Magelang kota kecil nan sejuk. Bagi Kamu yang sudah pernah ke Magelang, pasti akan merindukan kembali Kota dengan Keramah-tamahan dan tata kota yang asri ini. Siapa sangka di tengah Kota Magelang pun terdapat Gunung yang tidak terlalu tinggi, namun cukup untuk menjadi objek wisata.

Simak ulasan berikut, beberapa objek wisata di Magelang yang wajib Kamu kunjungi.

1. Candi Borobudur Magelang

Candi Borobudur Magelang via http://wikipedia.com

Siapa yang tidak tahu Candi Borobudur? Kebangetan, iya.

Salah satu Candi budha di Negara Indonesia tercinta ini telah dicanangkan menjadi ‘Situs Warisan Dunia’. Terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur memiliki luas dasar 123×123 meter, tinggi kini 35 meter.

Advertisement

Sampai saat ini, Candi Borobudur masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan tiap tahun oleh umat Budha dari Indonesia maupun mancanegara. Jadi, yakin kamu belum pernah ke Candi Borobudur?

2. Ketep Pass (Gardu Pandang Merapi)

Ketep Pass via http://instagram.com

Kawasan wisata Ketep Pass atau Gardu Pandang merapi terletak 30 km dari Candi Borobudur. Tepatnya berada di puncak Bukit Sawangan (pertengahan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu). Dari Gardu Pandang Merapi ini, kamu bisa menikmati keindahan Gunung Merapi menggunakan teropong yang terdapat di lokasi. Kamu juga bisa menikmati film dokumenter tentang data-data Gunung Merapi. Ada pula Museum Vuklanologi yang bisa kamu kunjungi.

3. Top Selfie Magelang

Top Selfie Magelang via http://instagram.com

Top Selfie Magelang menjadi begitu fenomenal berkat Spot jalan yang unik layaknya di luar negeri. Sebenarnya, Top Selfie adalah jalan yang membentang yang menghubungkan desa dan di kelilingi oleh pohon pinus yang masih Asri dan Alami. Cukup membayar uang parkir, Kamu bebas mengambil foto sesuai keinginan. Sudah pernah ke sini?

4. Gunung Tidar Magelang

Gunung Tidar Magelang via http://pendekartidar.org

Advertisement

Siapa sangka di tengah Kota Magelang terdapat gunung yang dapat didaki.

Gunung Tidar Magelang dikenal sebagai “Pakunya Tanah Jawa” tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan militer, karena banyak kegiatan Akademi Militer yang diadakan di Gunung Tidar ini. Kamu Cukup membayar uang parkir sebesar Rp 2000 untuk dapat mendaki Gunung Tidar.

Meskipun Gunung Tidar terletak di tengah-tengah Kota Magelang, gunung ini masih asri dan indah. Masih terdapat hewan seperti kera lokal yang bebas berkeliaran. Jadi, Kapan kita mendaki bareng? *eh

5. Alun-Alun Kota Magelang

Alun-Alun Kota Magelang ini menjadi salah satu landmark yang bisa kamu kunjungi di Magelang. Terdapat water tower di Alun-Alun Kota Magelang yang dibangun oleh seorang arsitek Belanda pada tahun 1916. Water Tower ini berfungi sebagai tempat penampungan unutk mencukupi kebutuhan air masyarakat Kota Magelang.

Dari Alun-Alun Kota Magelang kamu juga bisa melihat Gunung Merapi dan Gunung Sindoro dari kejauhan. Pada 35 hari sekali, sering diadakan “Pasar Pahingan” yang berlokasi di Masjid Agung Kota Magelang dan disekitar Alun-Alun Kota Magelang. Banyak menjual sandang, pangan maupun makanan tradisonal lainnya.

6. Progo Rafting Magelang

Wisata Sungai Progo via http://progorafting.com

Tempat wisata yang satu ini berada di tengah-tengah Kota Magelang. Progo Rafting Magelang tepatnya berada di kawasan Hotel Puri Asri Magelang. Banyak terdapat permainan seru di Progo Rafting. Ada Arung Jeram mengarungi Sungai Progo Atas, Sungai Elo, Sungai Progo Hulu. Ada pula permainan yang melatih kekompakan dan kebersamaan antar team seperti outbound anak, outbound dewasa dan outbound keluarga. Eits, bukan hanya itu.. Anda juga bisa menikmati Wahana Panahan, Permainan Strategi seperti Paintball, meluncur dari ketinggian 7 meter, bermain motor ATV, High rope dan lain-lain. Gak nginap pun bisa (harus reservasi dulu yaa)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya