Bapsang

Korean Bapsang via https://www.koreanbapsang.com

Gimbap (김밥) terdiri dari nasi yang digulung menggunakan rumput laut kering. Makanan ini terbilang cukup simpel jika dibawa saat liburan/piknik atau aktivitas di luar ruangan dan dapat mengisi perutmu yang kosong.

Advertisement

Gimbap biasanya diisi oleh daging, ketimun, acar lobak, wortel, kimchi, telur dan lainnya. Gimbap dapat dimodifikasi sesuai selera masing-masing.

3. Tteokbokki

Korean Bapsang

Korean Bapsang via https://www.koreanbapsang.com

Tteokbokki (떡볶이) adalah salah satu jajanan pinggir jalan (street food) yang sering muncul di drama. Terbuat dari tepung beras yang dibentuk bulat memanjang dan dipotong sesuai ukuran yang disebut Garaetteok (가래떡). Kemudian dicampur dengan Gochujang (pasta cabai Korea) dan Gochugaru (cabai bubuk Korea).

Pada awalnya, Tteokbokki hanya disajikan original namun seiring berjalannya waktu, Tteokbokki dimodifikasi sehingga mempunyai banyak varian dan topping seperti fish cake, telur, ramen, sosis, keju mozarella, dan yang lainnya.

Tteokbokki mudah ditemukan di Indonesia, kebanyakan restoran Korea di Indonesia memiliki menu Tteokbokki dengan berbagai varian dan harga yang tidak mahal.

4. Eomuk/Odeng

equanimitycariagasite.wordpress.com

equanimitycariagasite.wordpress.com via https://equanimitycariagasite.wordpress.com

Makanan ini juga gampang ditemui baik pada jajanan pinggir jalan, restoran, maupun minimarket. Eomuk (어묵) atau biasanya orang menebutnya Odeng (오뎅) adalah fish cake yang ditusuk dan direbus dengan kuah kaldu, cocok untuk dikonsumsi saat musim dingin karena bisa menghangatkan tubuh.

Jika kamu ke Korea, kamu dapat dengan mudah menemui stand-stand penjual Eomuk dipinggir jalan. Biasanya penjual menjajakan Eomuk yang sudah ditusuk dan direbus kuah kaldu. Pembeli dapat memakannya secara langsung, jika sudah selesai maka bayarkan sesuai jumlah tusukan yang diambil.

5. Jjangmyeon

Korean Bapsang

Korean Bapsang via https://www.koreanbapsang.com

Jjangmyeon (자장면) merupakan mi dengan saus kedelai hitam. Baik mi dan saus kedelai hitam dapat dibeli di supermarket yang menjual produk-produk Korea. Saus Jjangmyeon dapat ditambahkan dengan daging dan daun bawang. Namun, sekarang ini terdapat variasi Jjangmyeon seperti ditambahkan makanan-makanan laut (selain ikan).

Dulunya, makanan ini disajikan oleh orangtua kepada anaknya saat ada perayaan seperti kelulusan, ulang tahun, dan lainnya. Sekarang, Jjangmyeon adalah lambang saat perayaan Black Day yang diperingati setiap tanggal 14 April bagi laki-laki maupun perempuan yang single dan tidak menerima hadiah pada hari Valentine dan White Day.

6. Bibimbap

selerarasa.com

selerarasa.com via https://selerasa.com

Bibimbap adalah semangkuk nasi putih yang di atasnya diberi sayur-sayuran, telur dan gochujang. Diberi nama Bibimbap yang artinya bibim (비빔) yaitu campur dan bap (밥) yaitu nasi, seperti namanya, cara makannya dengan diaduk terlebih dahulu.

Ada 4 varian Bibimbap di Korea yaitu Dolsot-bibimbap, Jeonju-bibimbap, Jinju-bibimbap, dan Tongyeong-bibimbap. Dolsot-bibimbap merupakan nasi yang disajikan dalam mangkuk yang terbuat dari batu dan sudah dipanaskan. Jeonju-bibimbap adalah varian bibimbap yang berasal dari salah satu kota di Korea yaitu Jeonju, yang paling memiliki lauk pauk paling banyak di Korea. Jinju-bibimbap merupakan bibimbap yang menggunakan daging sapi mentah dan sayur-sayuran sebagai lauknya. Tongyeong-bibimbap adalah varian bibimbap yang menggunakan makanan-makanan laut sebagai lauknya, berbeda dari bibimbap biasa yang menggunakan daging sapi. 

7. Gogigui

foodyoushouldtry,com

foodyoushouldtry,com via https://foodyoushouldtry.com

Gogigui (고기구이) atau lebih dikenal sebagai Korean BBQ adalah metode yang digunakan dalam memanggang makanan Korea, biasanya daging sapi, daging babi atau daging ayam. Gogigui disajikan bersama dengan banchan, yaitu lauk-lauk sampingan yang dihidangkan dipiring kecil. Salah satu lauk banchan adalah Kimchi.

Restoran-restoran di Korea memfasilitasi setiap meja dengan alat panggang, sehingga pengunjung bisa memanggang sendiri daging mereka. Menu yang paling terkenal adalah daging sapi yang sudah direndam dengan bumbu khusus sebelum dipanggang. Namun, ada juga yang menyajikan menu daging yang tidak direndam.

8. Jjigae

Korean Bapsang

Korean Bapsang via https://www.koreanbapsang.com

Jjigae (찌개) adalah sebutan untuk sup yang dimasak dan dihidangkan dalam panci kecil biasanya untuk 1 orang. Isinya berupa sayuran, makanan laut, daging, atau tahu. Berbeda dengan Jeongol, yang disajikan dalam panci besar yang dapat dikonsumsi untuk beberapa orang dan biasanya ditaruh di tengah-tengah meja.

Terdapat banyak variasi Jjigae yang biasanya muncul di dalam drama Korea. Kimchi jjigae adalah sup yang berisi kimchi, daging atau makanan laut serta tahu. Sundubu jjigae berisi tahu lunak, kerang, jamur, telur yang direbus dengan saus kecap asin. Dubu jjigae juga berisi tahu namun bumbunya adalah doenjang (salah satu saus khas Korea), Saengseon jjigae adalah sup yang berisi ikan dan sayuran, Ge jjigae yang berisi kepiting dan sayuran, Budae jjigae yang berisi berbagai macam daging, serta Myeongran jeot jjigae yaitu sup ikan roe.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya