Perempuan berhijab selain karena menjalankan perintah agama bukanlah semata-mata karena ingin tampil dipandang kaum laki-laki sebagai salihah.

Ada hal-hal yang ingin dilindungi dari perempuan yang mengenakan hijab. Beberapa hal yang perlu teman-teman ketahui dari perempuan berhijab bisa kalian simak disini. Selamat membaca!

1. Harga Diri Mereka Dari Sembarang Pria

Siapa Sih Yang Ingin Dipermainkan?

Siapa Sih Yang Ingin Dipermainkan? via https://web.facebook.com

Harga diri seorang perempuan sudah selayaknya harus dijaga, sebagaimana hijab dapat melindungi harga diri perempuan dari laki-laki yang bisa berpikir apapun sesuka mereka termasuk apabila ada pikiran yang tidak baik apalagi pikiran ke arah kurang ajar atau tidak sopan.

Advertisement

Hijab sama sekali tidak menurunkan derajat perempuan, justru mengangkat perempuan dan melindungi dirinya dengan mengutamakan kesopanan dan kesuciannya.

2. Kehormatan Orang Tua yang Mendidik Mereka

Biar Orang Tua Juga Makin Sayang!

Biar Orang Tua Juga Makin Sayang! via https://www.google.co.id

Seorang anak tentu tidak lepas dari orangtuanya, apabila sang anak berlaku baik, sopan tentu akan menjadi kebanggan tersendiri. Begitu pula dengan mengenakan hijab, selain untuk menjaga dan melindungi kehormatannya sendiri, hijab pun menjaga kehormatan orang tua yang telah bersusah payah membesarkan dan mendidik anak perempuannya.

3. Ketaatan Dalam Menjalankan Perintah Allah, Tuhan yang Maha Pelindung

Pasti Kamu Juga Ingin Disayang Tuhan!

Pasti Kamu Juga Ingin Disayang Tuhan! via https://google.com

Allah memerintahkan kepada para perempuan yang sudah baligh untuk wajib mengenakan hijab. Hal itu sudah tertera di dalam ayat-ayat Al Qur’an, salah satunya dalam surat Al Ahzab ayat 59, firman Allah Subhanahu wa ta’ala,

Advertisement

“Wahai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin,”Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. [Al Ahzab : 59]

Sebagai seorang muslim tentu kita sudah sewajibnya untuk menaati peraturan-Nya, termasuk dalam berhijab merupakan salah satu contoh bentuk ketaatan seorang perempuan terhadap Allah SWT.

4. Warisan Ilmu Adab Berpakaian yang Sopan

Hargai Mereka Ya!

Hargai Mereka Ya! via https://web.facebook.com

Dalam kehidupan bermasyarakat, sudah barang tentu kita wajib menjaga norma-norma yang berlaku, termasuk etika kesopanan. Salah satu bentuk contohnya adalah dengan mengenakan pakaian yang sopan.

Dengan berhijab dan berpakaian menutup aurat dan tidak menampakkan lekuk tubuh yang dimiliki pun merupakan salah satu  bentuk etika kesopanan dalam bermasyarakat.

5. Pandangan Pria Asing yang Dapat Membawa Malapetaka

Lebih Baik Mencegah Ketimbang Menyesal!

Lebih Baik Mencegah Ketimbang Menyesal! via https://google.com

Perempuan mengenakan hijab salah satunya adalah untuk terhindar dari gangguan laki-laki yang dapat membahayakan mereka. Dalam Al Qur’an pun sangat menganjurkan apabila perempuan mengenakan hijab, sehingga mereka akan diakui sebagai perempuan yang sopan, dan selain itu mencegah mereka dari gangguan yang bersifat pelecehan seksual.

Adapun dalam kehidupan nyata, beberapa Negara melakukan social experiment untuk melihat bagaimana respon laki-laki ‘nakal’ terhadap perempuan yang berhijab dan perempuan dengan pakaian yang minim.

Hasilnya adalah ketika perempuan berhijab lewat, ia tidak mendapat gangguan namun ketika perempuan dengan pakaian minim, ia digoda oleh laki-laki tersebut. Dalam eksperimen tersebut dapat disimpulkan, perempuan berhijab akan lebih dihormati oleh laki-laki. Mereka merasa malu dan tidak enak hati apabila harus mengganggu atau menggoda perempuan berhijab.

Begitulah kiranya alasan-alasan tersembunyi dari perempuan berhijab, status salihah di mata manusia bukanlah yang mereka cari, namun ada hal yang lebih besar dibaliknya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya