Kalian pasti mulai pusing ketika sudah memasuki pertengahan bulan hingga minggu terakhir setiap bulannya. Terutama bagi kalian yang masih Mahasiswa, Pekerja Single, Perantau jauh dari orang tua dan keadaan memaksa kalian untuk nge-Kos atau tinggal di Kontrakan.

Sering kejadian kalau di awal bulan hidup sejahtera, perbaikan gizi, hidup sehat, tetapi ketika memasuki akhir bulan mulai bingung mau makan apa dan masak apa suapya budget bulanan tidak melebihi target dan parahnya sampai ngutang sana sini.

Jangan sampai ya Readers! Solusi terkahir ya nge-stock mie Instan dengan berbagai varian, cabe bubuk level pedas, sambel dan Telur. Bahan-bahan makanan ini jika kalian konsumsi dalam jangka waktu yang panjang dan cara penyajian yang salah tidak sehat lho! Terutama bagi kalian yang punya riwayat gastritis.

Menu-menu murah dan terjangkau serta cara pembuatan yang tidak ribet ini dapat dicoba untuk menjadikan makanan akhir bulan yang berkualitas, terjangkau, murah tanpa menghilangkan pentingnya aspek gizi untuk menjaga tubuh Readers tetap sehat

1. Sayur Cap Cay

Capcay sederhana bisa teman-teman coba sendiri

Capcay sederhana bisa teman-teman coba sendiri via https://www.google.com

Salah satu makanan Chinese Food ini bisa menjadi penyelamat Readers diakhir bulan. Selain itu, Cap Cay bisa kalian buat ketika sayur-sayuran masih bersisa beberapa didalam kulkas, dari pada mubazir bisa teman-teman kreasikan menjadi makanan yang enak.

Hanya modal sayur sawi/sawi hijau dan wortel dan bawang kalian bisa membuat Cap Cay sederhana ala kalian masing-masing. Kalau ingin ditambah dengan protein kalian bisa menambahkan telur agar rasa lebih gurih atau tahu sebagai protein nabati. Biar lebih sedap teman-teman bisa menambahkan air kaldu instan (kaldu balok) atau sedikit MSG.

Advertisement

Bahan-bahan sederhana : bawang merah, bawang putih, daun bawang dan seledri (optional), sayur sawi, wortel, tahu (optional), air kaldu.

2. Spaghetti Saus Susu

Bosan dengan saus instan dan harga mahal bisa coba saus homemade ini

Bosan dengan saus instan dan harga mahal bisa coba saus homemade ini via https://www.google.com

Biasanya anak-anak kost-an atau Readers yang hidup melajang lebih memilih makanan yang instan. Tapi dengan uang pas-pasan diakhir bulan rasanya tidak mungkin untuk memenuhi hasrat perut untuk makan makanan western seperti spaghetti.

Atau teman-teman masih punya sisa pasta spaghetti tapi sausnya habis atau mau beli lagi tapi ngirit diakhir bulan, Kalian bisa bikin sendiri sausnya dengan modal yang sangat murah. Yaitu saus susu, cocok banget buat kalian yang suka saus spaghetti yang creamy.

Advertisement

Bahan :


  1. Pasta

  2. Susu cair (UHT kisaran harga 3 – 5 rb)

  3. Saus Tiram

  4. Merica bubuk

  5. Bawang putih cincang

  6. Sosis langsung makan (optional)

  7. Wortel cincang (optional)

  8. Keju Chedar (optional harga 5rban)

Cara bikin nya gampang banget, kalian tinggal tumis bawang putih sampai harum lalu masukkan wortel kalau doyan lalu masukkan susu sesuai selera, jika mau lebih creamy lagi bisa tambahkan keju, setelah harum tambahkan merica bubuk, saus tiram dan garam sesuai selera.

Jadi deh saus sederhana yang kaya gizi. Jika ingin lebih pedas lagi bisa taburkan bubuk cabai. Nggak perlu makan mahal-mahal di restoran atau cafe hanya untuk memanjakan lidah dengan pasta yang bisa kita kreasikan sendiri dengan budget yang minim.

3. Tahu yang sederhana bisa kamu kreasikan

Pergedel tahu

Pergedel tahu via https://www.google.com

Dari tahu yang cuma 4 biji (seharga 2000) kalian bisa membuat dua macam makanan yang sederhana dan enak. Pertama kalian bisa membuat tahu goreng tepung dan pasti enak banget ketika makan anget-anget pakai nasi.

Cara :


  1. 2 buah tahu dibersihkan dan direndam dalam air

  2. Masukkan bawang putih yang sudah di geprek dan setengah sendok teh garam kedalam air rendaman

  3. Marinasi selama 15 menit

  4. Lalu potong-potong tahu sesuai selera dan masukkan dalam tepung goreng krispi (tepung ayam krispi instan) yang telah dikentalkan dengan air secukupnya

  5. Tahu siap digoreng

Atau kalian bisa juga membuat pergedel tahu dengan bahan-bahan yang murah, mudah didapat dan gampang untuk dibuat. Cukup dengan tahu yang sudah dihancurkan dicampur dengan telur kocok, bawang putih cincang, wortel cincang, merica bubuk, daun bawang dan seledri. Bentuk adonan menjadi bola-bola lalu siap digoreng.

Gampang banget bukan dengan biaya yang murah banget kalian bisa bikin tahu menjadi kudapan atau lauk yang nikmat dan bergizi.

4. Nasi Goreng Putih

Nasi Goreng Putih

Nasi Goreng Putih via https://www.google.com

Ini adalah resep tersederhana dengan bahan-bahan yang sangat sederhana. Diakhir bulan biasanya bahan masakan mulai habis. Hanya tersisa bawang dan telur lalu nasi putih tanpa lauk dan sambel. Teman-teman bisa manfaatkan itu menjadi makanan yang menggugah selera. Bikin nasi goreng putih saja. Caranya gampang banget!


  1. Tumis bawang putih cincang, daun bawang (optional), wortel dan buncis cincang (optional)

  2. Masukan telur yang telah dikocok

  3. Aduk sampai telur merata dengan api kecil sampai setengah matang

  4. Masukan nasi putih dan aduk hingga merata dengan api besar

  5. Tambahkan garam, merica bubuk secukupnya

  6. Jika ingin lebih sedap bisa tambahkan saus tiram atau kaldu balok yang sudah diencerkan

Sajikan selagi hangat.

5. Bakwan Sayur

Bakwan Sayur

Bakwan Sayur via https://www.google.com

Masih bingung, di akhir bulan masih banyak sayuran yang bakal menuju busuk di dalam kulkas? Tapi udah kehabisan akal mau dibuat apa. Gampang! Readers tinggal campur semuanya menjadi bakwan sayur. Bumbunya bagaimana?

Readers nggak perlu repot-repot mikirin bumbunya, harus beli tepung terigu dll. Tinggal beli tepung bumbu bakwan instan yang ada di supermarket atau pasar, ada berbagai macam ukuran dari yang paling kecil hingga paling besar menyesuaikan kebutuhan dan budget Readers saja.

Campurkan seluruh sayur yang mau dijadikan bakwan sayur (wortel, kol, tauge, buncis, bunga kol dll) ke dalam tepung yang sudah diencerkan. Lalu tinggal goreng.

Sekian dari saya. Readers bisa mencari menu-menu dan cara yang lain yang lebih kreatif lagi agar akhir bulan tetap bisa makan enak. Readers bisa share di comment.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya