Beberapa kota yang berada di daerah Sunda ternyata mempunyai pantai yang cukup cantik. Dapat dibilang keindahan alam baharinya mirip dengan Carita Anyer.

Berikut ini akan kami rangkum pantai eksotis di Jawa Barat yang indah dan layak untuk dikunjungi. Apa saja nama-nama tersebut? Berikut ini adalah daftarnya:

1. Rancabuaya

Pantai rancabuaya garut

Pantai rancabuaya garut via https://www.wikipedia.org

Keindahan alam Pantai Rancabuaya di Kabupaten Garut ini sangat terkenal dan pernah dijadikan lokasi syuting sebuah film yang berjudul “Perahu Kertas”.

Advertisement

Tidaklah mengherankan jika spot wisata ini menjadi salah satu objek yang sering dikunjungi dan paling direkomendasikan tak hanya di Garut saja namun bagi masyarakat di kota Bandung dan provinsi Jawa Barat pada umumnya.

Di sekitar tempat ini juga banyak terdapat juga air terjun yang memiliki pemandangan nan indah, menjadikan para pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. Walaupun sekedar duduk di pinggir pantai atau hanya sekedar mengambil foto.

Lokasi Pantai Rancabuaya ini berada di Desa Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Advertisement

Jam operasional dibuka sampai dengan 24 jam. Dengan harga tiket masuk Pantai Rancabuaya adalah Rp5.000 per orang.

2. Karapyak

Pantai karapyak pangadaran

Pantai karapyak pangadaran via https://www.villakan.com

Keindahan alam paling bagus yang hampir mirip dengan Bahari Ketepeng Bandungharjo, Kota Jepara adalah Pantai Karapyak. Lokasinya dekat dengan Taman Nasional Ujung Kulon.

Tempat ini tergolong masih baru, Sehingga banyak masyarakat yang masih belum mengetahui keberadaan tempat ini.

Alamat Pantai Karapyak adalah di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Jam operasional di pantai ini buka selama 24 jam dengan harga tiket masuk adalah Rp. 10.000 – Rp180.000 tergantung dari kendaraan yang dinaiki.

3. Pondok Bali

Pantai pondok bali

Pantai pondok bali via https://www.wikipedia.org

Lokasi Pantai Pondok Bali di Subang ini tidak pernah sepi pengunjung, walaupun jalan menuju ke area ini cukup sulit.

Pantai yang berada di Desa Mayangan ini merupakan pantai terbaik yang paling diminati pengunjung, karena memiliki keindahan alam dan lokasi berfoto yang unik.

Lokasi pantai ini mirip dengan pandawa bali, jadi apabila anda adalah wisatawan yang berasal dari luar kota ada baiknya berkunjung ke pantai ini. Anda dapat melalui rute jalan tol Cikopo menuju Pantura.

Alamat pantai Pondok Bali berada di Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, dengan jam operasional jam di buka 24 jam. Harga tiket masuk di Pantai Pondok Bali ini adalah Rp5.000 per orang.

4. Jayanti

Pantai jayanti

Pantai jayanti via https://www.wikipedia.org

Pantai Jayanti yang dekat dengan Ciwidey merupakan pantai yang terdekat dari Kota Bandung.

Kondisi ombak di tempat ini tidak begitu besar, yang dihiasi oleh bebatuan karang yang berjajar di sepanjang pinggir pantai. Selain itu terdapat pula pasir hitam yang kecoklatan sehingga menjadikan pantai ini terlihat lebih eksotis di mata wisatawan.

Di sisi sebelah timur pantai ini terdapat deretan kapal-kapal yang berjajar rapi di sepanjang tepi pantai. Tentunya lokasi ini sangat tepat dijadikan sebagai latar atau background foto anda.

Untuk tempat penginapan, kawasan ini masih belum terdapat tempat penginapan. Akan tetapi pengunjung dapat menginap di rumah-rumah penduduk, yang sengaja di sewakan untuk wisatawan dengan tarif yang lumayan terjangkau.

Pantai Jayanti ini beralamatkan di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Untuk jam operasionalnya dibuka selama 24 jam. Tarif tiket masuk yang dikenakan, untuk motor adalah Rp5.000 sedangkan untuk mobil adalah Rp15.000.

5. Pantai Karang Bandung

Pantai Karang Bandung

Pantai Karang Bandung via https://www.villakan.com

Pantai Karang Bandung ini merupakan surga tersembunyi yang masih jarang dikunjungi, lokasinya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Selain itu medan menuju area tempat ini cukup berat dan dapat merogoh dana yang cukup banyak.

Namun begitu, tempat yang mirip Pantai Kedung Tumpang di Tulungagung ini sangat diminati oleh mereka yang suka kegiatan memancing.

Alamat pantai karang bolong ini berada di Pulau Nusakambangan, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Barat. Jam operasional buka sampai dengan 24 jam. Tarif biaya masuk ke tempat ini adalah gratis alias tidak dikenakan biaya.

6. Sawarna

Pantai sawarna lebak banten

Pantai sawarna lebak banten via https://www.detik.com

Pantai Sawarna ini memiliki panorama yang sangat eksotis, dengan ombak yang lumayan besar sehingga menjadikan tempat ini dijadikan tempat untuk berselancar baik itu wisatawan dari dalam negeri ataupun dari mancanegara.

Pantai ini mirip dengan Pantai Kondang di Bandung yang berada di Desa Donomulyo Malang. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang terdapat yang berada di daerah Sunda.

Pantai sawarna ini beralamatkan di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, Provinsi Jawa Barat. Dengan jam operasional dibuka selama 24 jam jam dan biaya tarif masuk ke lokasi ini adalah Rp5.000 per orang.

7. Sayang Heulang

Pantai sayang heulang garut

Pantai sayang heulang garut via https://www.wikipedia.org

Akses jalan menuju ke tempat ini lumayan cukup sulit, dibutuhkan sekitar 4 hingga 5 jam untuk sampai di lokasi ini. Namun semua akan terbayarkan dengan keindahan alam di pantai ini sangat menakjubkan.

Pengunjung dapat melihat sunrise di tempat ini untuk mendapatkan view yang sempurna. Terdapat pula bentangan batu karang yang menjorok ke laut sebagai pemandangan yang sangat indah.

Alamat Pantai Sayang Heulang ini berada di Desa Mancagahar, Kabupaten Garut, Jawa Barat,  yang dibuka mulai jam 8 pagi Hingga jam 5 sore. Adapun tarif yang dikenakan untuk masuk ke lokasi ini adalah Rp10.000.

8. Santolo

Pantai santolo garut

Pantai santolo garut via https://www.detik.com

Objek wisata ini berada di wilayah yang cukup tersembunyi sehingga menjadikan tempat ini terasa masih alami karena jauh dari tangan-tangan wisatawan yang jahil.

Lokasi tempat ini sangat bagus dan sangat tepat dijadikan sebagai objek rekreasi apabila anda berada di daerah garut selatan.

Anda dapat menempuh perjalanan sekitar 4 hingga 5 jam agar dapat sampai di tempat ini, view pantai di tempat ini sangat indah di mana dihiasi pasir putih dan air laut yang berwarna hijau kebiru-biruan dilengkapi dengan batu-batu yang berjajar.

Pantai Santolo ini beralamatkan di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat dengan jam operasional dibuka mulai jam 5 sore hingga malam hari. Tarif biaya masuk ke Pantai Santolo adalah Rp3.000 untuk tiap orang.

Demikianlah 8 pantai terbaik di Jawa Barat yang kami rekomendasikan untuk anda. Persiapkan semua akomodasi sebelum melakukan perjalanan wisata ke lokasi ini bersama dengan keluarga tercinta.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya