Ruang sendiri, merupakan sebuah ruangan yang mana kita pilih khusus untuk diri sendiri. Atas beragam lelah akan aktifitas sehari-hari yang mengakibatkan stress, kepala pusing ataupun ketidaknyamanan lainnya. Ada sehari untuk melepaskan sejenak kelelahan itu dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri. Yang dewasa ini disebut dengan Me Time. Di sana kita bebas pergi ke mana saja tanpa ditemani siapapun.

Mengenakan baju sesantai mungkin, matikan internet jika perlu. Sebisa mungkin menghindari pesan masuk yang kerap mengganggu seperti pada Line,WhatsApp,BBM,Facebook atau yang lain. Persempit media social. Mungkin hanya menerima sms saja juga boleh.

Untuk menikmati ruang sendiri, bukan untuk para introvert saja. Extrovert pun juga. Kita semua perlu waktu untuk tidak melakukan apa-apa alias berhenti sejenak dari serangkaian rutinitas yang sering melelahkan.

Beberapa tempat yang bisa kalian tuju untuk ruang sendiri :

1. Di tempat Ibadah

Merenungi segala dosa yang pernah diperbuat dan ucap syukur terhadap waktu yang telah diberikan hingga saat ini terhadapNya. Sejenak berdoa dengan khusyu’, berdialog damai dengan-Nya.

2. Bangku taman

Bangku taman via https://www.wattpad.com

Advertisement

Ah ramai! Ya, memang ramai. Tetapi ada hari tertentu yang dimana pengunjung taman sepi. Yaitu selain hari Sabtu dan Minggu. Sebisa mungkin cari taman yang ditumbuhi banyak pepohonan atau hijau-hijauan yang menyejukkan mata serta tempat yang sejuk. Cukup bersandar dengan kaki diluruskan ke depan. Alih-alih lebih fresh jika ditemani greentea latte dingin.

3. Salon

Salon rambut via http://kursusjogja.com

Ayo buat penampilan baru! Potong rambut merupakan hal yang perlu dicoba untuk merapikan diri. Barangkali kepedeanmu akan bertambah setelah potong gundul atau coba creambath lah sesekali, memanjakan diri itu tidak ada salahnya, yang salah kalau creambath setiap hari di salon, mahal.

4. Melamun

Ini bukan melamun tiada gunanya ya, bukan ngebayangin yang aneh-aneh nanti bisa kesurupan loh. Tetapi melamun yang ini adalah mengingat-ngingat kejadian lucu atau prestasi apa yang sudah kalian dapatkan sejauh ini. Bisa juga ngelamunnya di pinggir kolam renang dengan mencelupkan kedua kaki di airnya. Biasanya di sebelahnya ada jus jeruk dengan potongan jeruk di bibir gelasnya .

5. Keliling kota sambil berkuliner

Advertisement

Mengendarai sepeda pelan-pelan sambil menikmati pemadangan kota di pagi hari. Jika ada kuliner yang menggoda lidah, tidak ada salahnya untuk dicoba.

6. Jalan/Lari pagi

Lari pagi via http://www.vemale.com

Barangkali selama ini sibuk dengan aktifitas keseharian membuat jarang sekali jalan/lari di pagi hari, sebaiknya mencoba untuk jalan/lari pagi muterin komplek deh atau ikut lari marathon sekalian biar puas.

7. Membaca buku di Perpustakaan

Perpustakaan via http://mbscenter.or.id

Cari deh buku yang kiranya cocok sama kesukaan kalian. Bisa novel, buku motivasi/pengembangan diri atau buku penelitian alamiah. Suasana di Perpustakaan cenderung tenang sehingga kalian bisa konsentrasi dengan maksimal untuk membaca. Jika tidak membaca, kalian bisa menulis dengan tentram di meja yang disediakan. Tapi sayangnya tidak boleh bawa cemilan. Agak hambar juga ya, hehe.

8. Jalan-Jalan di Mall

Beberapa temanku menyatakan tidak enak jika jalan ke Mall sendirian. Takut dikira Jones kali ya. Padahal siapa yang bakal mengira? Itu prasangka sendiri saja. Justru jalan-jalan sendiri itu seru, tidak takut ditungguin. Ke sana- ke mari sampai kaki pegel pun tidak masalah. Kalau kalian melakukan jalan-jalan di Mall sendiri, coba lihat sekitaran pasti ada satu dua orang yang berjalan sendiri tanpa ada pasangannya.

9. Melakukan Hobi

Hobi setiap orang berbeda, bisa dengan memancing, melukis, bermain layangan atau yang lain. Di sana kita akan menemukan kegembiraan yang hanya kita dan Tuhan yang tahu. Tahu-tahu sudah berlalu (tiba-tiba sudah sore/malam).

Dan masih banyak lagi… (Kalian boleh komentar loh! Sebagai tambahan dari poin-poin ini)

Istirahat diperlukan supaya tubuh tidak tegang dan bergerak terus menerus. Menghindari rasa bosan yang berlebihan karena aktifitas sehari-hari dengan melakukan Me Time atau yang ingin berkumpul bersama bisa melakukan Quality Time dengan keluarga/kerabat.

Efek dari ruang sendiri di atas adalah pengalihan jenuh atas keseharian itu. Agar kita bisa mengetahui ada sisi lain di dunia ini yang sebenarnya indah tetapi belum kita ketahui.

Jadi, jika kalian merasa bosan atau lelah akan keseharian, agar kalian dapat melakukan kembali keseharian itu dengan baik, maka tidak ada salahnya untuk istirahat sejenak dengan melakukan Me Time. Ok, sekarang mau ke mana nih?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya