kini objek wisata di Sulawesi Tenggara semakin dilirik para wisatawan lokal maupun luar negeri. Telah banyak spot-spot kece yang ramai diperbincangkan keindahannya di media sosial, seperti Pulau Wakatobi dengan keindahan lautnya, Pulau Labengki dengan teluk cintanya, dan Pulau Senja yang aduhai indahnya. Kami jamin, semua keindaan tersebut pasti akan membuatmu terpukau.

Udah deh Sob, segera kemasi barang-barangmu dan ikutlah bersama kami menyambangi  Yuk!!!

1. Pulau Labengki

pulau labengki via https://www.facebook.com

pulau ini adalah Pulau Labengki. Lokasinya terletak di Desa Labengki, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Kalau kamu berangkat dari pusat Kota Kendari, maka kamu harus menempuh jarak sekitar 70 km untuk sampai ke lokasi.

Pulau Labengki terdiri dari beberapa gugusan pulau karang besar dan pulau karang kecil yang siap memanjakan mata dan hatimu. Selain itu, di sini juga terdapat banyak titik penyelaman yang bisa kamu manfaatkan untuk bersnorkeling. Pemandangan bawah airnya pun begitu cantik dan luar biasa. Ditambah lagi dengan beberapa pantai di pulau ini yang memiliki hamparan pasir berwarna putih, sehingga membuat siapapun yang datang ke sini menjadi betah.

2. Pulau Bokori

pulau bokori via https://www.facebook.com

Pulau Bokori merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di depan Tanjung Soropia, Kecamatan Soropia, Sulawesi Tenggara. Untuk mencapainya, kamu bisa memulai perjalanan dari pusat Kota Kendari dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan menuju perkampungan Bajo, Kecamatan Sorobia. Setelah itu, kamu masih harus menyewa perahu nelayan. Waktu tempuhnya sekitar 3 jam perjalanan. Harga sewa per-perahu dipatok dengan harga Rp. 400.000,00 – Rp. 500.000,00 (kapasitas 15 orang penumpang). Ohya, besar kecilnya harga ditentukan dari caramu menawar, ya!

Sesampainya di Pulau Bokori, kamu akan menemukan sebuah perkampungan milik nelayan setempat yang banyak tersebar di wilayah ini. Dan uniknya lagi, rumah-rumah milik nelayan tersebut didirikan di atas air, sehingga membentuk sebuah pemandangan yang begitu memesona jika dilihat dari sebuah bukit yang ada di sini. Untuk fasilitasnya pun sudah terbilang lengkap. Ada villa, cottage, dan beberapa spot kece yang bisa kamu singgahi.

3. Pulau Hari

Permukaan air laut yang jernih akan membuatmu terpukau karena bisa memandang dengan jelas gugusan karang yang terdapat di dasar laut. Selain itu, pulau ini juga memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan lembut. Ya, inilah Pulau Hari, sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang terletak di bagian timur Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Pulau ini terkenal karena keindahan alamnya yang masih alami. Di sini kamu bisa menyaksikan hutan-hutan kecil yang masih alami. Karena memang, pulau ini belum banyak disinggahi para wisatawan. Singkatnya, pulau ini belum begitu sepopuler pulau-pulau lainnya.

Dari pusat Kota Kendari, tepatnya di Pelabuhan Rakyat (dekat area kompleks Pasar Sentral Kota Lama), kamu bisa menempuh perjalanan laut menggunakan perahu atau speed boat selama kurang lebih 2 jam perjalanan. Nah, sesampainya di lokasi, kamu bisa deh memanfaatkan waktumu untuk sejenak bersantai di tepi pantai, atau bersnorkeling, serta diving bersama ikan-ikan imut di kedalaman tujuh sampai delapan meter.

4. Pulau Senja

pulau senja via https://www.facebook.com

Lokasi Pulau Senja hanya berjarak sekitar 50 km dari pusat Kota Kendari, atau sekitar 45 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Tepatnya berada di Desa Wawatu, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dengan pusat kota menjadikan pulau ini begitu diminati para wisatawan. Sesampainya di lokasi, kamu akan disuguhi pemandangan pantai yang memukau, lengkap dengan tebing-tebing karang dan pepohonan yang tinggi menjulang. Setelah puas menikmati wilayah pantainya, kamu juga bisa menyusuri jalan setapak bebatuan untuk sampai ke Bukit Pulau Senja. Dari atas bukit ini kamu bisa melihat betapa eksotisnya Pulau Senja. Kami jamin deh, kamu gak akan nyesel jika berkunjung ke sini.

5. Pantai Nirwana

pantai nirwana via https://www.facebook.com

Pantai Nirwana dikenal karena keindahan alamnya yang sangat memesona, sehingga membuat siapapun yang berkunjung ke pantai ini serasa berada di surga (nirwana). Lokasinya terletak di Kelurahan Sula, Kecamatan Betoambari, Bau-Bau, Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Kalau kamu berangkat dari pusat Kota Bau-Bau, maka jarak yang akan kamu tempuh untuk mencapai lokasi sekitar 9 km, atau setara dengan 15 menit perjalanan.

Pantai Nirwana mempunyai hamparan pasir pantai yang berwarna putih. Air lautnya mempunyai tiga kombinasi warna, yakni: putih, biru kehijauan, dan biru muda. Ombak pantainya pun sangat tenang, bahkan tanpa karang, dan sangat cocok untuk bermain air, berenang, maupun diving. Semilir angin yang sejuk serta deretan pohon kelapa yang ada di bibir pantai semakin menambah pesona pantai ini. Pokoknya obyek wisata ini bener-bener juara deh, Sob. Kamu gak akan nyesel menyambangi tempat ini. Nah, untuk fasilitasnya pun udah cukup lengkap, terdiri dari warung makan, tempat penyewaan pelampung dan alat selam, toilet, dan lain-lain.

6. Sungai Tamborasi

sungai tamborasi via https://www.facebook.com

sungai tersebut berada di Indonesia, lho. Tepatnya di Kecamatan Tamborasi, Kolaka, Sulawesi Tenggara. Karena sungai ini terletak di Kecamatan Tamborasi, akhirnya nama itu pun melekat menjadi nama sungai ini. Ya, Sungai Tamborasi hanya memiliki panjang sekitar 20 meter saja.

Dari pusat Kota Kolaka, kamu bisa menempuhnya dengan jarak sekitar 90 km perjalanan ke arah utara. Aksesnya pun terbilang mudah, dengan melalui jalur darat, Sungai Tamborasi bisa dijangkau sekitar 1-2 jam saja. Di sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan alam yang menawan berupa gunung-gunung marmer yang berkilau alami. Airnya yang jernih akan menghipnotismu untuk segera menceburkan diri ke dalamnya. Udara di sekitar Sungai Tamborasi juga sangat sejuk. Karena memang, di sini terdapat banyak pepohonan yang rindang. Ohya, di sini kamu juga bisa menemukan sebuah pantai berpasir putih yang begitu menawan.

7. Danau Biru

Danau Biru terletak di Kecamatan Wolu, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Danau ini memiliki luas diameter sekitar 164 meter persegi. Uniknya lagi, air Danau Biru ini terdiri dari campuran antara air asin dan air tawar, atau sering disebut sebagai air payau. Untuk kedalamannya pun cukup bervariasi, mulai dari 1 meter, hingga yang terdalam mencapai 7 meter. Ohya, di sini kamu juga bisa melakukan kegiatan snorkeling dengan mengamati berbagai spesies ikan dan tumbuhan air. Tapi ingat, kegiatan ini hanya diperuntukkan buat kamu-kamu yang bisa berenang. Oke, untuk memasukinya objek wisata ini, kamu diharuskan membayar mahar sebesar Rp. 10.000,00 lengkap dengan biaya parkir kendaraan.

8. Pulau Tomia

pulau tomia via https://www.facebook.com

Pulau Tomia merupakan salah satu pulau yang terletak di gugusan kepulauan Tukang Besi wilayah Kabupaten Wakatobi, Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Pulau ini terletak di sebelah selatan Pulau Kaledupa dan di sebelah utara Pulau Binongko. Selain Pulau Tomia, kamu juga bisa menemukan beberapa pulau-pulau lainnya, antara lain: Pulau Kaledupa, Pulau Binongko, Pulau Wangi-wangi, Pulau Hoga, dan Pulau Kapota.

Keindahan alam bawah laut Kepulauan Wakatobi tak perlu kamu ragukan lagi. Bahkan, tempat ini sudah sangat dikenal dunia dengan sebutan Taman Nasional Kepulauan Wakatobi, Segitiga Karang Dunia, Cagar Biodiversity Bumi dan Surga Nyata Bawah Laut dengan keragaman spesies serta terumbu karangnya. Selain itu, di sini juga terdapat Karang Atol terpanjang di dunia yang terletak di perairan Pulau Kaledupa seluas kurang lebih 48 km persegi.