<>1. Gempa Bumi dan Tsunami di Hawaii
Tsunami di Hawaii - 1 April 1946

Tsunami di Hawaii - 1 April 1946 via http://www.pbs.org

Kejadian gempa bumi disertai tsunami di Hawaii ini terjadi pada tanggal 1 April tahun 1946. Kejadian ini dikenal dengan nama "Tsunami April Mop". Nama tersebut dipakai karena banyak orang yang menjadi korban akibat tidak percaya akan berita kedatangan tsunami tersebut.

Berdasarkan data yang didapat dari http://history.com ada sekitar 159 orang di Hawaii yang menjadi korban. Kecepatan gelombang ombak mencapai 500 mil/jam atau sekitar 804 km/jam dengan ketinggian sekitar 100 kaki atau 30 meter. Tsunami ini juga berdampak besar pada hampir seluruh bagian Samudera Pasifik.

<>2. Marvin Gaye Dibunuh Ayahnya Sendiri
Marvin Gaye Dibunuh Ayahnya - 1 April 1984

Marvin Gaye Dibunuh Ayahnya - 1 April 1984 via http://huffingtonpost.com

Marvin Gaye tewas ditembak oleh ayahnya sendiri di rumahnya di Los Angeles pada tanggal 1 April 1984. Gaye ditembak sekitar pukul 12:38 siang ketika sedang mengobrol dengan ibunya. Ayahnya, Marvin Gay Sr menembak Gaye dua kali, tepat di jantungnya dan di bahu sebelah kiri. Gaye dipastikan tewas ketika tubuhnya sampai di California Hospital Medical Center pada pukul 1:01 siang.

Gaye yang lahir dengan nama Marcin Pentz Gay Jr. merupakan musisi serba bisa yang berada di genre R&B, soul, funk, jazz, dan pop. 

<>3. Pembalap Alan Dennis Kulwicki Meninggal Akibat Kecelakaan Pesawat
Alan Dennis Kulwicki Meninggal Akibat Kecelakaan Pesawat - 1 April 1993

Alan Dennis Kulwicki Meninggal Akibat Kecelakaan Pesawat - 1 April 1993 via http://foxsports.com

Alan Kulwicki meninggal akibat kecelakaan pesawat pada 1 April 1993. Kecelakaan terjadi ketika Kulwicki sedang dalam perjalanan pulang seusai balapan di Knoxville Hooters sebelum balapan di Bristol. Pesawat yang ditumpangi Kulwicki melambat dan terjatuh sebelum mendarat di Tri-Cities Regional Airport dekat Blountville. Kecelakaan diduga karena pilot gagal menggunakan sistem anti-es untuk membersihkan es dari mesin.

Kulwicki merupakan pembalap Nascar Sprint Cup Series yang berhasil menjadi juara di tahun 1992.

<>4. Leslie Cheung Bunuh Diri dengan Melompat dari Lantai 24 - 1 April 2003
Leslie Cheung Bunuh Diri dengan Melompat dari Lantai 24 - 1 April 2003

Leslie Cheung Bunuh Diri dengan Melompat dari Lantai 24 - 1 April 2003 via http://scmp.com

Leslie Cheung melompat dari lantai 24 Hotel Mandarin Oriental, Hong Kong pada tanggal 1 April 2003. Percobaan bunuh dirinya yang kedua ini akhirnya membuat dirinya benar-benar meninggal. Sebelumnya pada tahun 2002, Cheung sempat melakukan percobaan bunuh diri juga. Cheung didiagnosis menderita depresi. Selama sebulan penuh berita kematian Cheung mendominasi berita utama di koran-koran Hong Kong dan lagunya sering diputar di radio dan televisi. Album terakhir Cheung yang berjudul Everything Follows the Wind dirilis tiga bulan setelah kematiannya.

Leslie Cheung merupakan seniman yang berkecimpung sebagai penyanyi, aktor, dan komponis. Karya-karya Cheung sepanjang tahun aktifnya mulai dari 1977 - 2003 membuatnya mendapat banyak pernghargaan di berbagai bidang. 

<>5. Pembantaian Umat Muslim di Spanyol - 1 April 1487
Ilustrasi Pembantaian Umat Muslim di Spanyol - 1 April 1487

Ilustrasi Pembantaian Umat Muslim di Spanyol - 1 April 1487 via http://eramuslim.com

Kejadian terakhir ini mungkin menjadi yang memilukan karena tanggal 1 April 1487, seluruh umat muslim di Granada, Spanyol, dibantai habis-habisan.

Dikutip dari eramuslim, pembantaian ini diawali dengan pembunuhan-pembunuhan yang dilakukan di Granada oleh pasukan salib. Pasukan salib menawarkan muslim yang tersisa untuk meninggalkan Granada melalui jalur laut. Meskipun diliputi keraguan, namun mereka tetap berbondong-bondong ke pelabuhan untuk berlayar.

Namun sesampainya di pelabuhan, mereka justru dikepung dan kapal-kapal yang ada di pelabuhan dibakar. Di tengah kekagetan mereka, pasukan salib kemudian membantai semua orang yang ada di pelabuhan.

 

 

Cerita terakhir adalah kejadian di masa lalu yang merupakan kejahiliyahan. Apakah kita hendak tetap tenggelam dengan kejahiliyahan? Semoga bisa disikapi dengan baik dan rukun.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya